Mengenal Strategi Multichannel Marketing: Pengertian dan Manfaatnya

Mengenal Strategi Multichannel Marketing: Pengertian dan Manfaatnya

Penghasilan bisnis mampet di tengah jalan? Keuntungan tak kunjung bertambah? Jangan panik! Ada banyak jenis strategi marketing yang bisa digunakan untuk memajukan bisnis Anda. Salah satunya adalah multichannel.

Hal penting yang gak boleh diabaikan dalam berbisnis adalah menjangkau calon konsumen. Nah, multichannel ini bisa, lho, memperluas jangkauan audiens Anda. Gak cuma itu aja, masih ada banyak lagi hal-hal menarik yang ditawarkan oleh strategi multichannel. Mau tahu apa saja? Yuk, simak artikel ini, ya!

Baca Juga : Manfaat Transformasi Digital Bagi Perusahaan & Pelaku Bisnis

Apa Itu Multichannel?

Multichannel secara harfiah dapat diartikan sebagai banyak saluran. Dalam dunia pemasaran, multichannel adalah bentuk marketing strategy yang memanfaatkan lebih dari satu saluran komunikasi. Dengan saluran atau channel komunikasi yang beragam, multichannel marketing digadang-gadang dapat memaksimalkan hubungan antara pelanggan dengan pelaku bisnis.

Channel yang bisa digunakan oleh pebisnis ketika menggunakan strategi multichannel juga sangat beragam. Mulai dari offline store, website, hingga mobile app. Pemanfaatan channel-channel ini memudahkan Anda terhubung dengan konsumen.

Pasalnya, jika audiens Anda menggunakan semua channel yang disediakan, maka potensi Anda menghasilkan pendapatan dari audiens tersebut akan semakin besar. Hal ini dikarenakan jangkauan pemasaran Anda menjadi lebih luas.

Baca Juga : 8 JENIS DIGITAL MARKETING DI TAHUN 2022

Contoh dan Cara Kerja Multichannel

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat beberapa orang berselancar ke internet untuk menemukan produk yang ingin dibeli. Setelah melihat produk dari internet, selanjutnya mereka akan mengunjungi toko offline untuk memastikan apakah produk yang ada di internet sesuai dengan produk fisik yang ada di toko.

Sebagai pebisnis yang pintar, Anda tentu saja tidak akan melewatkan peluang tersebut. Di situ lah multichannel akan berperan. Cara kerja multichannel adalah menghubungkan perusahaan Anda dengan konsumen melalui beberapa channel sekaligus. Pertama, Anda bisa membuat website agar konsumen bisa melihat produk atau membaca review di internet. Kemudian, bangunlah toko offline biar konsumen bisa merasakan belanja secara langsung.

Sudah punya toko offline dan website? Anda bisa meluncurkan mobile app agar konsumen bisa dengan mudah melakukan pembelian produk Anda secara online. Itulah yang namanya strategi multichannel. Anda bisa menjangkau audiens sebanyak mungkin melalui channel-channel yang beragam.

Salah satu contoh perusahaan dengan strategi multichannel adalah Sociolla. Berawal dari hanya memiliki situs kecantikan, kini Sociolla sudah hadir dengan official store di berbagai kota. Selain itu, Sociolla juga menghadirkan aplikasi untuk pelanggannya menikmati berbagai macam promo. Dengan menggunakan strategi multichannel, Sociolla sudah berhasil menggaet ratusan juta pelanggan dari berbagai kalangan.

Baca Juga : Manfaat Transformasi Digital Bagi Perusahaan & Pelaku Bisnis

Manfaat Multichannel Marketing

Nah, setelah mengetahui sedikit tentang multichannel, pasti penasaran, dong, manfaat apa aja, sih, yang bisa didapatkan kalau perusahaan menggunakan multichannel marketing? Langsung simak aja, yuk, ulasan lengkapnya di bawah ini!

Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat multichannel marketing yang paling signifikan adalah meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek. Multichannel dipercaya dapat menjaring audiens dengan sangat luas. Nah, kalau pemanfaatan multichannel-nya maksimal, maka penjangkauan audiens akan semakin melebar dan akan semakin banyak pula calon konsumen potensial yang bisa Anda dapatkan. Menggunakan Influencer bisa menjadi salah satu strategi Anda meningkatkan brand awareness, selain itu Anda juga bisa memanfaatkan platform iklan di internet seperti Google Ads, Facebook atau Instagram Ads, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : KENAPA PERLU MEMASANG IKLAN DI GOOGLE ADS? APAKAH PENTING?

Penyampaian Pesan yang Konsisten

Daya tarik yang diberikan oleh strategi multichannel bisa dibilang yang paling konsisten dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya. Meskipun melalui saluran yang berbeda-beda, multichannel dapat memastikan brand Anda memiliki penyampaian pesan yang konsisten kepada konsumen, lho. Pesan yang konsisten akan meningkatkan loyalitas pelanggan dengan mudah.

Saluran yang Sesuai Preferensi Pelanggan

Nilai plus lainnya dari multichannel adalah mampu menjangkau audiens sesuai dengan preferensinya masing-masing. Kalau Anda bisa menjangkau pelanggan potensial melalui lebih dari satu channel, maka keterlibatan pelanggan tersebut akan semakin besar. Dengan begitu, omzet Anda pun juga bisa naik drastis!

Dari manfaat di atas, bisa dilihat bahwa multichannel akan memberikan Anda kemajuan bisnis yang menjanjikan. Tapi, yang perlu diingat adalah Anda perlu menerapkan strategi multichannel dengan tepat sehingga keuntungan yang akan didapatkan pun juga bisa berlimpah.

Baca Juga : Manfaat Transformasi Digital Bagi Perusahaan & Pelaku Bisnis

Multichannel vs Omnichannel

Persaingan pasar yang semakin ketat mengharuskan para pegiat bisnis memajukan brand-nya melalui berbagai macam strategi marketing kanal. Jika ingin bersaing di pasaran, sebuah perusahaan harus bisa memanfaatkan banyak channel demi pencapaian bisnis yang sesuai ekspektasi. Anda bisa menggunakan multichannel atau omnichannel sebagai strategi marketing perusahaan, lho.

Pada dasarnya, omnichannel adalah sebuah pengembangan dari strategi multichannel. Namun, kalau Anda hanya ingin menggunakan salah satunya saja juga bisa, kok. Multichannel vs omnichannel memanglah perbandingan yang cukup apple-to-apple. Pasalnya, kedua metode sama-sama memanfaatkan channel untuk mengembangkan bisnis.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, multichannel adalah strategi pemasaran yang menggunakan berbagai macam kanal untuk melakukan segala aktivitas bisnis. Nah, kalau omnichannel adalah model bisnis yang mengintegrasikan semua saluran ke dalam satu sistem. Jika Anda menggunakan omnichannel, maka Anda bisa mengelola channel-channel perusahaan Anda hanya dengan melalui satu sistem saja.

Gimana? Sudah tahu, kan, perbedaan multichannel dan omnichannel? Kira-kira, model bisnis mana, nih, yang akan Anda pilih? Kedua metode memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jadi, pastikan Anda memilih dengan bijak, ya. Kalau masih bingung mau pilih yang mana, Anda bisa mengkonsultasikannya bersama digital agency Jakarta seperti DiPStrategy!

Baca Juga : PENTINGNYA STRATEGI OMNICHANNEL UNTUK KEMAJUAN BISNIS DI ERA DIGITAL

Bangun Berbagai Channel untuk Perusahaan bersama DiPStrategy!

Ingin beralih ke multichannel tapi gak mau ribet bikin saluran-salurannya? Jangan khawatir! DiPStrategy akan melayani Anda untuk membuat website, mobile app, dan aset digital lainnya. DiPStrategy bisa menuntun perusahaan Anda ke arah yang lebih baik melalui high performance digital marketing. Hubungi DiPStrategy sekarang juga!

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: