Mengenal 4 Jenis Digital Marketing untuk UMKM

Last updated on December 28

Jenis Digital Marketing yang Biasa Dipakai UMKM

Zaman sekarang kemajuan teknologi telah memberi banyak kemudahan bagi para pelaku usaha. Khususnya untuk pelaku UMKM yang membutuhkan strategi marketing jitu dengan biaya terjangkau. Digital marketing jelas akan menjadi pilihan tepat bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Kali ini akan dibahas 4 jenis digital marketing yang sangat direkomendasikan untuk pengembangan UMKM.

Tentang Digital Marketing

Sebelumnya, mari pahami dulu apa itu digital marketing. Strategi marketing yang satu ini bisa diartikan sebagai sebuah aktivitas promosi baik itu promosi produk berupa barang maupun jasa dengan memanfaatkan media digital. Seiring dengan perkembangan zaman saat ini, digital marketing semakin berkembang karena pilihan media yang digunakan pun semakin banyak.

Melalui digital marketing, proses promosi bisa berjalan dengan lebih efektif. Saat ini hampir semua orang akrab dengan teknologi dan terhubung dalam jejaring sosial yang begitu luas. Promosi lewat berbagai platform digital jelas bisa menjangkau lebih banyak orang dan dapat memperbesar peluang untung yang didapatkan.

Strategi Digital Marketing

Ada banyak jenis strategi digital marketing yang saat ini bisa dilakukan. Apalagi untuk jenis UMKM yang masih membutuhkan promosi dengan jangkauan luas. Berikut ini adalah 4 jenis digital marketing yang dinilai sangat efektif bagi pengembangan UMKM:

  1. SEO

    Teknik digital marketing pertama yang cocok untuk diterapkan oleh pelaku UMKM adalah optimasi SEO. Pengembangan website bisnis bagi sebuah UMKM sangat direkomendasikan. Melalui website tersebut, UMKM bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan nama bisnisnya bisa semakin populer.

    Agar website bisnis UMKM bisa berkembang secara optimal maka dibutuhkan penerapan strategi SEO. SEO ini merupakan kependekan dari Search Engine Optimization yang dapat diartikan sebagai usaha untuk mengoptimasi sebuah website supaya bisa mencapai peringkat teratas di pencarian Google. Melalui strategi SEO ini, situs atau website bisnis akan semakin mudah ditemukan oleh orang.

  1. SEM

    Berpasangan dengan SEO, SEM juga sangat penting untuk diterapkan dalam rangka mengoptimasi website bisnis. SEM merupakan kependekan dari Search Engine Marketing yang bisa diartikan sebagai upaya untuk mengoptimasi website supaya bisa muncul di mesin pencari dengan cara memanfaatkan iklan.

    SEM ini akan diterapkan dengan beberapa trik mengiklankan website. Pilihan cara yang bisa dilakukan sangat beragam dan salah satu yang paling sering ditemui adalah PPC atau Pay Per Click. Jika dibandingkan dengan SEO, SEM ini bisa lebih spesifik karena target audiens-nya bisa diatur terlebih dahulu. Selain itu, efek atau hasil yang diberikan oleh strategi SEM ini jauh lebih cepat dibandingkan SEO.

  1. Social Media Marketing

    Selanjutnya adalah strategi marketing yang sangat populer diterapkan di zaman sekarang yakni social media marketing. Dari namanya bisa diketahui dengan jelas bahwa strategi marketing ini akan memanfaatkan media sosial. Jenis media sosial yang paling sering diandalkan untuk marketing adalah Instagram dan Facebook. Di media social ini anda bisa mempromosikan produk anda dengan mengupload foto ataupun video.

  1. Email Marketing

    Anda juga bisa mengembangkan UMKM melalui strategi email marketing. Teknik digital marketing melalui platform email ini juga masih dianggap sangat efektif sampai sekarang. Lewat cara promosi ini, Anda bisa mengirimkan email promosi secara langsung kepada target audiens.

 

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis digital marketing yang sangat cocok diterapkan oleh pelaku UMKM. Agar penerapan strategi digital marketing ini bisa berjalan optimal, Anda bisa berkonsultasi dengan DiPStrategy. DiPStrategy siap membantu mengembangkan digital marketing agar UMKM Anda semakin berkembang dan mendatangkan banyak keuntungan.

Baca juga : Tips Menentukan Media Promosi Campaign Yang Tepat

Recent Post

Armand Surya Written by:

A super saiyan in disguise. Secretly study humanity as part of his counter intelligence work at Dipstrategy