Manfaat Transformasi Digital Bagi Perusahaan & Pelaku Bisnis

Last updated on March 9

manfaat-transformasi-digital-bagi-perusahaan-dan-pelaku-bisnis-dipstrategy-digital-agency-jakarta
unsplash

Sebagai pegiat bisnis, Anda tentu saja menginginkan usaha Anda selalu sukses dan tidak ketinggalan zaman. Majunya teknologi di era revolusi industri seperti ini mengharuskan Anda untuk selalu bisa bersaing di pasaran. Melalui transformasi digital, bisnis Anda akan bisa selalu menjadi yang terdepan. Mau tahu bagaimana cara menerapkan transformasi digital bagi perusahaan Anda? Yuk, simak terus artikel ini, ya!

Apa Itu Transformasi Digital?

Sebelum Anda menerapkan transformasi digital untuk bisnis Anda, ada baiknya, nih, Anda ketahui dulu apa itu transformasi digital. Dikarenakan transformasi digital merupakan salah satu langkah besar yang bisa memajukan bisnis Anda, maka penting bagi Anda mengetahui apakah bisnis Anda berpotensi untuk melakukan transformasi digital dan apa saja pengaruh yang diberikan transformasi digital bagi perusahaan Anda.

Secara sederhana, transformasi digital adalah penggunaan teknologi digital pada proses dan strategi berbisnis guna mengubah pengoperasian bisnis dan pelayanan pelanggan ke arah yang lebih baik. Pada dasarnya, transformasi digital sudah dikenal lama di kalangan masyarakat luas mengingat di era digitalisasi seperti ini sudah banyak industri bahkan organisasi yang menggantungkan pengolahan data dana analisisnya menggunakan teknologi.

Baca Juga : 8 JENIS DIGITAL MARKETING DI TAHUN 2022

Kapan Transformasi Digital Terjadi?

Bagi beberapa perusahaan, transformasi digital diperlukan untuk mengembangkan bisnis agar semakin maju. Tidak dapat dipungkiri bahwa menggunakan teknologi digital dapat menjadikan bisnis yang Anda jalankan menjadi lebih efisien dan tertata dengan rapi.

Pada dasarnya, transformasi digital sudah terjadi sejak lama. Munculnya teknologi seperti jam tangan cerdas, ponsel pintar, bahkan kecerdasan buatan (AI) sudah menandakan bahwa kita telah memasuki era transformasi digital.

Penyebab Transformasi Digital

Anda yang memiliki bisnis di industri tertentu mungkin bertanya-tanya, kira-kira, apa, ya, penyebab transformasi digital? Apakah perusahaan Anda memerlukannya? Untuk menjawab pertanyaan Anda, yuk, ketahui lebih dalam tentang transformasi digital.

Transformasi digital memang sangat umum dalam konteks bisnis. Di era yang serba modern ini, teknologi menjadi salah satu faktor yang bisa mensukseskan bisnis Anda. Kenapa? Mutakhirnya teknologi yang ada terbukti bisa membuat segala kegiatan bisnis Anda menjadi lebih efisien. Teknologi seperti Artificial Intelligence (AI), cloud computing, dan Internet of Things dapat menjadi aset transformasi yang mampu meningkatkan kualitas bisnis Anda.

Dengan demikian, sangat penting bagi Anda sebagai pelaku bisnis untuk memulai transformasi digital sekarang juga! Kemajuan teknologi yang ada pada persaingan seketat ini tidak boleh Anda sia-siakan, lho.

Manfaat Transformasi Digital

Gimana? Masih bingung, kah, untuk apa transformasi digital dilakukan? Atau masih ragu untuk mengalihkan perusahaan Anda ke arah digitalisasi yang canggih? Biar makin yakin dan paham, yuk, simak manfaat transformasi digital berikut ini!

Mencapai Sasaran Bisnis dengan Mudah

Target pasar tentu saja menjadi faktor penentu majunya bisnis Anda. Nah, dengan mendigitalisasikan bisnis Anda, Anda akan semakin mudah untuk menjangkau target pasar Anda dan sasaran bisnis Anda pun akan tercapai dengan mudah.

Misal, yang tadinya Anda hanya menjual barang di toko saja, Anda bisa memasarkan produk Anda melalui platform jual beli digital seperti marketplace atau e-commerce. Dengan demikian, Anda akan dengan cepat mencapai target penjualan.

Baca Juga : PERBEDAAN WEBSITE E-COMMERCE DENGAN WEBSITE COMPANY

Menawarkan Praktik Bisnis yang Lebih Efisien

Strategi transformasi digital dapat memberikan Anda pengoperasian bisnis yang lebih cepat dan efisien. Pasalnya, hal-hal kecil seperti tanda tangan kontrak atau pengarsipan surat tidak perlu lagi dilakukan secara manual. Dengan teknologi digital, Anda bisa mudah membuat surat, menandatanganinya, dan mengirimnya sekaligus dalam waktu yang singkat.

Mampu Meningkatkan Pengelolaan Data

Manfaat selanjutnya adalah peningkatan pengelolaan sumber daya yang akan lebih mudah tercapai. Jika Anda menerapkan transformasi digital, penyimpanan data perusahaan akan semakin mudah, cepat, dan aman untuk dilakukan. Dengan adanya cloud computing, semua data perusahaan bisa tersimpan di dalam satu folder yang sama.

Contoh Transformasi Digital

Masih belum kebayang sama bagaimana transformasi digital bisa diterapkan untuk bisnis Anda? Simak contoh transformasi digital berikut ini, yuk!

● Menyediakan kupon belanja digital menggunakan sistem barcode.
● Layanan “klik dan ambil”
● Mengaktifkan member pelanggan melalui smartphone.
● Perbankan digital.
● Pembayaran menggunakan dompet digital.
● Pembuatan website perusahaan.

Itulah beberapa contoh transformasi digital yang bisa Anda terapkan untuk bisnis Anda. Kalau bisnis Anda masih melakukan beberapa praktik konvensional seperti metode pembayaran yang hanya tersedia untuk uang tunai, Anda bisa mulai untuk memberikan metode lainnya seperti pembayaran menggunakan online banking. Tidak hanya itu Anda juga bisa membuat aplikasi super (Super App) untuk melakukan transformasi digital secara lengkap.

Baca Juga : APA ITU SUPER APP?, CONTOHNYA DI INDONESIA DAN 10 ELEMEN YANG DIPERLUKAN

Cara Melakukan Transformasi Digital

Transformasi digital memanglah sebuah lompatan besar yang bisa Anda gunakan bagi bisnis Anda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara melakukan transformasi digital yang baik dan benar. Yuk, simak langkah singkat melakukan transformasi digital berikut ini.

● Menentukan area transformasi.
● Menentukan anggaran.
● Menunjuk SDM.
● Mengubah metode pengoperasian bisnis.
● Melakukan pemeliharaan setelah peluncuran.

Baca Juga : DIGITAL AGENCY JAKARTA DAN JASA YANG DISEDIAKAN

Transformasi Digital bersama DiPStrategy untuk Bisnis yang Lebih Maju

Sudah minat untuk melakukan transformasi digital untuk perusahaan Anda? Jangan lupa untuk bekerja sama dengan digital agency terpercaya seperti DiPStrategy! Bersama DiPStrategy Anda bisa memajukan bisnis Anda ke arah yang lebih baik. Pelayanan DiPStrategy seperti pembuatan website dan mobile app, terbukti mampu meningkatkan performa bisnis Anda. Hubungi DiPStrategy sekarang juga!

Konsultasi Gratis

Recent Post

Virky Realdy Written by:

Sebagai pria tangguh dengan rute harian Antar Kota Antar Propinsi, drama kehidupan perkotaan menjadi santapan sehari-harinya. Virky memegang posisi Head of Digital Support di Dipstrategy dan Product Owner dari Deepmail.