Pentingnya Strategi Omnichannel untuk Kemajuan Bisnis di Era Digital

Last updated on April 18

Era digital yang kini sedang berlangsung mengharuskan berbagai sektor bisnis untuk melakukan pengembangan bisnis melalui berbagai macam strategi, salah satunya adalah omnichannel. Omnichannel merupakan sebuah platform bisnis yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengalaman pelanggan terbaik ketika melakukan belanja baik secara online ataupun offline.

Jika bisnis Anda bergerak di lebih dari satu platform digital, maka Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan strategi omnichannel. Nah, sebelum Anda mengambil keputusan untuk menggunakan model bisnis ini, kita baca dulu, yuk, semua tentang omnichannel!

Omnichannel Adalah…

 omnichannel-adalah-dipstrategy-digital-agency-jakarta

Dalam digital marketing, ada banyak istilah strategi pemasaran yang kita ketahui. Nah, omnichannel ini adalah salah satu istilah dalam digital marketing yang disebut sebagai strategi yang menggabungkan berbagai macam saluran komunikasi ke dalam satu interface.

Pada dasarnya, omnichannel sendiri adalah sebuah pengembangan dari strategi multichannel. Jadi, kalau multichannel bisa menghubungkan Anda dengan konsumen melalui beberapa channel, nah kalau omnichannel bisa membantu Anda mengelola semua bisnis Anda di berbagai channel hanya dengan satu saluran komunikasi saja.

Baca Juga : Mengenal Strategi Multichannel Marketing: Pengertian dan Manfaatnya

Cara Kerja Omnichannel

Tujuan utama dari omnichannel marketing adalah meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan begitu, omnichannel bekerja secara optimal dengan memberikan kemudahan berbelanja bagi pelanggan. Tidak hanya untuk pelanggan saja, tapi sebagai pebisnis yang menggunakan strategi digital marketing yang satu ini, Anda juga akan diuntungkan dengan kemudahan pengelolaan berbagai channel baik dari toko online Anda maupun offline.

Omnichannel menyediakan Anda satu sistem yang akan mengintegrasikan semua toko online Anda di berbagai marketplace atau e-commerce. Dengan sistem omnichannel, Anda bisa melayani pelanggan dengan cepat dan efisien. Anda tidak perlu repot-repot membuka aplikasi e-commerce atau marketplace satu persatu, karena dengan dashboard omnichannel, Anda sudah bisa membalas chat pelanggan, mengatur semua pesanan, bahkan mengelola stok.

Contoh Omnichannel

Bagi beberapa orang, omnichannel mungkin masih terdengar sangat asing, ya. Tapi, di Indonesia sendiri, sudah banyak, lho, perusahaan omnichannel yang siap berkontribusi dalam memajukan bisnis Anda. Masih ragu mau pakai jasa omnichannel karena belum paham? Perhatikan contoh kasus berikut ini, ya.

Misal, Anda adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang retail. Anda membuka toko fisik, toko online di berbagai marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan juga memiliki website Anda sendiri. Selain itu, Anda juga berjualan di social media seperti Instagram Shop dan TikTok Shop. Untuk melayani semua pelanggan dari platform-platform tersebut, mungkin terlintas di pikiran Anda untuk merekrut admin online shop agar bisa membantu Anda.

Kenyataannya, Anda tidak perlu, kok, mengeluarkan budget lebih untuk merekrut orang tambahan agar semua platform jual beli Anda bisa ter-handle. Anda cukup menggunakan jasa omnichannel saja. Tanpa perlu mempekerjakan orang lain, Anda sudah bisa mengelola semua bisnis hanya dengan menggunakan satu platform. Dengan begitu, biaya operasional akan terpangkas dan pastinya lebih efisien.

Baca Juga : Manfaat Transformasi Digital Bagi Perusahaan & Pelaku Bisnis

Manfaat Omnichannel

Selain bisa memangkas biaya operasional, manfaat menggunakan omnichannel yang bisa Anda dapatkan ada sangat banyak, lho. Apa saja? Berikut manfaat dari penggunaan sistem omnichannel bagi kelangsungan bisnis Anda:

  1. Berbagai saluran bisnis akan terintegrasi ke dalam satu channel saja.
  2. Bisa memberikan Anda data penjualan untuk penyusunan strategi pemasaran yang lebih spesifik.
  3. Memberikan pengalaman belanja yang lebih efisien kepada pelanggan dan juga meningkatkan loyalitas pelanggan.
  4. Mampu mendongkrak angka penjualan dan menaikkan traffic.
  5. Bisa meningkatkan brand awareness.

Cara Mengaplikasikan Omnichannel pada Bisnis

Sebelum Anda menghubungi digital agency Jakarta atau agensi lainnya, ada baiknya Anda mengetahui cara mengaplikasikan omni channel pada bisnis. Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini, ya!

Baca Juga : PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI TOOLS MARKETING BAGI PELAKU USAHA

1. Pahami Perilaku Pelanggan

Pertama, uji pengalaman pelanggan Anda dengan cara berinteraksi melalui platform-platform bisnis Anda. Dengan meahai perilaku pelanggan Anda bisa memberikan penawaran atau strategi agar lebih menarik perhatian mereka.

2. Prioritaskan Pengalaman Pelanggan Anda

Berikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan Anda. Caranya, Anda bisa menyediakan layanan solutif yang bisa memberikan kemudahan berbelanja bagi pelanggan.

3. Lakukanlah Segmentasi Pelanggan

Untuk melakukan segmentasi pelanggan, Anda bisa mengumpulkan data konsumen terlebih dahulu. Analisis data tersebut dan segmentasikan pelanggan Anda menjadi beberapa kategori.

4. Terapkan Personalisasi Platform

Menerapkan personalisasi platform akan meningkatkan rasa kepercayaan konsumen terhadap Anda. Dengan tools otomatisasi, Anda bisa memberikan konten secara individual kepada pelanggan yang nantinya akan meningkatkan penjualan.

5. Ukur Keberhasilan Strategi Menggunakan Matrik yang Akurat

Lacaklah matrik agar data pelanggan yang Anda dapatkan akurat. Dengan begitu, wawasan Anda mengenai pelanggan akan semakin luas dan proses pendekatan pun akan mudah untuk dilakukan.

Memanfaatkan teknologi untuk mengelola bisnis Anda tentulah sangat penting untuk dilakukan. Pemanfaatan alat bantu berbisnis seperti omnichannel sudah terbukti bisa mendongkrak angka penjualan melalui pemberian pengalaman pelanggan yang menyenangkan. Apakah Anda akan menggunakan sistem ini juga? Jangan lupa untuk menerapkannya dengan baik dan benar, ya.

Tingkatkan Performa Aset Digital Anda bersama DiPStrategy!

Kunci bisnis sukses di era modern seperti ini adalah meningkatkan penjualan melalui digital marketing. Butuh jasa pembuatan website? Optimisasi SEO? Atau mau pasang iklan di Google Ads dan platform iklan digital lainnya? Bersama DiPStrategy, Anda bisa mendapatkan digital aset dengan performa yang terjamin. Hubungi DiPStrategy sekarang juga!

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: