5 Cara Menaikkan Engagement Instagram

Last updated on April 18

5-cara-menaikkan-engagement-instagram-dipstrategy-digital-agency-jakarta

Memiliki bisnis berarti harus memiliki kemampuan analisis pasar yang baik. Kalau Anda menggunakan Instagram sebagai media promosi, maka Anda perlu tahu cara menaikan engagement Instagram. Engagement Instagram merupakan metrik penentu kesuksesan konten Anda di Instagram. Semakin bagus engagement rate Anda, maka semakin bagus pula hasil penjualan yang akan Anda dapatkan. Namun, jika Anda ingin instant anda bisa menggunakan jasa digital agency jakarta untuk melakukan itu semua

Apa Itu Engagement?

Kalau Anda sering main medsos, pasti sudah gak asing lagi, dong, sama istilah engagement. Engagement adalah metrik yang mengukur seberapa efektif konten yang kita buat di media sosial, khususnya Instagram. Engagement dalam Instagram dapat diukur melalui interaksi dari akun Instagram seperti jumlah likes, comment, share, views, atau bahkan repost.

Engagement dapat dikatakan sebagai salah satu strategi marketing digital yang bisa meningkatkan penjualan, lho. Kenapa? Karena dengan memantau dan meningkatkan engagement rate, maka semakin besar pula potensi bisnis Anda dikenal oleh banyak orang.

Engagement dalam Instagram

Kata “engagement” pada dasarnya memiliki arti keterlibatan. Nah, kalau konteksnya dalam Instagram, engagement berarti keterlibatan followers dengan konten Anda. Jumlah likes, views, repost, bookmark, replies pada story atau comment pada feeds adalah bentuk dari engagement Instagram.

Semakin tinggi jumlah pada aspek-aspek engagement tersebut, maka semakin mudah pula konten Instagram Anda muncul di feeds IG target audiens yang telah Anda tentukan.

Baca Juga : PENTINGNYA MENGELOLA SOCIAL MEDIA MARKETING UNTUK BRAND

Cara Menghitung Engagement Instagram

Dalam perhitungan engagement Instagram, ada istilah yang disebut “engagement rate”. Engagement rate adalah sebuah indikator yang menentukan seberapa efektifnya konten yang Anda buat. Untuk mengetahui berapa engagement rate, ada cara menghitung engagement Instagram. Berikut rumusnya.

ER = Total engagements per hari / Total followers x 100

Mudah, bukan? Tapi, kalau Anda mau lebih gampangnya, Anda bisa menggunakan calculator engagement Instagram. Anda hanya perlu mengunjungi website engagement rate dan memasukkan username Instagram Anda. Tapi sebelumnya, pastikan akun Instagram Anda tidak digembok, ya!

Manfaat Engagement Instagram untuk Bisnis

Engagement Instagram bukan hanya sekedar menampilkan berapa banyak jumlah keterlibatan audiens terhadap konten Anda, tapi engagement Instagram juga bisa, lho, membantu bisnis Anda mencapai kesuksesan. Manfaat engagement Instagram untuk bisnis Anda itu ada banyak, lho. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini, ya.

Memberikan Customer Experience yang Baik

Customer adalah faktor utama yang memajukan bisnis Anda. Kalau engagement Instagram Anda memiliki jumlah yang bagus, maka bisa dikatakan Anda telah memberikan customer experience yang baik kepada target pasar Anda.

Membentuk Image Bisnis yang Baik

Dengan membuat konten yang engagement rate-nya tinggi, maka Anda bisa dengan mudah membentuk image bisnis yang baik. Bagaimana tidak? Ada banyak audiens yang tertarik dengan konten Anda. Jadi, Anda harus terus memastikan, ya, bahwa engagement IG Anda harus tetap berada di jumlah yang stabil.

Mampu Menaikkan Penjualan

Nah, manfaat yang satu ini, nih, yang paling penting. Kalau engagement IG-nya sudah bagus, maka Anda pun akan dengan mudah menjangkau konsumen baru dan meningkatkan loyalitas pelanggan lama. Dengan begitu, penjualan juga jadi makin mudah untuk bertambah.

Konten Lebih Mudah Viral

Cara kerja algoritma Instagram adalah dengan menampilkan konten Anda sesuai dengan target audiens Anda. Dengan jumlah engagement yang tinggi, maka konten yang Anda buat akan semakin mudah muncul di halaman Instagram target pasar dan potensi konten Anda menjadi viral pun akan semakin besar!

Cara Meningkatkan Engagement Instagram

Sampai sini sudah paham tentang engagement Instagram? Nah, sekarang pelajari, yuk, cara menaikan engagement Instagram yang mudah biar social media management Anda makin oke dan konten pun bisa menghasilkan penjualan.

Buat Konten yang Menarik Target Pasar

Untuk menaikkan engagement Instagram, Anda harus bisa membuat konten yang mampu menarik perhatian audiens. Ingat, ya, konten boleh saja menarik, tapi keasliannya juga harus terjaga. Jadi, Anda perlu membuat konten yang original juga!

Manfaatkan Fitur yang Tersedia

Fitur di Instagram itu ada banyak banget. Kalau Anda pelaku bisnis yang menggunakan strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan, maka Instagram adalah aplikasi yang tepat untuk digunakan. Dengan fiturnya yang beragam, Anda bisa membuat konten dengan mudah.

Baca Juga : DIGITAL MARKETING JAKARTA : TIPS MENENTUKAN MEDIA PROMOSI CAMPAIGN YANG TEPAT

Gunakan Copywriting yang Oke

Ketika posting konten di Instagram, tentu Anda tidak lepas dari yang namanya caption. Dalam menulis caption untuk konten marketing tidak boleh asal-asalan, lho. Anda harus bisa menulis caption yang menarik dan bisa menjual.

Cantumkan Hashtag yang Relevan

Penggunaan hashtag digadang-gadang ampuh, lho, untuk menaikkan engagement Instagram Anda. Pasalnya, banyak orang yang mencari produk melalui pencarian hashtag. Kalau Anda ingin mencantumkan hashtag di postingan Anda, jangan lupa untuk selalu gunakan hashtag yang relevan, ya!

Posting Konten di Waktu yang Tepat

Untuk bisa melihat engagement Instagram Anda, biasanya Anda perlu membuka menu Insight di konten feed Anda. Nah, di halaman Insight inilah akan terlihat di jam berapa saja followers Anda aktif menggunakan Instagram. Kalau sudah dapat datanya, Anda bisa memposting di jam-jam tersebut agar persentase engagement rate Anda naik.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menaikkan engagement Instagram. Kalau engagement IG Anda tinggi, maka bisa dikatakan performa konten Anda juga bagus dan semakin mudah pula Anda mendongkrak angka penjualan.

DiPStrategy: Creative Digital Agency untuk Meningkatkan Engagement Instagram Rate

Engagement Instagram akun bisnis Anda masih belum memuaskan? Yuk, gabung bersama DiPStrategy untuk social media management yang mutakhir biar engagement Instagram Anda makin meningkat! Selain itu, DiPStrategy juga bisa, lho, membuatkan Anda high performance digital asset biar bisnis Anda makin advanced dan mampu bersaing di pasaran. Hubungi DiPStrategy sekarang!

Konsultasi Gratis

Recent Post

Virky Realdy Written by:

Sebagai pria tangguh dengan rute harian Antar Kota Antar Propinsi, drama kehidupan perkotaan menjadi santapan sehari-harinya. Virky memegang posisi Head of Digital Support di Dipstrategy dan Product Owner dari Deepmail.