8 Jenis Digital Marketing di Tahun 2022

Digital Marketing 2022 – Di zaman yang serba internet ini, cara orang mengiklankan produknya sudah jauh berbeda. Bisnis kecil hingga bisnis yang besar, juga sudah menjadikan media online dan social media sebagai pilihan utama dalam pemasangan iklan.

Namun memulai pemasaran secara online bukan juga suatu hal yang gampang, pebisnis perlu mempelajari beberapa hal untuk dapat menemukan formula iklan online yang tepat untuk bisnis mereka.

Strategi kampanye digital marketing yang tepat dapat membantu meningkatkan pemasaran produk secara signifikan karena jangkauannya yang besar dan juga tepat sasaran. Namun bila salah strategi, dapat membuat kampanye digital marketing yang dilakukan akan gagal dan membuat biaya yang dikeluarkan menjadi percuma.

Nah, agar tidak salah langkah dalam strategi digital marketing, ada baiknya kita paham benar apa sih digital marketing itu, berikut ini adalah rangkumannya.

Apa itu Digital Marketing?

Digital Marketing merupakan sebuah upaya yang dillakukan oleh pemillik usaha untuk mengenalkan dan memasarkan produk mereka melalui media digital dan jaringan internet.

Pengguna internet yang semakin banyak dan juga kecepatan koneksi internet yang semakin tinggi, membuat orang yang terhubung dengan internet akan terus meningkat.

Sehingga pemilihan digital marketing merupakan langkah yang tepat untuk mempromosikan produk yang kita jual.

Manfaat dan Kelebihan

Dengan menggunakan digital marketing, kita dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan waktu yang relatif lebih cepat dibanding dengan teknik pemasaran secara tradisional.

Pemasaran menggunakan digital marketing memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional, berikut ini beberapa kelebihannya.

  • Target pasar yang dapat dijangkau lebih besar, semakin banyaknya pengguna internet berarti target marketnya akan semakin besar.
  • Biaya yang relatif lebih rendah daripada pemasaran tradisional, karena target dapat ditentukan berdasarkan umur, jenis kelamin, lokasi dan berbagai hal lainnya sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi lebih efektif
  • Kemudahan dalam mengevaluasi strategi pemasaran dan mengetahui hasil dari kampanye digital marketing. Dengan hasil yang diperoleh kita dapat membuat strategi marketing yang lebih efektif dan lebih akurat.
  • Komunikasi yang jauh lebih efektif dan mudah, sehingga calon pembeli dapat lebih dilayani dengan baik. Komunikasi dapat dengan mudah dilakukan melalui whatsapp atau aplikasi chatting lainnya.

Jenis – Jenis

Dalam digital marketing terdapat 8 kategori yang perlu kita ketahui. Berikut ini adalah kategori dari digital marketing tersebut disertai dengan penjelasannya.

  1. Website

    Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pemilik usaha untuk memasuki digital marketing adalah memiliki website.

    Dengan memiliki website, ibaratnya kita sudah memiliki kios yang dapat diakses 24 jam dan dapat ditemukan oleh calon pembeli dimanapun orang itu berada.

    Namun memiliki website hanya merupakan langkah awal dalam digital marketing. Untuk dapat menjangkau pembeli, salah satu langkahnya adalah melakukan optimasi sehingga website tersebut dapat memperoleh peringkat yang baik di halaman pencarian google atau mesin pencari lainnya.

    Teknik ini dikenal dengan sebutan SEO atau Search Engine Optimization yang membantu agar website atau toko online kita dapat ditemukan oleh calon pembeli di halaman mesin pencari seperti google.

  1. Search Engine Marketing (SEM)

    SEM merupakan salah satu cara untuk meningkatkan rangking website kita secara instan. SEM merupakan iklan berbayar yang membuat website kita muncul pada bagian atas di halaman hasil pencarian. SEM membuat website kita dapat lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli dengan menggunakan keyword yang tepat.

  1. Content marketing

    Dalam content marketing, pemilik usaha dalam digital marketing akan membuat konten untuk membantu promosi produk mereka. Konten yang dibuat bisa berupa konten video, foto, artikel, ebook dan berbagai konten lainnya.

    Dengan membuat konten yang menarik dan disebar diberbagai platform internet, maka informasi produk dapat tersampaikan dengan baik, dan dapat meningkatkan traffic website yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan.

  1. Social Media Marketing

    Tidak dapat dipungkiri, media social merupakan tempat yang penting untuk promosi dalam digital marketing. Dengan menggunakan social media sebagai platform pemasangan iklan online, kita dapat dengan mudah membuat profile calon pembeli dan menjadikan mereka target berdasarkan kebiasaan mereka melihat konten-konten di social media.

    Hal inilah yang menjadi daya tarik sehingga banyak usaha skala kecil hingga besar yang memanfaatkan social media untuk meingkatkan penjualan produk mereka,

  1. Email marketing

    Teknik digital marketing yang juga sering digunakan adalah pemasaran menggunakan email. Pada umumnya email ini digunakan sebagai pengingat kembali bagi orang-orang yang pernah mengisi data pada suatu website.

    Email marketing dapat bermanfaat dalam meningkatkan engagement dengan cara mengirimkan newsletter, atau info-info produk terbaru sehingga konsumen akan terus mendapatkan informasi yang update dan kembali berbelanja di website kita.

  1. Video marketing

    Digital marketing menggunakan video adalah salah satu yang paling disukai oleh banyak orang karena memang faktanya bahwa lebih banyak orang yang lebih suka menonton video daripada harus membaca.

    Video marketing dapat memberikan konsumen pemahaman yang baik akan produk yang ditawarkan dan dapat meningkatkan penjualan. Video marketing dapat digunakan di banyak platform internet seperti youtube, Instagram, tiktok, dan berbagai platform lainnya.

  1. Pay Per Click (PPC)

    Teknik ini merupakan salah satu metode digital markting yang paling popular dan banyak digunakan oleh para pengiklan. Hal ini disebabkan karena pemasang iklan hanya akan membayar apabila iklan yang ditayangkan diklik oleh calon pembeli.

    Teknik ini dapat kita jumpai di platform pemasangan iklan seperti FB ads dan juga google ads.

  1. Influencer Marketing

    Meningkatnya peminat media social membuat munculnya banyak influencer yang dapat membantu pemilik usaha untuk mempromosikan produk kepada para followers influencer tersebut.

    Saat ini siapapun dapat menjadi influencer, selama dia memiliki keunikan dan juga pengetahuan yang dapat di bagikan kepada pengikutnya di media social.

    Pengikut sosial media yang banyak dapat berarti sebagai pasar dimana para pengikut influencer itu akan menerima informasi dan dapat menjadi calon pembeli potensial bagi produk.

    Oleh karena itu produk yang akan dipromosikan sebaiknya juga disesuaikan dengan karakter influencer tersebut, sehingga dapat menghasilkan penjualan yang diinginkan.

Demikianlah beberapa panduan singkat mengenai digital marketing bagi pemula. Semoga dapat bermafaat dan membawa bisnis Anda ke level selanjutnya.

Recent Post

Armand Surya Written by:

A super saiyan in disguise. Secretly study humanity as part of his counter intelligence work at Dipstrategy