Optimasi Website: Cara Buat Website Halaman Pertama Google dengan Metode EAT yang Disukai Google

Last updated on February 14

Cara Buat Website Halaman Pertama Google dengan Metode EAT yang Disukai Google

Seberapa Pentingkah Optimasi Website?

Saat ini, optimasi website atau juga dikenal dengan Search Engine Optimization (SEO) dalam dunia bisnis sangatlah penting. Karena, dengan bantuan fitur ini merupakan salah satu Cara Buat Website Halaman Pertama Google.

Rugi sekali jika Anda masih berbisnis dengan menggunakan cara lama. Karena saat ini sudah banyak orang yang menggunakan optimasi website untuk memunculkan bisnis mereka di halaman pertama Google

Ada ribuan bahkan jutaan website bisnis hadir di internet. Sehingga untuk memunculkan website Anda di halaman pertama Google itu tidak mudah. Jika website bisnis anda sudah berada di halaman pertama Google maka bisa dipastikan traffic atau pengunjung website Anda semakin banyak dan otomatis orang akan semakin mengetahui bisnis Anda. Ini sebabnya mengapa optimasi website sangatlah penting untuk kemajuan bisnis Anda.

Apa itu EAT?

Dalam menjalankan Search Engine Optimization, tentunya ada banyak metode yang bisa dilakukan. Namun, Google menyukai metode EAT. Konten dengan metode EAT memiliki peluang lebih besar muncul di halaman pertama Google. Sehingga, jangkauan pemasaran bisnis Anda akan jauh lebih baik.

EAT merupakan salah satu faktor penilaian yang digunakan oleh Google untuk menentukan konten mana yang akan disajikan pada halaman pencarian pertama. EAT ini merupakan singkatan dari Expert, Athoritative, dan Trusted. 

  • Expert

Dalam pembuatan konten, Anda tentunya butuh orang-orang yang expert untuk kebutuhan content writing. Ini bertujuan agar hasil konten dan website Anda relevan.

Misalnya, Anda memiliki website yang bergerak dalam bidang kesehatan. Maka konten yang sebaiknya dibuat berisi tentang pola hidup sehat, penyakit-penyakit dan lainnya. Tentu untuk membuat konten-konten tersebut Anda perlu orang yang ahli dalam bidangnya.

Pada saat ada seseorang yang mengetik kata kunci pada mesin pencarian, pada halaman pertama Google dengan otomatis akan menampilkan konten-konten yang ditulis atau dibuat oleh para ahli di bidangnya. Sehingga penting untuk membuat konten yang sesuai.

  • Athoritative

Prinsip kedua dari Optimasi Website adalah reputasi atau authoritative. Ketika Anda mengisi website dengan konten yang dibuat oleh orang yang ahli dalam bidangnya, dengan otomatis reputasi website Anda akan naik. 

Dengan adanya reputasi dari konten-konten yang ada dalam website bisnis Anda. Pengunjung dengan otomatis akan sering mengunjungi website tersebut untuk melihat informasi lainnya yang mereka butuhkan. 

  • Trusted

Prinsip terakhir dari EAT yaitu trusted atau kepercayaan. Google ingin memastikan jika konten yang Anda buat itu terpercaya. Website dengan kredibilitas yang telah teruji memiliki kesempatan yang besar untuk bisa muncul pada halaman pertama google.

Apalagi jika bisnis yang sedang dijalankan saat ini berkaitan dengan fenomena yang tengah naik atau sensitif. Seperti berkaitan dengan perpajakan, atau virus covid-19, maka sudah pasti website tersebut memiliki peluang emas untuk muncul di halaman pertama Google.

Untuk itu, pastikan setiap konten yang Anda buat itu terpercaya dan dibuat oleh ahlinya agar bisa masuk ke dalam kategori EAT. Selain itu, konten yang berkualitas juga akan menarik banyak pengunjung yang sebelumnya telah datang, kembali ke website Anda.

Cara Menerapkan E-A-T pada Website Bisnis

Sebagai pemilik website bisnis, Anda perlu mengetahui E-A-T dan penerapannya. Metode ini berpengaruh pada beberapa segmen tertentu, seperti kesehatan dan keuangan. Banyak orang menyebutnya dengan istilah Your Money or Your Life (YMYL). 

Terlampir beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin menggunakan E-A-T pada website bisnis Anda: 


  1. Lakukan Audit Konten Secara Berkala

Lakukanlah audit konten setiap 6-12 bulan sekali untuk melihat dan memastikan apakah konten anda masih relevan atau tidak. Jika ditemukan issue maka perlu bagi anda mengupdate secara berkala website tersebut.


  1. Membuktikan Keahlian Lewat Tulisan

Jika anda membuat tulisan di website pastikan anda mencantumkan siapa penulisnya. Hal tersebut dilakukan karena Google juga melakukan penilaian seberapa ahli penulisnya. Selain itu keahlian penulis bias dilihat dari kualitas konten yang dibuat. Jika seorang pembaca merasa sangat terbantu dengan tulisan yang kalian buat maka besar kemungkinan dia akan melihat tulisan yang lain dari penulis tersebut 

Jadi, website Anda harus menampilkan informasi penulis, minimal mencamtukan nama dan ringkasan tentang penulis. 

  • Tingkatkan Otoritas Website

Apabila anda belum memiliki anggaran untuk menggunakan jasa digital agency jakarta, sebaiknya anda menyisihkan waktu untuk berkomunikasi dengan meda. Selain itu anda juga bias melakukan guest post di media media ternama seperti kompasiana, hipwee, dan masih banyak lagi. 

Anda juga bias melakukan jumpa pers saat anda ingin meluncurkan produk baru. Undang lah beberapa media ternama di Indonesia. Dengan liputan dari media ternama bisnis anda akan mendapatkan audiens yang lebih besar lagi. 

  1. Tingkatkan Kepercayaan dengan Halaman ‘About’

Dengan halaman about atau tentang kami anda bisa menulis sejarah, visi misi, dan deskripsi tentang perusahaan anda lebih detail lagi. Halaman tersebut merupakan kesempatan anda untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung website anda. Hal tersebut wajib di lakukan karena YMYL harus mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari pembaca.

Google berharap, situs Anda tidak hanya memprioritaskan soal akurasi informasi yang ada pada konten, tetapi juga mengedepankan siapa yang bertanggung jawab dibalik konten tersebut. 

Sekalipun E-A-T telah menjadi jalur utama untuk memenangkan pencarian di Google selama beberapa tahun terakhir, tidak berarti itu adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan posisi yang bagus di mesin pencari, setidaknya untuk saat ini. 

Hal yang harus diingat, semua pedoman kualitas Google ataupun beberapa tips yang dibahas di sini, tidak langsung membuat postingan Anda melesat naik di mata mesin pencari. Akan tetapi, dengan semua panduan ini diharapkan bisa menjadi panduan yang bagus untuk konten yang akan dibuat.

Jadi, itulah beberapa informasi mengenai optimasi website dan pembuatan konten berdasarkan prinsip EAT. Jika Anda masih merasa bingung dan ingin berkonsultasi mengenai digital marketing SEO, Dipstrategy siap membantu Anda.

Bukan hanya digital marketing SEO saja, Digital Agency Dipstrategy juga menyediakan berbagai layanan digital marketing lainnya yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk informasi selengkapnya Anda bisa mengunjungi website resminya. Semoga informasi mengenai Optimasi Website ini bermanfaat! 

Nah, itulah Cara Buat Website Halaman Pertama Google dengan Metode EAT yang Disukai Google. Jika Anda ingin mempunyai website dengan metode EAT anda bisa menghubungi Dipstrategy. Dipstrategy sudah berpengalaman dalam mengembangkan banyak website untuk banyak client ternama di Indonesia.

Nama       : Dipstrategy – Digital Agency Jakarta

No. Telp  : (021) 8583944

Alamat    : No, Slamet Riyadi No.7, RT.1/RW.4, Kb. Manggis, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13150

Website : dipstrategy.co.id

Recent Post

Virky Realdy Written by:

Sebagai pria tangguh dengan rute harian Antar Kota Antar Propinsi, drama kehidupan perkotaan menjadi santapan sehari-harinya. Virky memegang posisi Head of Digital Support di Dipstrategy dan Product Owner dari Deepmail.