Mengenal Apa Itu Google Ads dan Jenis-jenisnya

Last updated on February 22

google-ads-dan-jenis-jenisnya-dipstrategy-digital-agency-jakartaApa Itu Google Ads?

Apakah Anda termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang belum mengetahui secara mendalam apa itu Google Ads? Secara garis besar, Google Ads adalah program periklanan daring Google. Melalui program Google Ads ini Anda bisa mempromosikan produk Anda secara lebih luas lagi di dunia digital.

Iklan produk Anda, baik berupa teks, gambar, maupun video akan muncul di situs pencarian Google, situs pencarian mitra Google, situs jaringan Google, dan juga Youtube. Luasnya jangkauan iklan Anda tentu akan mempengaruhi kesadaran publik terhadap eksistensi produk atau jasa yang Anda tawarkan sehingga bisa berimbas positif untuk penjualan Anda.

Pertanyaan Seputar Google Ads

Terdapat banyak fakta mengenai Google Ads yang perlu Anda ketahui. Dengan Anda mengetahui ini tentunya bisa membantu Anda saat beriklan menggunakan Google Ads.

Apa kegunaan Google Ads?

Melalui program ini Anda dapat membuat iklan daring dengan menyasar konsumen yang tepat ketika mereka tertarik pada produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Google Ads cocok untuk apa?

Google Ads dapat membantu Anda untuk mempromosikan bisnis yang Anda kembangkan melalui media sosial atau digital.

Apakah Google Ads berbayar?

Google Ads merupakan layanan berbayar. Perlu dipahami bahwa jumlah anggaran yang dikeluarkan untuk sebuah promo mempengaruhi jangkauan iklan Anda.

Iklan Google Ads muncul dimana?

Ada berbagai macam opsi yang bisa Anda pilih secara bebas untuk menentukan dimana iklan Anda akan muncul. Iklan Anda bisa muncul melalui laman pencarian Google saat pengunjung mencari produk yang Anda tawarkan.

Baca Juga : KENAPA PERLU MEMASANG IKLAN DI GOOGLE ADS? APAKAH PENTING?

Cara Kerja Google Ads

Terkait bagaimana cara kerja Google Ads? Cara kerja Google Ads berbeda-beda, tergantung jenis-jenisnya. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis Google Ads:

Ingin Punya Website?!

Pembuatan Website, Prototype Design, sampai Maintenance Website dan SEO semua bisa di Dipstrategy. Ayo Konsultasikan kebutuhan website kamu dengan kami

1. Google Search Network

contoh-sem-dipstrategy-digital-agency-jakarta
contoh SEM sumber: dipstrategy

Google Ads jenis ini adalah jenis kampanye iklan yang bisa muncul di laman pencarian Google saat pengunjung mengetikkan kata kunci dari produk Anda.

Baca Juga : APA ITU SEM? BAGAIMANA CARA MENGGUNAKANNYA? PEMULA DIGITAL MARKETING WAJIB TAHU!?

2. Google Display Network

contoh-google-display-network-gdn-dipstrategy-digital-agency-jakarta

Ini adalah jenis kampanye Google Ads yang muncul di situs-situs mainstream yang sering dikunjungi banyak orang.

3. Google Shopping

contoh-google-shopping-dipstrategy-digital-agency-jakarta
Contoh: Google Shop sumber: dipstrategy

Jenis kampanye ini lebih menonjolkan visual produk Anda, dengan keterangan mengenai foto produk, harga, toko Anda, dan juga disertai judul yang menarik.

Baca Juga : WEBSITE E-COMMERCE: TIPS DESAIN YANG EFEKTIF?

4. Google Video

Anda ingin menampilkan produk dengan video? Anda bisa memilih Google Video. Video iklan Anda bisa tayang di Youtube atau Google Display Network.

5. Google Discovery

contoh-google-discovery-dipstrategy-digital-agency-jakarta
Contoh: Google Discovery

Google Ads Discovery adalah iklan yang ditayangkan di seluruh aplikasi mobile milik Google. iklan yang muncul di Google Discovery Ads ini hanya akan tampil di smartphone saja.

6. Google Local Ads

contoh-google-local-ads
Contoh Google Local Ads sumber: liftengine

Iklan Anda hanya akan muncul di hadapan calon konsumen yang berada di area Anda dan Anda hanya akan membayar kepada Google ketika calon konsumen tersebut mengakses iklan Anda.

Intinya Google Ads memang diciptakan untuk memudahkan kita untuk mengatur promosi produk yang kita tawarkan karena bisa dikerjakan di mana saja dan anggarannya pun bisa dikendalikan.

Baca Juga : 9 STRATEGI & CARA MENDAPATKAN LEADS GENERATION

Selain itu, jika memilih jenis Google Ads tertentu Anda juga bisa mengendalikan di mana produk Anda akan dipromosikan. Google Ads memang sangat membantu sekali jika Anda tertarik melakukan promosi produk secara online ketimbang offline. Terutama dengan meningkatnya penggunaan internet oleh manusia dari waktu ke waktu.

Nah, apakah sudah jelas mengenai apa itu Google Ads? Jangan ragu untuk mengembangkan bisnis Anda menggunakan Google Ads dan Anda akan bisa merasakan dampak positifnya terhadap bisnis Anda asalkan Anda cermat dan sabar.

Dipstrategy Bantu bisnis Anda Memasarkan Bisnis Anda Dengan Gooogle Ads Lebih Mudah

Menggunakan Google Ads mampu meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Tentunya Anda harus memperhatikan hal-hal penting, seperti memilih jenis atau strategi apa yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Mau menggunakan Google Ads? mau mengembangkan bisnis sesuai target pasar Anda?, Tenang, Dipstrategy Digital Agency based in Jakarta Indonesia pasti bantu selesaikan masalah Anda. Dipstrategy bisa memberikan strategi Google Ads & digital marketing yang paling sesuai untuk bisnis Anda, dengan begitu bisnis Anda bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Yuk, dapatkan konsultasi gratis sekarang! kamu bisa konsultasi seputar pembuatan website, pembuatan software atau aplikasi mobile, optimasi website, social media management, digital advertising (pemasangan iklan di Google, Instagram, Facebook), email marketing dan seputar digital marketing lainnya. Konsultasi Gratis Sekarang

Recent Post

Virky Realdy Written by:

Sebagai pria tangguh dengan rute harian Antar Kota Antar Propinsi, drama kehidupan perkotaan menjadi santapan sehari-harinya. Virky memegang posisi Head of Digital Support di Dipstrategy dan Product Owner dari Deepmail.