Jenis Iklan TikTok: Paling Manjur Menaikkan Engagement hingga Penjualan!

Pernah gak, kalian lagi asik scroll FYP TikTok terus tiba-tiba muncul iklan? Nah, itu adalah salah satu strategi bisnis menggunakan TikTok yang diterapkan oleh brand tertentu. Selain iklan tersebut, ada juga berbagai jenis iklan di TikTok yang kerap Anda jumpai. Ada apa saja? Yuk, kita kupas tuntas semua jenis iklan TikTok mulai dari A-Z!

Baca Juga: DATA STATISTIK JUMLAH PENGGUNA TIKTOK [APRIL 2022], LENGKAP!

Jenis-jenis Iklan di TikTok

jenis-iklan-tiktok-dipstrategy-digital-agency-jakarta

Sudah bukan rahasia umum lagi, ya, kalau TikTok adalah platform media sosial yang paling banyak digandrungi oleh masyarakat dunia terutama oleh kalangan Gen Z. Fakta ini menjadi kelebihan TikTok yang bisa dimanfaatkan oleh para pegiat bisnis apalagi yang memiliki target pasar anak-anak muda. Biasanya, brand menerapkan strategi TikTok marketing untuk berbagai tujuan seperti meningkatkan engagement, traffic, leads, hingga penjualan.

Baca Juga: 5 CARA MENAIKKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM

Cara menggunakan TikTok untuk bisnis itu ada banyak banget, lho. Selain adanya TikTok Shop yang menjadi salah satu cara jualan di TikTok, Anda juga bisa memasang iklan di TikTok. Pemasaran menggunakan TikTok bisa dikatakan sebagai salah satu metode yang paling ampuh untuk bikin bisnis makin cuan.

Pasalnya, TikTok menyediakan berbagai macam fitur untuk promosi termasuk beriklan dengan berbagai jenis iklan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Ada apa aja, sih, jenis iklan di TikTok? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

In-Feed Video

infeed-video-jenis-iklan-tiktok-dipstrategy-digital-agency-jakarta

Jenis iklan TikTok yang satu ini adalah jenis iklan TikTok yang paling sering dijumpai oleh pengguna. Kenapa? Karena, jenis iklan In-Feed Video adalah iklan yang muncul di FYP (For Your Page) dengan format video.

Brand Takeover

brand-take-over-jenis-iklan-tiktok-dipstrategy-digital-agency-jakarta

Jika Anda ingin menerapkan strategi meningkatkan awareness dengan TikTok, jenis iklan TikTok Brand Takeover bisa Anda jadikan pertimbangan, nih. Jenis iklan Brand Takeover biasanya muncul saat pengguna baru saja membuka aplikasi TikTok dengan durasi 3-5 detik. Brand Takeover juga biasanya dibantu oleh kreator untuk meningkatkan brand awareness. Nah, kalau mau pakai influencer untuk jenis iklan ini, pastikan Anda memilih influencer yang sudah terbukti memiliki engagement konten dengan angka yang cukup tinggi.

Baca Juga: 5 CARA TERPRAKTIS MEMILIH INFLUENCER YANG TEPAT

Hashtag Challenge

Mengajak pengikut TikTok untuk mengikuti hashtag challenge juga menjadi salah satu strategi meningkatkan penjualan bisnis dengan TikTok, lho. Sebagai pemilik bisnis, Hashtag Challenge memungkinkan Anda untuk melakukan promosi dengan cara berpartisipasi pada Hashtag Challenge yang sedang viral.

Jenis iklan ini juga dibilang menjadi salah satu iklan yang unik, karena kalau jenis iklan lainnya akan muncul di FYP, jenis iklan Hashtag Channel biasanya muncul di halaman Discovery. Untuk placement iklannya sendiri, Hashtag Challenge akan muncul di bagian paling atas. Kalau Anda ingin meningkatkan penjualan dengan Hashtag Challenge, Anda bisa menggaet influencer atau kreator untuk mengajak followersnya menggunakan hashtag yang Anda gunakan.

Branded Augmented Reality (AR)

hashtag-challenge-jenis-iklan-tiktok-dipstrategy-digital-agency-jakarta

Tahu, kan, kalau di TikTok itu ada banyak filter dan efek yang bisa digunakan untuk membuat konten semakin menarik? Siapa sangka kalau filter dan efek bisa dijadikan sarana promosi brand, lho. Untuk bisa mendapatkan manfaat TikTok yang satu ini, brand Anda bisa membuat stiker atau filter yang bisa digunakan oleh segenap pengguna TikTok.

TopView Ads

top-view-ads-jenis-iklan-tiktok-dipstrategy-digital-agency-jakarta
sumber: tranzzo

Sesuai namanya, TopView Ads adalah jenis iklan TikTok yang bisa dijumpai oleh pengguna di puncak FYP. Strategi TikTok menggunakan TopView Ads bisa dibilang menjadi strategi beriklan paling ampuh untuk meningkatkan penjualan. Karena, iklan yang Anda pasang akan selalu muncul di urutan pertama FYP. Peluang yang Anda dapatkan untuk meningkatkan brand awareness juga akan semakin besar, lho.

Cara menggunakan TikTok yang cerdas bukan hanya sekedar scrolling FYP saja. Tapi, kalau Anda bisa memanfaatkan fitur yang ada, maka Anda bisa berpotensi untuk memiliki penghasilan tambahan apalagi kalau Anda punya bisnis. Jika Anda ingin menerapkan strategi marketing menggunakan TikTok untuk bisnis Anda, jenis-jenis iklan di atas bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Manfaat TikTok untuk bisnis memang sebanyak itu. Dengan fitur bisnis TikTok, Anda bisa memiliki kesempatan yang lebih besar untuk memajukan bisnis. Jenis iklan yang beragam juga bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Baca Juga: TERKUAK! INI 9 RAHASIA STRATEGI TIKTOK UNTUK BISNIS DARI DIGITAL AGENCY JAKARTA

DiPStrategy: Bikin Bisnis Makin Cuan Pakai TikTok

Mau beriklan di TikTok tapi bingung gimana cara meningkatkan performa iklannya? Gak usah khawatir! DiPStrategy menyediakan jasa pembuatan Digital Advertising seperti TikTok Ads, Facebook Ads hingga Google Ads. Selain itu, kalau Anda berjualan di TikTok, Anda juga bisa menggunakan jasa Social Media Management dari DiPStrategy. Sudah banyak, lho, klien-klien raksasa yang puas dengan pelayanan DiPStrategy.

Gak usah jauh-jauh mencari digital agency Jakarta untuk menaikkan penjualan bisnis Anda, karena DiPStrategy bisa handle semuanya! Yuk, tunggu apa lagi? Hubungi DiPStrategy dan dapatkan free konsultasi sekarang!

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by:

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.