Yuk, Ketahui Cara Beriklan di TikTok Ads untuk Bisnis yang Lebih Cuan!

Last updated on July 18

Siapa, sih, hari gini yang gak tahu TikTok? TikTok adalah platform media sosial yang berhasil menarik perhatian masyarakat dunia dari berbagai kalangan usia. Jika dilihat dari segi bisnis, fakta ini menjadi potensi yang sangat besar bagi banyak perusahaan. Karena banyaknya pengguna TikTok, para pegiat bisnis pun berlomba-lomba melakukan promosi dengan cara beriklan di TikTok Ads agar bisa menghasilkan keuntungan yang super cuan.

Strategi bisnis menggunakan TikTok bisa dibilang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan. Pasalnya, TikTok gak tanggung-tanggung, nih, memberikan berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membuat konten promosi, hingga beriklan. Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau manfaat TikTok untuk bisnis itu benar-benar bisa Anda dapatkan jika Anda tahu cara menggunakan TikTok yang cerdas.

Selain bisa digunakan untuk membuat konten promosi, kelebihan TikTok yang lainnya adalah adanya fitur TikTok Ads yang merupakan strategi marketing mujarab di platform TikTok. Strategi TikTok marketing melalui TikTok Ads bisa Anda gunakan, lho, untuk menjangkau target pasar Anda. Gimana caranya? Simak, yuk, cara beriklan di TikTok berikut ini.

Baca Juga: DATA STATISTIK JUMLAH PENGGUNA TIKTOK [APRIL 2022], LENGKAP!

Langkah-langkah Membuat Iklan di TikTok

Salah satu cara menggunakan TikTok untuk bisnis yang efektif adalah dengan memanfaatkan fitur TikTok Ads. Gimana, sih, caranya beriklan di TikTok? Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini, ya!

Membuat Akun TikTok Ads Manager

Untuk membuat iklan di TikTok, pertama-tama Anda harus memiliki akun TikTok Ads Manager. Berikut cara membuatnya.

  1. Klik tombol “Mulai” pada halaman utama.
  2. Isi kolom alamat email beserta password-nya.
  3. Klik “Send Code” di kolom verification code dan tunggu TikTok mengirimkan kode verifikasi ke email Anda. Jika sudah, Anda bisa mengecek email dan memasukkan kode yang telah diberikan di kolom verification code.
  4. Beri checklist pada kotak persetujuan untuk TikTok Ads terms and Conditions, lalu klik “Sign Up”.
  5. Isi kolom negara, zona waktu, nama bisnis, dan juga mata uang yang Anda gunakan.
  6. Centang lagi kolom persetujuan, lalu klik “Register”.
  7. Akun TikTok Ads Manager siap untuk digunakan.

Membuat Campaign Baru

Untuk bisa mendapatkan strategi meningkatkan penjualan bisnis dengan TikTok yang efektif, Anda harus bisa membuat campaign yang menarik dan mampu menarik perhatian audiens. Nah, untuk langkah dasar membuat campaign baru di TikTok, pertama-tama Anda harus memilih objektif iklan yang terdiri dari Reach, Traffic, App Installs, Video Views, dan Conversions.

Jika sudah tahu mau pakai objektif yang mana, selanjutnya Anda bisa memilih opsi budget yang disediakan. Ada tiga opsi budgeting yang bisa Anda pilih, yaitu No Limit, Lifetime, dan Daily. Kalau budget dan objektif sudah Anda tentukan, ikuti langkah berikut ini untuk memulai membuat campaign.

  1. Klik tombol “Create New”.
  2. Pilih objektif iklan yang sudah Anda tentukan.
  3. Pada kolom “Settings”, silakan Anda berikan nama campaign.
  4. Klik “Create Split Test” jika Anda memerlukan perbandingan untuk performa Ad Group Anda.
  5. Pilih opsi budget Anda.
  6. Klik “Continue” dan lakukan pengaturan Ad Group.

Baca Juga: TERKUAK! INI 9 RAHASIA STRATEGI TIKTOK UNTUK BISNIS DARI DIGITAL AGENCY JAKARTA

Membuat Pengaturan Ad Group

Salah satu manfaat TikTok Ads yang bisa Anda rasakan ketika memasang iklan adalah Anda bisa dengan leluasa menentukan kapan dan di mana iklan Anda mau ditampilkan, serta siapa saja yang akan melihatnya. Nah, semua aspek tersebut bisa Anda atur di bagian Ad Group. Berikut cara mengatur Ad Group Anda.

  1. Pilihlah tipe promosi sesuai kebutuhan Anda.
  2. Tentukan Ad Placement.
  3. Aktifkan Automated Creative Optimization.
  4. Tentukan karakteristik target audiens Anda.
  5. Pilih jadwal beriklan dan budget Anda.
  6. Pilihlah strategi bidding yang efektif untuk performa iklan Anda.

Memasang TikTok Ad

Jika langkah di atas sudah Anda lakukan, sekarang saatnya Anda memasang iklan Anda. Berikut langkahnya.

  1. Berikan nama campaign pada kolom Ad Name dan pilih format iklan yang Anda ingin upload.
  2. Upload atau buat video yang Anda ingin jadikan konten iklan.
  3. Tulislah judul video, caption iklan, dan link atau CTA
  4. Jika sudah, silakan Anda klik tombol “Submit” dan tunggu pihak TikTok me-review iklan Anda.

Baca Juga: Tips Menentukan Media Promosi Campaign yang Tepat

Tingkatkan Penjualan Melalui TikTok bersama DiPStrategy!

Gimana? Gak sesulit itu, kan, pasang iklan di TikTok? Selain dengan cara jualan di TikTok, kalau Anda ingin bisnis yang cuan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah beriklan di TikTok yang telah disebutkan di atas. Strategi meningkatkan awareness dengan TikTok yang manjur, juga bisa Anda dapatkan dengan menerapkan beberapa tips TikTok marketing lainnya. Semoga bermanfaat!

Sudah melakukan pemasaran menggunakan TikTok tapi penjualan tak kunjung meroket? Gak usah panik! Kerja sama aja bareng DiPStrategy! Digital agency Jakarta yang satu ini bisa memberikan Anda social media management yang ampuh menaikkan engagement hingga meningkatkan penjualan melalui TikTok dan platform medsos lainnya, lho. Gak percaya? Yuk, buktikan dengan menghubungi DiPStrategy sekarang juga! Gratis konsultasi!

Konsultasi Gratis

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: