Data Statistik Jumlah Pengguna TikTok [April 2022], Lengkap!

Last updated on June 23

Hari gini, siapa, sih, yang gak tahu TikTok? Yap! Platform berbagi video yang satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat terutama anak muda. Sampai saat ini, pengguna TikTok sudah mencapai hingga 1 milyar, lho. Bahkan, di Amerika Serikat, TikTok sudah diunduh sebanyak 200 juta kali! Angka yang fantastis bukan? Mau tahu data statistik ter-update lainnya dari TikTok? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini, ya!

Pengguna Aktif Bulanan Secara Keseluruhan di Dunia

Mulai dari data yang pertama, per April 2022, TikTok sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan. Disusul oleh Facebook dengan 2.8 miliar pengguna, YouTube 2.2 milyar, dan pengguna Instagram dengan jumlah 1.4 milyar.

Jumlah Unduhan Aplikasi

Percaya atau tidak, aplikasi TikTok sudah diunduh sebanyak lebih dari 2.6 miliar kali oleh masyarakat dunia, lho. Dilansir dari Sensor Tower, pada Desember 2020 di kuartal 1 tahun 2020, TikTok sudah memegang rekor unduhan sebanyak 315 juta kali. Beberapa di antaranya berasal dari India, Tiongkok, dan Amerika Serikat.

Baca Juga: [DATA STATISTIK] TOP 5 SOSIAL MEDIA YANG DIGEMARI DI INDONESIA

Pengguna Aktif Bulanan di Amerika Serikat

Amerika Serikat dinobatkan sebagai salah satu negara dengan pengguna aktif TikTok terbanyak, yaitu sebanyak 138 juta pengguna.

Persentase Pengguna TikTok Berdasarkan Usia

Persentase pengguna TikTok dengan usia 10-19 tahun ada sebanyak 32.5%. Sementara itu, ada 29.5% pengguna TikTok yang berusia 20-29 tahun. Selanjutnya, sebanyak 16.4% pengguna berusia 30-39 tahun. Persentase untuk pengguna 40-49 tahun adalah 13.9% dan pengguna yang berusia 50 tahun ke atas adalah sebanyak 7.1%.s

Durasi Rata-rata Penggunaan Aplikasi yang Dihabiskan oleh Pengguna

Tidak dapat dipungkiri bahwa semua pengguna TikTok sangat gemar menggunakan aplikasi yang satu ini. Rata-rata durasi yang dihabiskan pengguna untuk scrolling FYP, sharing video ke teman, membuat video, mengedit video dan lain sebagainya di TikTok adalah selama 52 menit per hari!

Gen Z: Dominasi Pengguna TikTok?

Jawabannya, ya! TikTok didominasi oleh para Gen Z alias anak-anak muda dengan rentang usia 9 hingga 24 tahun. Dari keseluruhan pengguna TikTok, 60% di antaranya dikuasai oleh Gen Z, lho.

Pendapatan Aplikasi

Dengan pengguna dan jumlah download yang sebanyak itu, kira-kira berapa banyak, ya, yang dihasilkan oleh developer? Di tahun 2020, TikTok sudah memboyong sebanyak 500 juta USD di Amerika serikat saja, lho! Wah, kalau digabung dengan penghasilan dari total download aplikasi di negara lain, bisa dapat berapa, ya?

Ketersediaan Aplikasi di Dunia

Secara keseluruhan, sampai saat ini TikTok sudah bisa di-download di 154 negara. Menariknya lagi, aplikasi TikTok juga sudah tersedia dalam 75 bahasa yang berbeda.

TikTok dan Influencer

Siapa sangka kalau suksesnya aplikasi TikTok tidak lepas dari bantuan para influencer. Faktanya, TikTok sudah menghabiskan hingga $500 untuk menggandeng influencer dari berbagai negara untuk membuat konten. Sebab itulah, ada banyak masyarakat yang terdorong untuk mendownload aplikasi TikTok.

Baca Juga: PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI TOOLS MARKETING BAGI PELAKU USAHA

TikTok Creator Marketplace

Tahu gak kalau TikTok itu bukan medsos biasa untuk berbagi video aja? Pasalnya, aplikasi ini juga memiliki platform TikTok creator marketplace yang sudah memfasilitasi ribuan konten kreator. Dengan fitur ini, para pemilik brand yang ingin memasarkan produk lewat TikTok bakal mudah banget mendapatkan konten kreator sesuai kriteria yang diinginkan.

Baca Juga: [DATA STATISTIK] TOP 5 MARKETPLACE YANG PALING DIGEMARI DI INDONESIA (MEI 2022)

Statistik Pemasaran dan Periklanan di TikTok

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu oleh para pegiat bisnis. Buat Anda yang masih ragu untuk menggunakan TikTok sebagai sarana pemasaran, yuk, intip data statistik dan tips seputar pemasaran dan periklanan di TikTok berikut ini!

  1. Biaya untuk TikTok Ads jenis brand takeover berkisar antara $20,000 – $200,000.
  2. Brand yang ingin membuat kampanye dalam bentuk Hashtag Challenges harus merogoh kocek sebanyak kurang lebih $100,000+.
  3. Biaya kampanye iklan mulai dari $50 per hari.
  4. Jika Anda ingin menggunakan jasa influencer dengan jumlah followers sebanyak 2.5 juta, Anda akan dikenakan biaya antara $600 hingga $1,000 untuk satu postingan.
  5. TikTok menyarankan Anda menambahkan saldo iklan di TikTok Ads sekitar $100,000 hingga $200,000 untuk mempromosikan hashtag challenge.

Itu dia data statistik TikTok terbaru yang bisa Anda jadikan referensi untuk memulai bisnis atau mensukseskan bisnis yang saat ini Anda jalankan. Dengan angka-angka tersebut, Anda bisa memperkirakan berapa banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan kalau Anda mempromosikan bisnis di TikTok. Selain itu, Anda juga bisa dibantu digital agency jakarta untuk melakukan strategi pemasaran melalui TikTok Semoga bermanfaat!

DiPStrategy: Penyedia Jasa Pembuatan Aset Digital Terpercaya di Indonesia!

Ingin punya bisnis atau beriklan di TikTok dengan performa yang tinggi? DiPStrategy hadir untuk Anda! Segala jenis digital asset untuk bisnis Anda bisa ditangani dengan cepat dan aman bersama DiPStrategy, lho.

Selain itu, DiPStrategy juga menyediakan jasa digital marketing lainnya seperti digital advertising di Facebook dan Google, social media management, email marketing, dan masih banyak lagi! Yuk, tingkatkan penjualan dan kualitas brand Anda bersama DiPStrategy!

Recent Post

Krisno Wisnuadi Written by:

A seasoned digital practitioner with more than 12 years of progressive experiences in the Creative and Digital industry, serving as Designer, Game Designer /Programmer, Web Analyst, Project Manager, Creative Development Manager, Head of Online Services, and Managing Director.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.