Mengenal Programmatic Ads: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Cara Menggunakannya

Last updated on April 18

Di era teknologi yang semakin mutakhir, digital ads menjadi salah satu marketing strategy yang digandrungi oleh para pegiat bisnis. Ada banyak jenis digital ads yang sering digunakan para marketer untuk memajukan bisnisnya, salah satunya adalah programmatic ads.

Programmatic ads dipercaya sebagai strategi digital advertising yang ampuh bikin bisnis Anda maju karena tingkat efisiensi yang tinggi dan penargetan yang lebih spesifik. Penasaran sama jenis digital advertising yang satu ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Apa Itu Programmatic Ads?

Persaingan yang semakin ketat mengakibatkan para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk mengikuti inovasi teknologi yang ada. Programmatic Ads adalah salah satu jenis iklan digital yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis Anda. Kenapa? Karena programmatic ads menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) yang tingkat efisiensinya tentu saja lebih tinggi daripada iklan melalui negosiasi dengan manusia.

Kalau Anda sering berselancar di dunia maya, Anda mungkin sudah pernah atau bahkan sering, lho, melihat programmatic ads. Pasalnya, programmatic ads merupakan metode beriklan real time yang biasa ditampilkan di kolom space pada beberapa website. Contoh programmatic ads yang kerap kali kita jumpai adalah iklan baris atau iklan banner space. Nah, iklan-iklan ini biasanya muncul di website publisher yang mendukung adsense.

Baca Juga : Manfaat Transformasi Digital Bagi Perusahaan & Pelaku Bisnis

Contoh Programmatic Ads

Ketika Anda ingin beriklan menggunakan jenis digital ads yang satu ini, ada banyak pilihan format yang bisa Anda pilih. Contoh programmatic ads yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk atau melakukan promosi adalah iklan video web, influencer ads, pop up notification, banner online, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan performa iklan yang tinggi ketika menggunakan programmatic ads, pastikan konten iklan Anda kreatif dan menarik, ya!

Baca Juga : 9 Tips Google Ads Biar Iklanmu Gak Boncos!

Manfaat Programmatic Ads

Selain memiliki tingkat efisiensi yang tinggi nan anti ribet, programmatic ads punya banyak manfaat lainnya, lho. Baik bagi pengiklan ataupun publisher, keduanya sama-sama akan mendapatkan keuntungan. Kalau Anda adalah seorang advertiser, memasang iklan dengan programmatic ads akan memungkinkan Anda untuk memegang kendali penuh atas iklan yang Anda buat. Selain itu, biaya programmatic ads juga gak akan bikin Anda boncos, deh! Karena, jumlah uang yang Anda keluarkan akan menyesuaikan tayangan iklan yang telah Anda atur sendiri.

Nah, kalau bagi publisher, programmatic ads bisa mendatangkan keuntungan seperti meningkatkan user experience. Variasi format iklan yang terdapat pada iklan programmatic itu ada berbagai macam seperti gambar, slideshow, video, banner, teks dan lain sebagainya. Dengan format dan penempatan iklan yang tepat, visibilitas iklan akan meningkat dan secara otomatis, bayarannya pun akan semakin tinggi.

Selain itu, konten iklan yang menarik juga bisa bikin visitor web betah berlama-lama, lho. Hal ini juga tentunya akan mempengaruhi bounce rate pada website publisher.

Cara Menggunakan Programmatic Ads

Untuk bisa menggunakan programmatic ads, Anda hanya perlu memiliki website sebagai landing page. Kalau Anda punya toko di marketplace, Anda juga bisa menggunakannya sebagai landing page, lho. Lalu, pilihlah ads format sesuai kebutuhan dan budget Anda. Jangan lupa berikan konten iklan yang menarik, ya! Dengan begitu potensi audiens melakukan tindakan akan iklan yang ditampilkan akan semakin tinggi.

Selanjutnya, setelah memilih format iklan, Anda bisa langsung mengisi data diri pada form yang disediakan oleh platform pengiklan dengan akurat. Jika sudah, Anda bisa memilih objektif iklan agar iklan bisa lebih tertarget dan tujuan Anda beriklan pun akan dengan mudah tercapai.

Setelah itu, langkah yang bisa Anda ambil selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Anda hanya cukup memilih metode pembayaran dan membayar sejumlah uang yang telah dikalkulasikan oleh platform. Tunggu hingga Anda mendapatkan pemberitahuan bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan. Jika sudah, maka iklan Anda siap untuk ditampilkan.

Gimana? Mudah sekali, bukan? Anda tidak perlu lagi repot-repot menghubungi pihak publisher dan melakukan negosiasi, karena platform digital tempat Anda memasang iklan sudah terhubung langsung dengan publisher. Dalam kaitannya dengan efisiensi waktu, programmatic ads tentu saja menjadi pilihan yang tepat untuk Anda memasarkan produk.

Sampai sejauh ini, apakah Anda sudah terdorong untuk menggunakan metode programmatic ads? Dengan segala kemudahan dan keuntungannya, Anda bisa dengan mudah meraup keuntungan bisnis yang berlimpah. Dengan teknologi periklanan berbasis AI, programmatic ads memberikan Anda jaminan beriklan yang lebih efisien dan akurat.

Baca Juga : Kenapa Perlu Memasang Iklan Di Google Ads? Apakah Penting?

Mau Pasang Programmatic Ads? Sama DiPStrategy Aja!

Mau performa programmatic ads Anda meningkat drastis? DiPStrategy solusinya! Sebagai salah satu digital agency Jakarta yang menyediakan berbagai layanan, DiPStrategy bisa, lho, bikin bisnis Anda makin maju melalui digital advertising seperti Google Ads dan Facebook Ads. Selain itu, kami juga bisa membantu Anda membuat landing page seperti website atau mobile app sesuai dengan kriteria yang Anda butuhkan. Yuk, hubungi DiPStrategy sekarang juga!

Konsultasi Gratis

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: