9 Strategi & Cara Mendapatkan Leads Generation

Last updated on February 24

9-strategi-cara-mendapatkan-leads-generation-dipstrategy

Apa Itu Leads?

Leads adalah orang yang tertarik pada produk atau layanan bisnis. Orang-orang ini biasanya memberikan info kontak berupa nama dan alamat email. Sudah banyak pelaku bisnis yang mengembangkan strategi dan cara mendapatkan Leads Generation untuk bisnisnya.

Sebelum kita mengetahui cara mendapatkan leads, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis leads agar kita dapat menggunakan strategi dengan jenis leads yang ingin kita dapatkan.

Jenis leads

Umumnya Leads dibedakan menjadi 3, leads dibedakan jenisnya agar kita bisa lebih mudah mengklasifikasikan leads seperti apa yang sesuai dengan niche bisnis kita.

Marketing Qualified Lead

Marketing Qualified Lead (MQL) adalah orang-orang yang sudah pernah melihat dan berinteraksi dengan materi iklan atau promosi yang Anda buat. Sebagai contoh, mereka sudah pernah mengisi formulir di landing page, mengunduh e-book gratis, atau mengikuti akun social media brand Anda.

Bisa disimpulkan marketing qualifead lead adalah orang yang sudah familiar dan mengetahui siapa Anda, dan produk atau layanan yang Anda jual. Namun, meskipun mereka sudah familiar, MQL masih belum dikatakan sebagai target yang siap melakukan pembelian. Tetapi, MQL merupakan salah satu jenis leads yang memiliki potensial tinggi untuk menjadi konsumen.

Sales Qualified Lead

Sales Qualified Lead (SQL) adalah orang-orang yang sudah memiliki keinginan untuk  membeli produk atau layanan. SQL biasanya sudah siap membeli dan melakukan transaksi dengan Anda. pertanyaan yang mungkin muncul dari SQL umumnya adalah seputar detail info atau spesifikasi produk.

Product Qualified Lead

Product Qualified Lead (PQL) adalah orang-orang yang telah mencoba program free trial “coba gratis” atau versi basic dari sebuah produk. PQL ini biasanya sudah memiliki keinginan untuk upgrade layanan produk ke versi premium.

Setelah tahu apa saja jenis leads, Anda bisa membuat dan menentukan strategi digital marketing yang sesuai. Sehabis ini, Anda akan diajak menyelami lebih dalam mengapa leads sangat penting bagi bisnis online.

Mengapa Leads Penting? Apa Manfaatnya?

Leads merupakan salah satu hal yang penting untuk bisnis. Salah satu bentuk penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut :

  • Salah satu cara membangun database
  • mengklasifikasi calon pelanggan yang potensial;
  • mengklasifikasikan konten yang paling sesuai dan bermanfaat untuk calon pelanggan;
  • membantu Anda dan mendapatkan data demografi calon pelanggan dan kebutuhannya untuk membantu pengambilan keputusan

Nah, hal tersebut merupakan salah satu alasan mengapa leads menjadi hal yang penting. Anda bisa menjadikan ini sebagai dasar untuk membuat strategi leads yang sesuai dengan bisnis Anda. setelah mengetahui itu kita akan membahas strategi cara mendapatkan leads.

Strategi dan Cara Mendapatkan Leads

Strategi mendapatkan leads kini bermacam-macam, semua pelaku usaha berlomba-lomba untuk mendapatkan leads. Dalam artikel ini DiPS telah membuat strategi dan cara mendapatkan leads yang ampuh dan relevan di tahun 2022.

1. Buat Landing Page Form Registration

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membuat landing page yang berisi form registrasi. Dalam form registrasi itu minimal Anda harus berisi nama, nomor hp, dan alamat email.

cara-mendapatkan-leads
Sumber : Dipstrategy.co.id

Baca Juga : APA SAJA PARAMETER UNTUK MENGUKUR LANDING PAGE YANG BAGUS?

2. Webinar

Webinar adalah seminar yang dilakukan secara online. Umumnya webinar di laksanakan dalam suatu ruangan online meeting seperti zoom, google meet, dan masih banyak lagi.

Cara mendapatkan leads dengan webinar adalah peserta yang ingin mengikuti webinar Anda, diharuskan untuk mengisi biodata mereka terlebih dahulu.

Contoh : isi formulir dan amankan slot webinarnya

Ingin Punya Website?!

Pembuatan Website, Prototype Design, sampai Maintenance Website dan SEO semua bisa di Dipstrategy. Ayo Konsultasikan kebutuhan website kamu dengan kami

3. E-Book

E-Book atau Buku elektronik atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari gabungan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku-el berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. (Wikipedia)

Anda bias membagikan ebook gratis kepada para pelanggan Anda, lalu untuk mendapatkan ebook gratis yang Anda berikan orang yang menginginkan ebook tersebut harus mengisi form terlebih dahulu. Dengan begitu orang yang mendaftar otomatis akan menjadi leads Anda.

Contoh : masukkan email untuk mendapatkan link download free ebook

Baca Juga : 10 Strategi Digital Marketing

4. Subscription

strategi-dan-cara-mendapatkan-leads
Sumber : Search Engine Journal

Anda bisa memberikan tawaran berlangganan kepada pengunjung website Anda. orang yang ingin berlangganan nantinya akan diberikan informasi setiap hari melalui email yang ditulis di form registrasi.

Contoh : masukkan email Anda dan Anda tidak akan ketinggalan informasi terbaru seputar digital marketing dari kami.

5. Reports

strategi-dan-cara-mendapatkan-leads
Sumber : Jakpat

Anda bisa melakukan survey tertentu dan hasilnya bisa Anda bagikan secara gratis kepada siapapun. Namun orang yang ingin mendapatkan hasil survey tersebut harus mengisi form registrasi. Dengan begitu orang tersebut bisa menjadi leads bagi Anda.

Contoh : Hasil survey demografi pengguna social media di tahun 2021, isi form ini dan kami akan kirimkan hasil survey melalui email Anda.

Daftar Dan Dapatkan Konsultasi Gratis!

Konsultasikan kebutuhan digital marketing kamu dengan kami

 

6. Video

Anda bisa membuat video yang berisi suatu informasi yang berguna bagi niche audience Anda. setiap orang yang ingin menonton video ini diharuskan untuk mengisi form terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan leads dari orang-orang yang telah menonton video Anda.

Contoh : Video rahasia Waren Buffet mendapatkan cuan dari saham, isi form registrasi dan Anda langsung bisa menonton video secara gratis.

7. Free gifts

Anda bisa memberikan hadiah untuk mereka yang berhasil mengisi form registrasi sampai selesai. Namun, Anda juga harus memastikan bahwa biodata yang di isi adalah data yang dapat diverifikasi dan bukan biodata palsu.

Contoh : Ayo Dapatkan 5 Tumblr Starbucks Gratis! Caranya gampang banget isi form dibawah ini dan tim kami akan segera menghubungi Anda.

8. Quiz/Challenges

5 Days Challenges, 7 Days Challenge, 30 Days Challenge, apapun bentuk challengenya Anda bisa mengajak orang yang ingin ikutan challenge dengan mengisi formulir.

9. Any Forms That Attracts Customer to Come

Sebenarnya masih banyak strategi atau cara untuk mendapatkan leads. Namun, secara garis besar berikanlah value yang menguntungkan bagi niche Anda ketika mereka mengisi formulir tersebut.

Nah itu dia beberapa cara untuk mendapatkan leads. Tentunya proses digital marketing tidak berhenti disitu saja. Setelah Anda mendapatkan leads Anda harus melakukan Lead Nurture Process atau merawat leads itu agar melakukan pembelian dengan produk atau layanan kita.

Baca Juga : 8 JENIS DIGITAL MARKETING DI TAHUN 2022

Dipstrategy Bantu bisnis Anda Mendapatkan Leads Generation Lebih Mudah

Mendapatkan Leads mampu meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Tentunya Anda harus memperhatikan hal-hal penting, seperti memilih channel atau strategi apa yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Mau mendapatkan leads? gak cuma leads biasa, tapi juga leads yang emang sesuai dengan niche bisnis Anda? Tenang, Dipstrategy Digital Agency based in Jakarta Indonesia pasti bantu selesaikan masalah Anda. Dipstrategy bisa memberikan strategi digital marketing yang paling sesuai untuk bisnis Anda, dengan begitu bisnis Anda bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Yuk, dapatkan konsultasi gratis sekarang! kamu bisa konsultasi seputar pembuatan website, pembuatan software atau aplikasi mobile, optimasi website, social media management, digital advertising (pemasangan iklan di Google, Instagram, Facebook), email marketing dan seputar digital marketing lainnya. Konsultasi Gratis Sekarang

 

Recent Post

Virky Realdy Written by:

Sebagai pria tangguh dengan rute harian Antar Kota Antar Propinsi, drama kehidupan perkotaan menjadi santapan sehari-harinya. Virky memegang posisi Head of Digital Support di Dipstrategy dan Product Owner dari Deepmail.