Kriteria yang Wajib Dimiliki Advertising Agency, Pastikan Agency Pilihan Kamu Memenuhinya, ya!

Last updated on June 27

Dalam memajukan bisnis Anda ke langkah yang lebih ke depan, peran advertising agency tidak dapat diabaikan. Sebuah advertising agency memiliki segelintir orang yang ahli di bidangnya masing-masing. Nah, orang-orang inilah yang akan berkontribusi dalam memenuhi segala kebutuhan pemasaran bisnis Anda. Untuk bisa dibilang sebagai advertising agency profesional, ada kriteria-kriteria khusus yang harus dipenuhi. Ada apa saja? Simak di sini, yuk!

Baca Juga: SEBELUM MENULIS, PAHAMI 10 KRITERIA TULISAN LAYAK BERITA

Kriteria Advertising Agency Profesional dan Berkualitas

Sampai saat ini, ada banyak advertising agency di Indonesia. Tapi, tahukah Anda bahwa hanya ada beberapa saja yang mampu mendapatkan kepercayaan tinggi dari para pemilik bisnis? Tau gak kenapa? Karena, agensi-agensi tersebut memenuhi kriteria berikut ini.

1. Memahami Platform Iklan

Dari namanya saja sudah jelas, ya, kalau advertising agency adalah pihak penyedia jasa periklanan. Jadi, tentu saja sebuah advertising agency harus memahami berbagai macam platform iklan digital maupun non-digital. Sebelum Anda menandatangani kontrak kesepakatan untuk bekerjasama, pastikan advertising agency tersebut memiliki pemahaman mendalam mengenai platform iklan.

Baca Juga: MENGENAL PROGRAMMATIC ADS: PENGERTIAN, MANFAAT, CONTOH, DAN CARA MENGGUNAKANNYA

2. Memahami Jenis-Jenis Iklan

Sebuah perusahaan advertising agency harus memahami jenis-jenis iklan yang bisa dimanfaatkan. Bukan itu saja, advertising agency juga harus tahu jenis iklan mana yang cocok untuk kebutuhan dan budget client-nya.

3. Mampu Mengukur Keberhasilan Iklan

Kriteria yang satu ini juga penting untuk dimiliki sebuah advertising agency, karena keberhasilan iklan yang terukur secara berkala akan memudahkan evaluasi. Evaluasi terhadap pemasangan iklan sangat dibutuhkan bagi pengiklan untuk mengambil keputusan pada iklan selanjutnya.

4. Bisa Membuat Budget Iklan Menjadi Efektif dan Efisien

Orang-orang yang bekerja di sebuah advertising agency tidak hanya dituntut untuk membuat konten iklan yang kreatif atau menampilkan iklan saja, tapi sebuah perusahaan advertising juga harus bisa untuk membuat budget client menjadi lebih efektif dan efisien agar tidak mengalami pembengkakan dana dan kerugian lainnya.

5. Memahami Tools Beriklan dan Mampu Mengimplementasikannya

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang iklan, advertising agency sudah pasti diharuskan untuk bisa membantu client-nya mencapai tujuan bisnis, seperti meningkatkan penjualan, menyebarkan brand awareness,menaikkan leads dan traffic, dan lain sebagainya. Nah, untuk mencapai semua tujuan tersebut, ada banyak tools iklan yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan kualitasnya.

Ada banyak tools iklan yang bisa Anda manfaatkan seperti Google Analytics untuk memantau perkembangan performa iklan, ada juga Canva untuk mendesain konten iklan, lalu ada pula SEMRush yang bisa membantu Anda menyusun strategi pemasaran, dan masih banyak lagi.

Memahami penggunaan Google Ads sudah menjadi kriteria utama yang harus dimiliki oleh perusahaan digital advertising agency, karena Google Ads bisa dikatakan sebagai salah satu platform iklan paling ampuh untuk meningkatkan penjualan. Untuk optimasi iklan Google Ads dengan cara memonitor performa, pahami, yuk, tracking tools-nya!

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Google Ads dan Jenis-jenisnya

  1. Google Tag Manager: Tools ini digunakan untuk mengelola kode yang ada pada bagian head yang termasuk ke dalam struktur HTML.
  2. Google Analytics: Tools yang satu ini digunakan untuk menganalisis web termasuk memantau traffic website, melihat data demografi pengunjung, dan mengevaluasi kecepatan serta performa website secara real time.
  3. Keyword Planner: Untuk hasil yang maksimal di Google Ads, Anda memerlukan keyword yang tepat sasaran, kan? Nah, keyword planner ini bisa Anda gunakan untuk mencari keywords yang relevan dengan iklan yang Anda pasang.
  4. Competitors Ads: Digunakan untuk mempelajari performa iklan dari kompetitor Anda di Google Ads melalui pemantauan konten iklan.
  5. Ads Generator: Kalau tools yang ini digunakan untuk memaksimalkan teks atau copywriting iklan di Google Ads.
  6. Combine Keyword List: Menyediakan berbagai macam kombinasi kata kunci yang bisa menaikkan jumlah impression iklan.
  7. Related Searches: Dapat digunakan untuk mencari long tail keyword berupa kata kunci yang paling sering dicari pengguna internet.

6. Mengerti Cara Membaca Data

Tools yang telah disebutkan di atas memang bisa membantu untuk meningkatkan performa iklan, karena akan menyediakan data-data yang dibutuhkan. Tapi, kalau pemanfaatannya tidak maksimal seperti pembacaan data yang kurang mumpuni, maka hasil iklan yang optimal pun akan sulit dicapai.

7. Optimasi Melalui Remarketing

Ada banyak advertising agency jakarta yang melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kemanjuran iklan-iklan klien. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan strategi remarketing, yaitu menampilkan iklan kepada pengunjung website yang sebelumnya sudah mengunjungi website Anda. Nah, advertising agency yang baik tentu saja akan menggunakan cara ini untuk menggaet konsumen potensial.

Itu dia kriteria advertising agency yang perlu dipenuhi. Sebelum melangkah lebih jauh bersama advertising agency pilihan Anda, pastikan dulu, ya, kalau perusahaan agency tersebut sudah terkualifikasi dengan kriteria di atas.

Baca Juga: PENTINGNYA JASA ONLINE ADVERTISING AGENCY UNTUK BISNIS ANDA

DiPStrategy: For Your Digital Marketing Needs!

Mau pasang iklan di berbagai platform digital seperti Google Ads, TikTok Ads, atau Facebook Ads? DiPStrategy bisa bantu Anda! Gak usah khawatir iklan bakal boncos, karena sebagai digital agency Jakarta yang paling terpercaya, DiPStrategy bisa, lho, memberikan Anda pelayanan dan kualitas iklan terbaik. Yuk, hubungi DiPStrategy sekarang dan dapatkan konsultasi gratis seputar strategi digital marketing untuk perusahaan Anda!

Hubungi Kami

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by:

One Comment

Comments are closed.