Iklan Adalah: Pengertian, Jenis, dan Medianya

Dunia pemasaran dan penjualan sudah jelas tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Anda mungkin seringkali, ya, melihat bentuk pemasaran berupa iklan di mana-mana seperti di billboard, di mobil pribadi, bahkan di platform digital sekaligus seperti di sosial media atau di website-website yang Anda kunjungi. Sebenarnya, iklan itu, apa, sih? Singkatnya, iklan adalah salah satu upaya pemasaran sebuah produk atau jasa melalui media tertentu.

Untuk memahami iklan lebih dalam, yuk, simak artikel berikut ini biar tahu pengertian iklan, jenis iklan, dan media apa saja yang bisa digunakan untuk beriklan.

Baca Juga MANFAAT TRANSFORMASI DIGITAL BAGI PERUSAHAAN & PELAKU BISNIS

Pengertian Iklan

Mengenal iklan lebih jauh berarti Anda perlu memahami apa itu iklan. Pada dasarnya, iklan adalah sebuah pesan yang disampaikan ke khalayak ramai dengan maksud dan tujuan memengaruhi siapapun yang melihatnya agar mau menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan. Iklan biasanya berisi konten-konten yang mengajak audiens untuk melakukan sebuah tindakan entah itu membeli produk, mengunjungi website, atau menggunakan sebuah layanan.

Fungsi Iklan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tujuan iklan yang paling utama adalah mendorong atau mengajak orang-orang untuk melakukan sebuah tindakan melalui media sebagai upaya promosi. Nah, jika dijabarkan lebih lanjut, berikut adalah fungsi dari iklan:

  • Mengingatkan audiens akan suatu produk atau layanan yang dipromosikan melalui iklan.
  • Menyebarkan informasi mengenai produk atau jasa.
  • Membangun brand awareness agar pandangan calon konsumen bisa terpengaruhi melalui iklan.
  • Mengajak dan membujuk publik agar menggunakan layanan atau membeli produk yang ditawarkan.

Secara garis besar, itulah beberapa fungsi iklan yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin memasang iklan, pastikan promosi yang Anda gunakan mampu memenuhi semua fungsi iklan di atas, ya.

Jenis-jenis Iklan

Nah, setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari iklan, ada juga, nih, beberapa jenis iklan yang harus Anda ketahui sebelum Anda memasang iklan untuk bisnis Anda. Jenis iklan dibagi menjadi dua bagian, yaitu iklan komersial dan non-komersial. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Iklan Komersial

Berdasarkan fungsi di atas, iklan komersial termasuk jenis iklan yang menitikberatkan tujuannya pada promosi produk yang bisa mengajak orang-orang untuk membeli produk atau menggunakan jasa. Maka dari itu, iklan komersial harus dibuat semenarik mungkin sehingga pembuatan keputusan orang-orang yang melihatnya bisa terpengaruhi dengan mudah.

Iklan Non-Komersial

Lain halnya dengan iklan komersial, iklan non-komersial dibuat tidak semata-mata hanya untuk memasarkan sebuah produk atau jasa saja. Tujuan dari iklan non-komersial ini lebih luas dan tidak terbatas termasuk menyampaikan informasi, memberikan edukasi dan himbauan, atau bisa juga mensosialisasikan sebuah program.

Media Beriklan

Sebelum Anda membuat iklan untuk mempromosikan bisnis Anda, selain harus menentukan jenis iklan, Anda juga perlu tahu media apa saja yang bisa Anda gunakan untuk beriklan. Berikut penjabarannya.

Iklan Media Cetak

Beriklan melalui media cetak bisa dibilang sebagai salah satu cara beriklan konvensional yang dilakukan dengan mempromosikan produk melalui billboard, stiker, poster, koran, brosur atau majalah. Ada banyak bentuk iklan media cetak yang bisa Anda jadikan pilihan seperti iklan baris atau iklan kolom.

Baca Juga: SEBELUM MENULIS, PAHAMI 10 KRITERIA TULISAN LAYAK BERITA

Iklan Media Elektronik

Iklan media elektronik adalah jenis iklan yang menggunakan sarana elektronik seperti televisi, radio, dan media digital seperti sosial media atau website. Jangkauan audiens yang bisa didapatkan dari iklan media elektronik lebih luas, lho, dibandingkan dengan iklan media cetak. Kalau penyampaian iklan melalui media cetak hanya terbatas melalui teks atau gambar, pesan di iklan media elektronik bisa dalam bentuk gambar atau video.

Di era teknologi yang serba modern ini, beriklan di media elektronik bisa dikatakan sangat efektif untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness. Selain konten iklan bisa lebih menarik dan kreatif,  pasalnya, iklan media elektronik tidak hanya bisa menampilkan visual yang lebih mumpuni, tapi menggunakan iklan dengan platform digital juga bisa dengan mudah menjangkau target pasar Anda

Beriklan di platform digital seperti Facebook, Instagram, YouTube, Google, dan platform lainnya memiliki banyak nilai plus bagi kelangsungan bisnis Anda. Platform iklan digital memiliki fitur targeting yang memungkinkan Anda untuk memilih siapa saja yang bisa melihat produk atau jasa yang Anda promosikan. Jadi, potensi Anda untuk mendapatkan konsumen yang sesuai sasaran akan semakin besar.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang iklan. Jika Anda ingin memasang iklan untuk mempromosikan bisnis Anda, jangan lupa untuk memastikan jenis dan media iklan apa yang Anda gunakan. Selain itu, pastikan Anda sudah menentukan tujuan beriklan Anda, ya. Buatlah kampanye iklan Anda sekreatif mungkin sehingga Anda pun akan mudah menjangkau target pasar yang sudah ditentukan.

Baca Juga: MENGENAL PROGRAMMATIC ADS: PENGERTIAN, MANFAAT, CONTOH, DAN CARA MENGGUNAKANNYA

Pasang Iklan Digital? Sama DiPStrategy Aja!

Siapa sangka kalau iklan digital di era revolusi industri 4.0 seperti ini manjur banget, lho, bikin bisnis Anda makin maju. Nah, kalau Anda ingin mempromosikan produk jualan atau menawarkan jasa melalui Google Ads, Facebook Ads, dan platform iklan digital lainnya, DiPStrategy digital agency jakarta bisa membantu Anda! Bersama DiPStrategy, dijamin, deh, iklan digital Anda bisa mendatangkan cuan yang berlimpah. Yuk, hubungi DiPStrategy sekarang!

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: