Apa Itu CMS? Dan Manfaat CMS untuk Perusahaan

Di era yang sangat modern ini, sudah tidak asing lagi bagi perusahaan untuk memiliki website. Membuat website juga bukan hal yang sulit, kok, karena sekarang sudah banyak CMS untuk perusahaan yang pastinya bisa dimanfaatkan untuk membantu pembuatan website dengan mudah tanpa coding.

Untuk membuat website dari nol, memang diperlukan keahlian khusus dalam bidang programming untuk melakukan coding. Tapi, dengan hadirnya platform CMS, kini bisnis Anda bisa sangat terbantu dalam pengelolaan website yang lebih simpel. CMS untuk perusahaan memiliki banyak manfaat lainnya, lho. Ada apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga MANFAAT TRANSFORMASI DIGITAL BAGI PERUSAHAAN & PELAKU BISNIS

Manfaat CMS

Secara garis besar, CMS adalah sebuah program yang memungkinkan Anda untuk membuat, mengelola, bahkan mengembangkan website Anda dengan mudah. CMS sudah banyak digunakan baik oleh perusahaan, instansi, pihak perorangan, digital agency Indonesia, atau organisasi. Banyaknya kalangan yang menggunakan CMS ini bukan tanpa alasan, tapi karena memang faktanya, CMS memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat dari CMS.

  1. Bisa membuat website tanpa perlu coding.
  2. Penataan website menjadi lebih mudah menggunakan fitur tema pada CMS.
  3. Bisa memberikan fungsi tambahan dan plugin lainnya bagi website.
  4. Website menjadi lebih aman dan nyaman digunakan oleh pengunjung.
  5. Mengelola website secara bersamaan menjadi lebih mudah.
  6. Meningkatkan ranking website di mesin pencarian.
  7. Pengelolaan konten website yang lebih praktis dan efisien.

Ada banyak, kan, manfaat yang bisa Anda dapatkan kalau pakai CMS? Platform CMS yang bisa Anda gunakan untuk website perusahaan juga gak kalah banyak. Yuk, simak software CMS apa saja yang recommended untuk pengelolaan website.

Baca Juga: Cara Mengukur Keberhasilan Website secara Efektif

Rekomendasi CMS untuk Perusahaan

Berikut rekomendasi CMS terbaik untuk perusahaan Anda.

1. WordPress

Siapa, sih, yang gak tahu platform blogging yang satu ini? WordPress digadang-gadang menjadi CMS yang paling banyak digunakan oleh berbagai macam perusahaan. Siapa sangka, situs-situs raksasa seperti BBC America, Time, The Rolling Stones, menggunakan WordPress untuk CMS-nya, lho.

2. Blogger

Jika Anda mencari jasa pembuatan website Jakarta atau kota lainnya, CMS yang satu ini pasti banyak ditawarkan. Kenapa? Karena Blogger memberikan kemudahan dalam pengelolaan data website. Ada banyak layanan Google yang terintegrasi langsung dengan Blogger seperti Google Analytics, Google Search Console, dan lain sebagainya.

3. Drupal

Dengan segala keunggulannya, Drupal berhasil menjadi CMS yang sangat bersaing. Di Drupal, ada banyak fitur gratis yang bisa dimanfaatkan. Selain itu, ada pula plugin yang bisa Anda tambahkan setiap saat. Kalau Anda ingin coba menggunakan CMS yang satu ini untuk situs perusahaan, ada banyak web development Jakarta dan kota lainnya yang menyediakan.

4. Shopify

CMS ini banyak digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan e-commerce untuk meningkatkan penjualan produk. Ada banyak fitur-fitur penjualan yang disediakan seperti manajemen produk, pengiriman produk, user interface, dan lain sebagainya. Tidak seperti CMS lainnya, untuk menggunakan Shopify, Anda harus merogoh kocek lebih dalam, nih, karena ada beberapa fitur eksklusif yang hanya bisa digunakan oleh pengguna premium.

Baca Juga: 10 Tools untuk Membuat Website Menjadi Lebih Responsive

Mau Buat CMS? Sama DiPStrategy Aja!

Ingin membangun website perusahaan dari nol pakai CMS original? Gampang! Yuk, buat CMS Anda sendiri bersama CMS developer Jakarta: DiPStrategy. Untuk lebih detailnya, berikut langkah-langkah pembuatan CMS bersama DiPStrategy!

  1. Konsultasi: Communication is the key! Sebelum mulai, Anda bisa konsultasikan dulu tujuan apa yang Anda ingin capai, masalah apa yang ingin diselesaikan, lalu bersama-sama kita cari solusinya.
  2. Prototype UI/UX: Sudah selesai konsultasi? Kami akan memberikan prototype UI/UX yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Desain UI/UX dari DiPStrategy dijamin friendly banget!
  3. Development Process: Di tahap ini, kami akan mulai membuat CMS sesuai dengan hasil prototype UI/UX yang telah disetujui dan mengembangkan fitur-fitur sebagai bentuk peningkatan kualitas CMS, termasuk melakukan proses integrasi dengan API 3rd party.
  4. Quality Assurance (Bug Fixing): Kalau semuanya sudah rampung, di langkah ini kami akan melakukan pengecekan secara berkala, termasuk pengecekan keamanan, fungsi, penggunaan, dan konsistensi.
  5. Maintenance: Terakhir, pada tahap ini, pemantauan dan crash analytic dilakukan. Selain itu, perbaikan masalah-masalah minor, pembaruan OS, hingga optimasi lainnya juga dilakukan di langkah ini.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai CMS untuk perusahaan. Salah satu langkah mudah membuat website untuk perusahaan adalah dengan memanfaatkan rekomendasi CMS yang telah disebutkan di atas.

Tapi, kalau Anda memang ingin membuat website dari nol, Anda bisa menggunakan jasa CMS development seperti DiPStrategy. Hanya dengan 5 langkah mudah, Anda sudah bisa punya CMS sendiri, lho. Pengelolaan website pun jadi lebih mudah, aman, dan nyaman!

DiPStrategy: CMS Development Jakarta Terpercaya

Content Management System atau CMS merupakan kebutuhan digital yang perlu Anda penuhi kalau ingin punya website yang user friendly. Mau mengembangkan website perusahaan pakai CMS sendiri? DiPStrategy solusinya! Bersama tim profesional DiPStrategy yang ahli di bidangnya, kami akan membantu Anda membuat CMS yang sesuai dengan budget dan kebutuhan website perusahaan Anda. Yuk, hubungi DiPStrategy sekarang

Konsultasi Gratis

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: