Bagaimana Fungsi Iklan bagi Pemerintah dan Perusahaan?

Memasang iklan merupakan suatu kegiatan di mana sebuah perusahaan atau instansi pemerintah menyebarkan informasi, menghimbau masyarakat, mempromosikan produk atau menawarkan jasa. Baik pemerintah maupun perusahaan memiliki fungsi iklan yang berbeda, lho. Penasaran? Simak terus artikel ini, ya!

Apa Itu Iklan?

Nah, sebelum mengetahui fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan, ada baiknya, nih, Anda mengetahui dulu dasar-dasar dari iklan. Mulai dari pengertiannya, iklan adalah sebuah bentuk komunikasi berupa penyampaian pesan yang disampaikan oleh pihak tertentu kepada masyarakat luas. Iklan bisa dibuat oleh perusahaan itu sendiri atau menggunakan agency di Indonesia yang menyediakan jasa pemasangan iklan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa memasang iklan bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi Anda yang ingin memperluas jangkauan audiens di daerah-daerah padat penduduk seperti ibukota.

Kalau Anda memiliki target pasar dengan jangkauan wilayah Jakarta, Anda gak perlu khawatir, karena ada banyak perusahaan advertising di Jakarta yang bisa Anda ajak bekerja sama. Advertising Jakarta kini sudah dilengkapi dengan berbagai macam layanan dan fasilitas yang pastinya bakal bisa banget bikin bisnis Anda makin cuan!

Baca Juga: IKLAN ADALAH PENGERTIAN, JENIS DAN MEDIANYA

Tujuan Beriklan

Setiap perusahaan atau instansi pemerintahan yang memasang iklan memiliki tujuannya masing-masing. Meskipun keduanya merupakan dua badan yang berbeda, tapi secara garis besar, tujuan mereka beriklan adalah sebagai berikut.

  • Memberikan informasi seputar produk atau jasa seperti, perubahan harga, penjelasan akan penggunaan suatu produk tertentu, memberikan himbauan atau mengedukasi audiens.
  • Membujuk calon konsumen untuk mencoba, membeli, atau menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan.
  • Mengingatkan audiens akan sebuah brand yang diiklankan.
  • Menambahkan nilai citra perusahaan seperti inovasi, peningkatan kualitas atau mempengaruhi persepsi calon konsumen terhadap perusahaan.
  • Memfasilitasi perusahaan dalam melakukan komunikasi bersama konsumen.

Nah, itu dia beberapa tujuan beriklan yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda memasang Iklan, pastikan Anda sudah tahu, ya, tujuan apa yang Anda ingin capai. Kalau Anda masih ragu untuk memasang iklan, ada banyak perusahaan iklan Indonesia yang bisa membantu Anda memperluas jangkauan pasar Anda.

Untuk memiliki iklan yang ampuh dalam mencapai tujuan yang telah disebutkan di atas, iklan perlu dibuat dengan kreatif dan inovatif. Biasanya, perusahaan atau pemerintah menggunakan branding agency Jakarta atau dari kota lainnya untuk membuat kampanye yang unik dan kreatif khususnya jika tujuannya adalah memperkuat branding.

Branding agency itu apa? Singkatnya, branding agency adalah agensi yang secara spesifik membantu bisnis atau perusahaan Anda menciptakan, meningkatkan kualitas, mengembangkan dan memelihara brand yang Anda miliki. Jika Anda ingin memperluas penyebaran kesadaran brand kepada masyarakat, maka beriklan dan bekerja sama dengan branding agency bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: MENGENAL PROGRAMMATIC ADS: PENGERTIAN, MANFAAT, CONTOH, DAN CARA MENGGUNAKANNYA

Manfaat Beriklan

Sudah tahu tujuan beriklan? Nah, sekarang saatnya Anda tahu, nih, kalau beriklan itu bisa mendatangkan banyak manfaat, lho. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  • Berkontribusi dalam meningkatkan penjualan.
  • Mempertahankan dan membangun citra serta identitas perusahaan.
  • Bermanfaat untuk menyebarkan informasi tentang perusahaan sehingga calon pelanggan akan senantiasa mengingat brand Anda.
  • Mendorong kemauan konsumen untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa yang Anda tawarkan.
  • Membentuk reputasi yang baik bagi perusahaan.
  • Meningkatkan loyalitas konsumen dan menarik konsumen baru, bahkan menarik kembali konsumen lama.

Gimana? Ada banyak, kan, manfaat yang bisa Anda dapatkan kalau Anda beriklan? Berbagai macam perusahaan advertising di Indonesia bisa, lho, memberikan Anda manfaat-manfaat tersebut kalau Anda ingin mengiklankan brand. Yang perlu diingat jika Anda ingin beriklan melalui sebuah perusahaan agency adalah Anda perlu memperhatikan reputasi dari agensi di Indonesia yang Anda ingin ajak untuk bekerja sama.

Baca Juga: SEBELUM MENULIS, PAHAMI 10 KRITERIA TULISAN LAYAK BERITA

Fungsi Iklan Bagi Pemerintah

Iklan bisa dipasang oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja, termasuk instansi pemerintahan sekalipun. Secara sadar ataupun tidak sadar, kita sering, lho, melihat iklan yang dibuat oleh pemerintah. Sebenarnya, apa fungsi iklan bagi pemerintah? Yuk, simak di bawah ini, ya!

  • Menyebarluaskan informasi seputar layanan masyarakat.
  • Mengedukasi masyarakat mengenai program-program pemerintahan.
  • Memberikan informasi mengenai progress dan kinerja pemerintah.
  • Memberikan himbauan terkait peraturan tertentu.
  • Memasarkan atau mempromosikan pariwisata milik negara.
  • Mempromosikan produk lokal keluaran BUMN atau perusahaan milik pemerintah lainnya.

Iklan pemerintah dibuat bukan tanpa fungsi dan tujuan, lho. Dengan adanya iklan pemerintahan, harmonisasi di lingkungan masyarakat tentu saja akan mudah untuk diwujudkan. Untuk itu, pemerintah juga diharuskan untuk membuat iklan dengan menarik agar masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan pesan yang disampaikan.

Fungsi Iklan bagi Perusahaan

Selanjutnya, ada fungsi iklan bagi perusahaan. Kalau iklan pemerintah bersifat non-komersial, iklan perusahaan ini biasanya lebih komersial. Meskipun begitu, iklan perusahaan juga bisa berbentuk non-komersial, kok.

Contoh iklan perusahaan non-komersial adalah ketika iklan dibuat untuk memperkenalkan brand. Biasanya, perusahaan yang bertujuan membentuk kesadaran brand akan bekerja sama dengan branding company Jakarta agar tujuan iklan yang diinginkan bisa tercapai. Selain itu, iklan perusahaan juga memiliki banyak fungsi lainnya, lho. Penasaran? Berikut ulasannya.

  • Memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Memberikan pengingat kepada calon konsumen mengenai brand yang dirintis.
  • Menarik perhatian konsumen untuk membeli produk atau menggunakan layanan yang diiklankan.
  • Memberikan informasi terkait produk atau jasa apa saja yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.
  • Meningkatkan value dari produk dan jasa yang dijual.

Perusahaan swasta dan pemerintahan bisa dikatakan memiliki fungsi dan tujuan yang sangat berbeda. Keduanya bisa bersifat komersial dan non-komersial. Meskipun demikian, tujuan dan fungsi dari masing-masing iklan akan mudah terwujud jika konten atau kampanye iklan yang dibuat tidak menyeleweng dari norma-norma masyarakat.

Baca Juga : PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI TOOLS MARKETING BAGI PELAKU USAHA

DiPStrategy: Digital Marketing Agency Terpercaya bagi Pemerintah dan Perusahaan

Butuh jasa pemasangan iklan digital? SEO web optimization? Atau pengembangan aplikasi? Mau di manapun bidang instansi Anda bergerak, DiPStrategy selalu siap sedia untuk memberikan Anda pelayanan terbaik! Bersama DiPStrategy, dijamin, deh, semua tujuan iklan Anda bisa tercapai dengan mudah dan cepat. Yuk, tunggu apa lagi? Hubungi DiPStrategy sekarang!

Konsultasi Gratis

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: