Sebelum Menulis, Pahami 10 Kriteria Tulisan Layak Berita

Last updated on February 24

sebelum-menulis-pahami-dulu-10-kriteria-layak-berita

Memiliki profesi sebagai penulis berita, apapun jenis topik yang digeluti, bukanlah sebuah profesi yang mudah untuk dijalani. Banyak para penulis berita saat ini, terutama di media digital, yang harus belajar terlebih dahulu untuk memahami cara menulis yang benar sebelum tulisannya layak naik.

10 Kriteria Tulisan Layak Berita

Tidak semua peristiwa layak diberitakan meski sepintas terlihat menarik. Sebuah peristiwa harus memiliki beberapa kriteria sehingga layak untuk diberitakan dan tidak hanya membuahkan artikel yang tidak memiliki banyak manfaat untuk para pembacanya.

Berikut adalah kriteria sebuah peristiwa layak menjadi berita dan memenuhi kaidah cara menulis yang benar dan bermanfaat.

1. Aktual

Aktualitas berita menjadi syarat utama cara menulis artikel yang benar. Aktualitas berita sangat mempengaruhi citra media dan penulis yang mengangkat sebuah cerita dan pihak-pihak yang diberitakan. Karena itulah, tidak boleh sembarangan mengarang cerita demi menarik perhatian pembaca.

2. Menyangkut Tokoh Penting (Figur Ternama)

Masyarakat biasanya tertarik dengan pemberitaan seputar tokoh-tokoh penting atau figur ternama yang akrab di telinga mereka. Apa pun yang dilakukan oleh tokoh-tokoh tersebut selalu menjadi pusat perhatian dan di sinilah fungsi kontrol sosial beriringan dengan ketertarikan mereka.

3. Relevansi

Cara menulis berita yang benar berikutnya adalah mengenai relevansi sebuah peristiwa. Jika sebuah peristiwa tidak memiliki keterkaitan dengan kepentingan banyak orang, bisa jadi peristiwa tersebut tak layak diberitakan.

Misalnya, seorang pejabat yang melakukan korupsi bisa dibilang sebuah peristiwa yang terkait dengan kepentingan banyak orang. Sang pejabat akan dinilai telah melanggar sumpahnya untuk mengutamakan kepentingan rakyat dan malah menggunakan jabatannya untuk mengeruk keuntungan sebesar mungkin.

Baca Juga : CARA RESEARCH KEYWORD SEO PALING EFEKTIF DAN AKURAT

4. Kedekatan

Sebuah berita yang layak naik adalah berita yang memiliki kedekatan realita dengan kehidupan masyarakat pada umumnya. Misalnya pemberitaan mengenai keresahan masyarakat atas naiknya harga bahan-bahan pokok akan mendapatkan perhatian lebih karena pengalaman itu terasa sangat dekat kehidupan sehari-hari mereka.

5. Skala Peristiwa

Skala peristiwa juga penting untuk menentukan apakah cara menulis artikel Anda sudah tepat. Misalnya sebuah peristiwa kebakaran hutan tentu lebih layak diberitakan ketimbang apa yang dibeli seorang selebriti saat mengunjungi sebuah mal.

6. Tren

Mengulas tren yang sedang naik daun juga bisa menjadi faktor cara menulis berita yang benar. Misalnya salah satu tren yang sedang naik daun sekarang adalah mata uang crypto yang mulai memiliki banyak peminat atau bahasan mengenai Metaverse atau sebuah semesta digital yang kini mulai dilirik sebagai investasi berbisnis.

Baca Juga : APA SAJA PARAMETER UNTUK MENGUKUR LANDING PAGE YANG BAGUS?

7. Eksklusif

Eksklusivitas berita adalah kumpulan informasi yang tidak banyak diketahui orang. Biasanya untuk mengangkat pemberitaan dengan kriteria ini membutuhkan riset yang panjang dan tenaga yang cukup besar.

8. Dramatis

Tidak bisa dipungkiri peristiwa dramatis juga selalu menjadi pusat perhatian hampir semua orang. Pemberitaan mengenai bencana, kecelakaan, atau tindakan kriminal seperti pembunuhan, sendiri memang layak diberitakan karena juga memenuhi faktor-faktor lainnya seperti yang sudah disebutkan di atas, misalnya relevansi dan aktualitas.

Namun, pemberitaan dengan unsur ini harus lebih hati-hati cara menulis rangkaian kalimatnya. Gunakan kalimat-kalimat yang yang lebih bersifat mengupas kejadiannya ketimbang menambah unsur-unsur dramatisme yang tidak perlu, seperti menanyakan firasat para keluarga korban sebelum kecelakaan terjadi.

9. Human Interest

Berita yang layak naik juga harus memenuhi kriteria human interest atau ketertarikan pembaca terhadap topik tertentu. Misalnya seperti kegiatan amal yang dilakukan seorang selebriti yang memiliki citra baik di masyarakat. Asalkan tetap memenuhi unsur-unsur lainnya, pemberitaan seperti ini juga layak naik atau dipublikasikan.

10. Unik

Pemberitaan yang layak juga memiliki unsur keunikan, biasanya pemberitaan dengan unsur ini melibatkan kreativitas dari sang penulis. Misalnya tulisan yang memuat beberapa informasi yang tidak ditemui di media-media mainstream.

Recent Post

Virky Realdy Written by:

Sebagai pria tangguh dengan rute harian Antar Kota Antar Propinsi, drama kehidupan perkotaan menjadi santapan sehari-harinya. Virky memegang posisi Head of Digital Support di Dipstrategy dan Product Owner dari Deepmail.