10 Tools untuk Membuat Website Menjadi Lebih Responsive

Tools yang Bisa Membuat Website Responsive

Digital Agency Jakarta 2021 – Pembuatan website harus memperhatikan beberapa poin penting. Salah satunya adalah apakah website tersebut responsive atau tidak. Menurut Website Agency Jakarta, website responsive akan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para penggunanya. Website ini diakses dengan baik dari berbagai jenis perangkat maupun berbagai ukuran layar.

Ada banyak sekali cara dan tools yang bisa digunakan untuk membuat website menjadi responsive. Tentunya semua tools ini bisa dimanfaatkan dengan baik sesuai kebutuhan website tersebut. Berikut adalah 10 pilihan tools yang bisa Anda gunakan:

  1. WirefyPilihan pertama ada Wirefy yang merupakan sebuah tools dengan fokus pembuatan wireframe. Tool ini sangat direkomendasikan oleh Digital Agency Jakarta untuk membuat website responsive secara mudah dan sederhana. Wirefy ini merupakan kumpulan snippet HTML serta template yang bisa diskalakan ke dalam berbagai jenis perangkat. Pembangunan wireframe menggunakan tool ini lebih mudah dan tidak ribet.
  1. GridsetBerikutnya ada Gridset yang merupakan tool berguna untuk membuat desain serta menciptakan sebuah prototype sebuah website. Gridset ini sangat efektif dipakai untuk membuat layout grid yang responsive. Tool ini dapat dipakai untuk berbagai CMS mulai dari Drupal, Joomla, serta WordPress.
  1. Adobe Edge InspectPembuatan website responsive juga bisa dilakukan memakai tool Adobe Edge Inspect. Tool ini, pengembang website bisa melihat seperti apa situs tersebut jika dioperasikan ke beragam jenis perangkat. Simulasi ini bisa menjadi acuan untuk melihat apakah website sudah responsive atau belum.
  1. Gumby 2Tools selanjutnya yang juga direkomendasikan oleh Website Agency Jakarta adalah Gumby 2. Gumby 2 ini merupakan sebuah framework yang responsif dan sangat mudah digunakan sesuai kebutuhan. Pengguna bisa membuat desain yang responsif serta embed video yang diatur sendiri. Di tool ini, tersedia juga grid, form, serta template yang sudah siap untuk digunakan.
  1. Adobe Edge ReflowAgar website jadi lebih responsive, dapat juga digunakan tool Adobe Edge Reflow. Tool ini akan sangat membantu membuat website responsive tanpa mengurangi estetikanya. Adobe Edge Reflow ini juga efektif digunakan untuk membuat desain sebuah website secara virtual.
  1. InvisionPilihan berikutnya yang direkomendasikan Digital Agency Jakarta adalah Invision, yang sebenarnya tidak berperan langsung membuat website responsive namun cukup bisa dijadikan andalan. Tool ini akan membantu mengomunikasikan desain serta transisi desain. Hal ini akan memfasilitasi pembuat website untuk melakukan eksperimen terhadap desain website secara real time.
  1. BootstrapWebsite responsive juga bisa dibuat menggunakan tool bernama Bootstrap. Bootstrap itu sendiri merupakan sebuah framework yang akan mempermudah proses pembuatan website. Tersedia CSS serta Javascript yang sudah siap untuk dipakai. Tool ini juga sangat efektif dipakai para pemula untuk membuat website jadi responsive.
  1. UXpinAda pula tool UXpin yang juga menjadi salah satu rekomendasi dari Digital Agency Jakarta. Tool ini menyediakan banyak sekali elemen desain sekaligus elemen UI yang bisa digunakan dengan mudah. Selain itu, UXpin juga akan sangat membantu proses pembuatan desain website secara kolaboratif.
  1. Export KitPembuatan website juga bisa memakai tools Export Kit agar bisa lebih responsive. Tool ini sebenarnya ada di Photoshop dan menjadi alasan mengapa Photoshop sampai sekarang masih kerap dipakai untuk mendesain sebuah website. Tool Export Kit ini akan sangat membantu pembuat website dalam melakukan konversi desain.
  1. MarvelTak kalah penting, ada juga tool Marvel yang cocok dipakai untuk membuat website responsive. Tool ini bisa diakses online dan akan membantu proses pembuatan prototype sebuah website maupun aplikasi. Marvel akan membantu penggunanya untuk membuat sketsa hingga mock up menjadi sebuah prototype website yang realistis.

Itulah 10 tools yang bisa membantu membuat website responsive. Pembuatan website responsive ini bisa dikonsultasikan lebih lanjut ke DiPStrategy. Website Agency Jakarta ini siap memberikan solusi terbaik pembuatan website yang berkualitas dan responsive.

Baca juga : Perbedaan Website E-Commerce Dengan Website Company

Recent Post

Hadi Ismanto Written by:

UX PROGRAMMER / SR. WEB DESIGNER