Last updated on August 30
Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia menjadi salah satu negara di dunia dengan pertumbuhan penduduk yang bisa dibilang cukup pesat. Bertambahnya penduduk Indonesia setiap tahunnya berarti ada pula peningkatan jumlah konsumen. Data profil konsumen Indonesia terkadang dibutuhkan bagi para pebisnis untuk membentuk target pasar baru.
Untuk menentukan target pasar Anda, apa yang Anda ingin dijual, dan kemana saja Anda akan menjual, maka sebagai pebisnis yang cerdas, Anda perlu mengenali calon konsumen yang akan membeli produk Anda. Agar bisa memetakan siapa saja yang bisa dijadikan target pasar, Anda bisa mengelompokkannya menggunakan data SES Indonesia atau Socio-Economic Status.
SES adalah metode pengelompokkan keluarga atau individu berdasarkan status sosial ekonomi di masyarakat. Sebuah perusahaan membutuhkan data SES untuk mengetahui klasifikasi kelas masyarakat di Indonesia agar memudahkan dalam pemetaan target pasar. Pembagian SES di Indonesia sendiri terbagi menjadi 3 segmen, yaitu high SES, middle SES, dan low SES.
Riset pasar menggunakan SES ini sudah tidak asing lagi di Indonesia, karena untuk mendapatkan data profil konsumen, keberadaan data SES bisa dibilang sangat membantu dalam penyusunan strategi marketing. Nah, kalau perusahaan Anda membutuhkan data profil konsumen Indonesia tahun 2022, Anda bisa mengacu pada profil SES Indonesia tahun 2021. Ulasan lengkapnya ada di bawah ini, ya!
Baca Juga: GOOGLE ADS – ISTILAH PENTING YANG WAJIB KAMU KETAHUI JIKA INGIN BERIKLAN DI GOOGLE
Profil SES Indonesia 2021 (Nasional)
Dilansir dari Badan Pusat Statistik yang diolah oleh Talenta Data Indonesia, berikut adalah profil SES Nasional Indonesia tahun 2021.
Tabel di atas menunjukkan proyeksi jumlah keluarga di Indonesia dilihat dari SES (Social-Economic Status). Berdasarkan data di atas, kita bisa lihat bahwa estimasi jumlah keluarga di Indonesia sejak dua tahun silam hingga 2021 mencapai hingga 83.025.100 keluarga. Angka yang cukup fantastis, bukan?
Sesuai dengan data yang telah dipaparkan, Talenta Data Indonesia membagi kategori SES menjadi 7 bagian, yaitu SES A1, A2, B, C1, C2, D, dan E. Kategori ini dibuat berdasarkan jumlah pengeluaran rumah tangga per keluarga tiap bulan. Untuk lebih jelasnya, berikut detail kategori SES Indonesia 2021.
Data pendapatan Indonesia di atas bisa Anda gunakan sebagai pelengkap dalam penyusunan strategi marketing, lho. Pasalnya, dalam menyusun marketing strategy, dibutuhkan rincian berskala besar untuk mengetahui potensi bisnis yang Anda jalankan. Untuk itulah, penting bagi Anda mengetahui data konsumen Indonesia melalui profil SES Indonesia terlebih dahulu.
Gimana? Sampai sini sudah bisa terlihat belum, kira-kira profil konsumen Indonesia tahun 2022 bakal seperti apa, ya? Biar makin jelas, yuk, simak data proyeksi jumlah keluarga 2021 berdasarkan provinsi berikut ini.
Baca Juga: [DATA STATISTIK] TOP 5 MARKETPLACE YANG PALING DIGEMARI DI INDONESIA (MEI 2022)
PROVINSI | JUMLAH KELUARGA |
ACEH | 1.680.700 |
SUMATERA UTARA | 4.496.400 |
SUMATERA BARAT | 1.683.200 |
RIAU | 695.200 |
JAMBI | 1.130.300 |
SUMATERA SELATAN | 2.624.800 |
BENGKULU | 620.400 |
LAMPUNG | 2.603.200 |
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG | 468.500 |
KEPULAUAN RIAU | 695.200 |
DKI JAKARTA | 3.251.200 |
JAWA BARAT | 15.315.200 |
JAWA TENGAH | 10.653.400 |
DI YOGYAKARTA | 1.188.100 |
JAWA TIMUR | 12.140.200 |
BANTEN | 4.057.200 |
BALI | 1.340.500 |
NUSA TENGGARA BARAT | 1.569.500 |
NUSA TENGGARA TIMUR | 1.705.100 |
KALIMANTAN BARAT | 1.575.300 |
KALIMANTAN TENGAH | 855.400 |
KALIMANTAN SELATAN | 1.321.900 |
KALIMANTAN TIMUR | 1.411.900 |
KALIMANTAN UTARA | 1.681.500 |
SULAWESI UTARA | 772.700 |
SULAWESI TENGAH | 951.300 |
SULAWESI SELATAN | 2.727.800 |
SULAWESI TENGGARA | 850.300 |
GORONTALO | 374.600 |
SULAWESI BARAT | 433.300 |
MALUKU | 394.400 |
MALUKU UTARA | 394.400 |
PAPUA BARAT | 304.200 |
PAPUA | 1.057.800 |
Cukup banyak, ya, proyeksi jumlah keluarga Indonesia? Semakin besar pertumbuhan keluarga di Indonesia, semakin besar pula peningkatan jumlah angka konsumennya. Dengan mengenal lebih dalam seputar konsumen, kemungkinan bisnis Anda makin cuan pun bakal semakin tinggi. Karena Anda akan bisa dengan mudah mengetahui kalangan mana yang menjadi target konsumen dan apa saja yang perlu Anda jual sesuai dengan kebutuhan mereka.
Baca Juga: [DATA STATISTIK] TOP 5 SOSIAL MEDIA YANG DIGEMARI DI INDONESIA
Maka dari itu kenapa data profil konsumen Indonesia sangat dibutuhkan bagi pegiat bisnis, karena Anda akan mendapatkan gambaran tentang konsumen secara terperinci yang meliputi uraian karakteristik dengan berbagai macam variabel seperti demografi, usia, jenis kelamin, pekerjaan, kategori produk yang paling diminati dan lain sebagainya.
Data profil SES Indonesia 2021 di atas, juga bisa Anda jadikan acuan untuk memperkirakan bagaimana data profil konsumen Indonesia di tahun 2022 ini. Dengan begitu, Anda pun bisa jadi lebih mengerti kebutuhan konsumen, memiliki bisnis yang lebih consumer-oriented, memudahkan advertising agency jakarta hingga memenangkan persaingan pasar yang semakin hari kian ketat. Semoga bermanfaat, ya!
[…] Baca Juga DATA PROFIL KONSUMEN INDONESIA 2022 TERBARU DAN LENGKAP […]