DiPStatistik Top Operator Seluler Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Last updated on September 16

Internet dan smartphone kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian masyarakat Indonesia. Kehadiran dua sejoli ini di tengah-tengah kehidupan, membuat semua kebutuhan terasa jadi lebih mudah terpenuhi. Operator Seluler Paling Banyak Digunakan di Indonesia bisa membantu kita untuk mengambil keputusan dalam berbisnis

Provider seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan jenis operator lainnya berperan penting dalam penggunaan akses internet. Dengan operator-operator seluler tersebut, pengguna smartphone akan semakin mudah untuk mengakses internet di mana saja dan kapan saja.

Banyaknya masyarakat Indonesia yang merupakan pengguna aktif internet membuat berbagai brand provider saling berlomba-lomba untuk menjadi provider terbaik. Kira-kira operator seluler mana, ya yang paling digandrungi warga +62?

Baca Juga MANFAAT TRANSFORMASI DIGITAL BAGI PERUSAHAAN & PELAKU BISNIS

Kenalan sama DiPStatistik, yuk!

Bagi Anda pembaca setia blog DiPStrategy pasti sudah tahu, dong kalau DiPStrategy menghadirkan informasi-informasi seputar digital marketing yang menarik banget setiap bulannya. Nah, kali ini, DiPStrategy hadir dengan segmen khusus bernama DiPStrategy yang akan memberikan Anda data statistik yang berkaitan erat dengan digital marketing.

Data-data statistik yang kami publish, nantinya bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk mengatur strategi pemasaran, memantau perilaku konsumen, dan untuk berbagai tujuan iklan ataupun bisnis lainnya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui data pengguna XL Indonesia, jumlah pengguna Telkomsel Indonesia, hingga data pengguna 3 three Indonesia, Anda datang ke tempat yang tepat! Sekarang, kita kupas tuntas, yuk data statistik seputar top operator seluler yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Baca Juga DATA PROFIL KONSUMEN INDONESIA 2022 TERBARU DAN LENGKAP

Baca Juga: SEBELUM MENULIS, PAHAMI 10 KRITERIA TULISAN LAYAK BERITA

Baca Juga: [DATA STATISTIK] TOP 5 MARKETPLACE YANG PALING DIGEMARI DI INDONESIA (MEI 2022)

Baca Juga: DATA STATISTIK JUMLAH PENGGUNA TIKTOK [APRIL 2022], LENGKAP!

Metode Berlangganan Mobile Internet

Berikut adalah data metode berlangganan internet pengguna provider di Indonesia.

Data Statistik Metode Berlangganan Internet secara Keseluruhan (Berdasarkan Usia dan Pendapatan)

1-Top -Operator-Seluler-Paling-Banyak-Digunakan-di-Indonesia-dipstrategy-digital-agency-indonesia
Source APJII

APJII 2022 telah merangkum bahwa total pengguna internet di Indonesia dengan layanan pascabayar (beli voucher kuota) persentasenya mencapai hingga 83,48%. Sementara itu 15,79% nya adalah pengguna pascabayar (bulanan), dan sisa 0,73% nya tidak diketahui.

Data Statistik dari Jenis Paket Berlangganan Internet secara Keseluruhan (Berdasarkan Usia dan Pendapatan)

1-Top -Operator-Seluler-Paling-Banyak-Digunakan-di-Indonesia-dipstrategy-digital-agency-indonesia
Source: APJII

Jenis paket berlangganan yang digandrungi masyarakat Indonesia adalah paket bulanan dengan persentase pengguna sebanyak 73,77%. Disusul oleh pengguna dengan paket mingguan yaitu sebanyak 19,53% dan paket harian sebanyak 6,70% pengguna.

 

Data Statistik Top 5 Operator Seluler yang Digunakan

3-Top -Operator-Seluler-Paling-Banyak-Digunakan-di-Indonesia-digital-agency-indonesia
Source: APJII

Dikutip dari survei APJII 2022, provider Telkomsel menjadi operator yang paling banyak digunakan dengan jumlah data pengguna Telkomsel Indonesia sebanyak 41,94% pengguna. Selanjutnya, jumlah pengguna XL Indonesia mencapai hingga 20,44%, menempati posisi kedua setelah Telkomsel.

Lalu, jumlah pengguna Indosat Indonesia per 2022 adalah sebanyak 17,78%. Disusul oleh jumlah pengguna 3 three Indonesia yang persentasenya mencapai 14,08%. Berdasarkan data pengguna Smartfren Indonesia, Smartfren memiliki sebanyak 5,76% pengguna. Data ini menempatkan Smartfren pada posisi ke-5 di top5 operator seluler Indonesia setelah 3 (three).

Data Seputar Biaya Koneksi Mobile Internet

Kalau tadi sudah membahas operator apa saja yang paling banyak digunakan, sekarang simak, yuk berapa banyak biaya yang dikeluarkan oleh warga +62 untuk memenuhi kebutuhan berinternet.

Berapa Persentase Biaya Internet yang Dihabiskan Masyarakat Indonesia per Bulannya?

4-Top-Operator-Seluler-Paling-Banyak-Digunakan-di-Indonesia-digital-agency-indonesia
Source: APJII

Berdasarkan data yang diambil dari 7.568 responden, survei APJII menunjukkan bahwa ada sebanyak 46,80% pengguna yang menghabiskan lebih dari Rp 50.001 hingga Rp 100.000 untuk biaya internet per bulan, 38,31% menghabiskan lebih dari Rp 10.000 hingga Rp. 50.000, dan ada sebanyak 11,66% pengguna yang membayar Rp 100.001 – Rp 250.000 per bulannya untuk mengakses internet melalui telepon seluler.

Gangguan Pada Mobile Internet

Semakin banyak pengguna, biasanya internet di beberapa provider akan mengalami gangguan-gangguan kecil. Lalu, gangguan apa saja yang biasa dialami pengguna dan seberapa sering gangguan-gangguan tersebut muncul?

Persentase Frekuensi Gangguan

5-Top-Operator-Seluler-Paling-Banyak-Digunakan-di-Indonesia-digital-agency-indonesia
Source: APJII

Menurut data yang dilansir dari survei APJII, Dalam satu bulan, 38,08% pengguna mengalaminya setidaknya satu kali gangguan internet. Ada juga yang mengalami 2-5x dalam sebulan dengan persentase pengguna sebanyak 23,60%. Meskipun begitu masih ada 35,23% pengguna yang tidak pernah mengalami gangguan.

Jenis Gangguan Saat Menggunakan Mobile Internet

6-Top-Operator-Seluler-Paling-Banyak-Digunakan-di-Indonesia-digital-agency-indonesia
Source: APJII

Koneksi lambat menjadi salah satu gangguan utama yang paling sering dialami oleh pengguna internet mobile dengan persentase 54,32%. Lalu, ada sebanyak 32,35% pengguna yang mengalami gangguan berupa koneksi internet yang putus-putus, dan 8,09% di antaranya tidak mengetahui gangguan apa yang paling sering dialami.

Targetkan Iklan Anda di Google Ads Berdasarkan Perangkat atau Operator Seluler

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, data statistik dari DiPStatistik bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk mengatur campaign digital Anda. Di Google Ads, Anda bisa menggunakan fitur penargetan perangkat atau operator seluler untuk campaign Anda.

Anda bisa memilih pengguna operator apa saja yang Anda inginkan untuk melihat iklan Anda. Dengan begitu, target marketing akan lebih segmented dan potensial.

Baca Juga: MENGENAL PROGRAMMATIC ADS: PENGERTIAN, MANFAAT, CONTOH, DAN CARA MENGGUNAKANNYA

DiPStrategy: Digital Agency Indonesia untuk Memenuhi Segala Kebutuhan Digital Campaign Anda

Gimana? Sudah tahu, kan data pengguna Indosat Indonesia, jumlah pengguna Smartfren Indonesia dan data-data lainnya seputar top 5 operator? Nah, sekarang saatnya Anda mengelola strategi pemasaran digital dengan mengacu pada data-data yang telah disuguhkan di atas. Anda bisa melakukan penargetan audiens iklan di Google Ads berdasarkan pengguna operator tertentu.

Tapi, kalau gak mau ribet, sebagai advertising agency Indonesia terpercaya, DiPStrategy bisa membantu Anda untuk meningkatkan performa iklan digital hingga membantu menaikkan penjualan bisnis Anda melalui metode-metode digital modern. Yuk, hubungi DiPstrategy sekarang!

Summary

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: