[Data Statistik] Top 5 Marketplace yang Paling Digemari di Indonesia (Mei 2022)

Last updated on June 23

Di tahun 2022 ini, ada banyak marketplace yang sudah bertebaran di Indonesia mulai dari Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan marketplace lainnya. Top 5 Marketplace ini bisa dibilang sebagai sarana untuk menghasilkan pemasukan bisnis yang efektif, karena di era yang serba modern ini, banyak masyarakat yang mencari kebutuhan sehari-harinya melalui marketplace.

Nah, sebagai pegiat bisnis yang cerdas, Anda pasti mau, dong, punya penghasilan yang cuan. Salah satu caranya adalah memilih marketplace yang tepat untuk memasarkan produk Anda. Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk memajukan bisnis Anda melalui marketplace adalah dengan mengetahui 5 marketplace yang penggunanya paling banyak di Indonesia. Yuk, simak data statistiknya di bawah ini!

Baca Juga MANFAAT TRANSFORMASI DIGITAL BAGI PERUSAHAAN & PELAKU BISNIS

Data Statistik Marketplace Indonesia

Dilansir dari pengambilan data melalui SEMRush pada tanggal 9 Mei 2022, berikut data statistik marketplace yang paling banyak dicari melalui pencarian organik pada search engine Google.

Baca Juga : [DATA STATISTIK] TOP 5 SOSIAL MEDIA YANG DIGEMARI DI INDONESIA

1. Tokopedia

Peringkat pertama diduduki oleh marketplace buatan anak bangsa, yaitu Tokopedia. Sejak berdirinya di tahun 2009, Tokopedia sudah berhasil menarik perhatian para konsumen marketplace. Per Mei 2022, ada sebanyak 236.300.000 pencarian organik Tokopedia di Google.

Hal ini tentu saja membuktikan kalau Tokopedia menjadi marketplace yang paling digemari di Indonesia. Selain itu, authority score yang didapatkan Tokopedia juga mencapai hingga 79 dari 100. Gimana? Terlihat menggiurkan, ya, untuk bikin online store di Tokopedia.

2. Shopee

Marketplace selanjutnya yang memiliki angka organic search terbanyak setelah Tokopedia adalah Shopee. Tidak dapat dipungkiri marketplace asal Singapura yang satu ini juga menjadi salah satu marketplace yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Promosi dan berbagai macam produk dengan harga terjangkau yang ditawarkan oleh para seller di Shopee membuat para penggunanya kalang kabut untuk memborong segala kebutuhannya di Shopee.

Maka dari itu, gak heran lagi kalau Shopee memiliki authority score lebih tinggi dibandingkan dengan Tokopedia, yaitu mencapai 80. Meskipun angka organic search Shopee hanya sebesar 121.700.000, tapi nyatanya, jumlah pengguna Shopee baik seller maupun customer tidak sedikit, lho.

3. Lazada

Lazada merupakan salah satu marketplace lainnya yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Lazada menjadi salah satu destinasi belanja online se Asia sejak kemunculan pertamanya di tahun 2012. Fakta ini didukung oleh hasil organic search yang didapatkan Lazada sebanyak 46.100.000 melalui mesin pencari Google dengan authority score sejumlah 76/100.

Baca Juga MANFAAT TRANSFORMASI DIGITAL BAGI PERUSAHAAN & PELAKU BISNIS

4. Bukalapak

Selain Tokopedia, ada juga, nih, Bukalapak yang merupakan marketplace buatan anak bangsa dengan jumlah peminat yang cukup signifikan. Kehadirannya di Indonesia membuat para warga +62 semakin antusias untuk menghabiskan uangnya dengan berbelanja melalui marketplace. Meskipun penggunanya terbilang masih belum terlalu banyak, tapi Bukalapak juga mampu bersaing, lho, dengan marketplace raksasa lainnya di Indonesia.

Nyatanya, ada sebanyak 62 juta organic search yang didapatkan oleh Bukalapak. Dengan authority score sebesar 74, Bukalapak telah berhasil menjadi salah satu marketplace tanah air yang digemari oleh masyarakat Indonesia.

5. Blibli

Marketplace yang menempati posisi terakhir sebagai destinasi jual beli online yang digemari di Indonesia adalah Blibli. Siapa sangka kalau Blibli memiliki jumlah pengguna bulanan hingga 18 juta. Sampai saat inipun aplikasi Blibli menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di Google Play dan App Store. Blibli telah muncul di search engine sebanyak 44 juta kali melalui organic search dan berhasil memboyong authority score sebanyak 74.

Itulah ulasan lengkap mengenai ranking top 5 marketplace di Indonesia. Setiap marketplace tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda tinggal menyesuaikan semuanya berdasarkan kebutuhan dan preferensi Anda sendiri. Nah, kalau Anda yang ingin memulai bisnis melalui marketplace, data statistik di atas bisa dijadikan sebagai referensi biar bisnis cuan dan anti boncos.

Selain memilih marketplace yang tepat untuk menambah penghasilan, Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan aset digital biar toko online Anda bisa memberikan keuntungan yang berlimpah. Cobalah untuk memasang iklan atau melakukan promosi di sosial media. Dijamin, deh, berbisnis bakal jadi makin mudah bersaing di pasaran.

 

Tabel Statistik Top 5 Marketplace yang Paling Digemari di Indonesia (Bulan Mei 2022)

Marketplace Statistics
No Nama Authority Score Organic Search
1. Tokopedia 79 236.3 M
2. Shopee 80 121.7 M
3. Lazada 76 46.1 M
4. Bukalapak 74 62 M
5. Blibli.com 74 44.6 M

Sumber: SEMRush

Sukseskan Bisnis Anda di Marketplace Bersama DiPStrategy!

Sudah mengiklankan toko online Anda tapi penjualan belum naik juga? DiPStrategy Digital agency jakarta solusinya! Pasang iklan anti boncos di Google atau Facebook sangat mudah Anda wujudkan kalau Anda bekerjasama dengan DiPStrategy. Selain itu, kami juga menyediakan jasa SEO optimization biar e-commerce Anda makin banyak pengunjung dan penjualan pun bisa meningkat drastis tiap bulannya.

Mau menaikkan angka penjualan melalui promosi sosial media? Bisa banget! DiPStrategy juga menyediakan jasa social media management dengan fasilitas-fasilitas yang pastinya bikin bisnis Anda makin cuan. Tunggu apalagi? Hubungi DiPStrategy sekarang juga!

Recent Post

Krisno Wisnuadi Written by:

A seasoned digital practitioner with more than 12 years of progressive experiences in the Creative and Digital industry, serving as Designer, Game Designer /Programmer, Web Analyst, Project Manager, Creative Development Manager, Head of Online Services, and Managing Director.