7 Ide Campaign Ramadhan

7-ide-campaign-ramadhan-dipstrategy-digital-agency-jakarta-digital-agency-indonesiaRamadhan 2022 sebentar lagi, nih. Perusahaan Anda sudah siap menyambutnya belum? Mengadakan campaign menjadi salah satu cara menarik untuk menyambutnya bulan suci. Selain itu, campaign ramadhan juga bisa menjadi strategi meningkatkan penjualan. Yuk, persiapkan ide campaign ramadhan Anda untuk memajukan bisnis Anda ke arah yang lebih baik!

Apa Itu Campaign?

Kata campaign atau kampanye pasti sudah sangat familiar di telinga Anda, ya. Tapi, Anda sudah tahu belum apa itu campaign? Campaign merupakan salah satu faktor penting dalam membentuk identitas perusahaan Anda. Melakukan campaign bagi bisnis dapat membantu untuk membedakan bisnis Anda dengan pegiat bisnis lainnya.

Salah satu strategi marketing adalah campaign. Campaign bisa dilakukan dengan cara mempromosikan produk atau jasa melalui berbagai macam media seperti koran, radio, televisi, media digital seperti sosmed atau media lainnya. Anda bisa menggunakan campaign sebagai metode untuk meningkatkan penjualan, lho. Aktivitas pemasaran bisa jadi lebih aktif dan efisien kalau Anda mengadakan campaign.

Dalam mempromosikan produk, campaign bisa Anda lakukan pada momen-momen tertentu seperti bulan suci ramadhan. Ide campaign ramadhan tentu Anda butuhkan kalau Anda berencana untuk meningkatkan penjualan di bulan ramadhan. Kira-kira, apa saja ya manfaat campaign ramadhan untuk kelangsungan bisnis Anda? Yuk, simak ulasannya di sini, ya!

Baca Juga : 4 CONTOH IDE CAMPAIGN RAMADHAN YANG UNIK DAN LUCU DARI BRAND TERNAMA DI INDONESIA

Manfaat Campaign Ramadhan bagi Bisnis

Siapa sangka melakukan strategi marketing menggunakan campaign bisa menjadi peluang peningkatan penjualan yang sangat berpotensi? Mau tahu apa saja yang bisa Anda dapatkan kalau mengadakan campaign ramadhan bagi bisnis? Berikut selengkapnya.

1. Menaikkan Brand Awareness

Meskipun produk yang Anda jual tidak memiliki pengaruh signifikan di bulan ramadhan, namun ikut berpartisipasi dalam momen tersebut bisa membuat brand Anda semakin dikenal oleh masyarakat luas, lho. Melalui campaign ramadhan, Anda bisa dengan mudah meningkatkan brand awareness dan menjangkau target pasar Anda.

2. Memberikan Leads yang Mumpuni

Ketika brand Anda sudah dikenal masyarakat, maka akan semakin banyak pula orang yang mencari tahu tentang perusahaan Anda melalui medsos atau website perusahaan. Dengan begitu, leads Anda pun akan meningkat. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda harus bisa membuat campaign ramadhan yang menarik dan unik sehingga mampu membuat audiens penasaran dengan produk yang Anda jual.

3. Angka Penjualan yang Meningkat

Kalau leads sudah meningkat, maka potensi penjualan Anda meningkat juga semakin tinggi. Meningkatnya penjualan di bulan ramadhan tentulah sebuah hal yang sangat lumrah apalagi kalau Anda mengadakan campaign ramadhan.

Itu dia yang bisa Anda dapatkan kalau Anda membuat campaign ramadhan buat bisnis Anda. Bagi Anda yang butuh inspirasi untuk membuat campaign ramadhan, langsung aja, nih, simak ide campaign ramadhan menarik di bawah ini yang bisa bikin penjualan produk Anda semakin meningkat.

Baca Juga : 4 STRATEGI DAN IDE DIGITAL MARKETING CAMPAIGN DI BULAN RAMADHAN

Ide Campaign Ramadhan yang Bisa Anda Ikuti

Berikut adalah ide campaign ramadhan untuk promosi produk Anda.

1. Flash Sale Sahur

Flash sale bisa dilakukan di beberapa waktu tertentu seperti sahur misalnya. Flash sale saat sahur bisa Anda terapkan sebagai salah satu cara cepat meningkatkan penjualan pada saat bulan ramadhan.

2. Buat Jingle Ramadhan

Membuat jingle khusus untuk bulan ramadhan bagi brand Anda terbukti bisa meningkatkan brand awareness, lho. Dengan jingle yang menarik dan unik, calon konsumen akan dengan mudah mengenali dan mengingat brand Anda.

Contoh campaign ramadhan oleh brand yang sukses meningkatkan brand awareness adalah iklan sirup Marjan. Setiap bulan ramadhan, Marjan berhasil menjadi primadona sirup di kalangan masyarakat karena campaign ramadhan nya yang selalu memiliki ciri khas tersendiri.

3. Promo Diskon Selama Ramadhan

Promo musiman pada saat bulan-bulan tertentu bisa dibilang sebagai marketing campaign yang mampu mendobrak angka penjualan. Karena promo diskon hanya dilakukan selama bulan ramadhan saja, maka para calon pelanggan pun akan semakin menggebu-gebu untuk melakukan pembelian.

Baca Juga : 4 CONTOH IDE CAMPAIGN RAMADHAN YANG UNIK DAN LUCU DARI BRAND TERNAMA DI INDONESIA

4. Video Religi

Selain promosi produk melalui marketplace, Anda juga bisa membuat campaign berbentuk video religi yang memuat suasana ramadhan sebagai konten utamanya. Anda juga bisa, lho, mengajak calon pelanggan untuk berpartisipasi dalam pembuatan video religi biar brand Anda semakin dikenal oleh masyarakat luas.

5. Podcast Saat Menunggu Jam Buka

Di bulan ramadhan, orang berbondong-bondong mencari aktivitas di kala menunggu adzan maghrib. Nah, membuat podcast ngabuburit cocok, nih, buat Anda jadikan ide campaign ramadhan. Media pembuatan content marketing tentulah tidak terbatas. Jadi, melalui podcast pun Anda bisa membuat campaign ramadhan.

6. Story Telling

Story telling juga bisa, lho, Anda jadikan campaign ramadhan. Campaign ramadhan yang satu ini bisa berupa memasang iklan dalam bentuk cerita. Media untuk memasang iklannya pun tidak terbatas pada televisi saja. Anda juga bisa mengadakan campaign ramadhan dalam bentuk story telling melalui YouTube atau berbentuk display Ads melalui Google Ads.

7. Giveaway Hampers

Ramadhan sangat erat kaitannya dengan beramal baik seperti bersedekah. Nah, sebagai pegiat bisnis yang rendah hati dan dermawan, Anda bisa mengadakan giveaway hampers atau bingkisan dengan berbagai macam pernak-pernik bernuansa ramadhan. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah menjangkau pelanggan serta meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.

Itu dia beberapa ide campaign ramadhan yang cocok buat Anda lakukan guna meningkatkan penjualan di bulan ramadhan. Sudah siap, kah, Anda mendobrak angka penjualan di bulan suci tahun ini?

DiPStrategy: Creative Digital Agency untuk Teman Campaign-mu!

Masih kesulitan mau mulai campaign ramadhan? Gak usah panik! DiPStrategy bisa membantu Anda membuat campaign melalui strategi digital marketing yang mumpuni. Dengan tim kreatif kami, Anda bisa menaikkan penjualan produk secara drastis melalui berbagai macam platform digital seperti Google Ads atau Facebook Ads. Hubungi DiPStrategy untuk pengembangan bisnis yang lebih mantap!

Konsultasi Gratis

Recent Post

Virky Realdy Written by:

Sebagai pria tangguh dengan rute harian Antar Kota Antar Propinsi, drama kehidupan perkotaan menjadi santapan sehari-harinya. Virky memegang posisi Head of Digital Support di Dipstrategy dan Product Owner dari Deepmail.