4 Contoh Ide Campaign Ramadhan yang Unik dan Lucu dari Brand Ternama di Indonesia

Last updated on March 9

4-contoh-ide-campaign-ramadhan-yang-unik-dan-lucu-dari-brand-ternama-di-indonesiaMemanfaatkan momen ramadhan untuk meningkatkan penjualan bisa dilakukan melalui pembuatan campaign ramadhan. Anda yang ingin membuat campaign ramadhan harus banyak-banyak, nih, mencari contoh campaign ramadhan dari brand-brand besar yang bisa dijadikan sebagai referensi. Mau tahu apa saja ide campaign yang bisa Anda contek dari perusahaan-perusahaan berskala besar? Baca terus artikel ini sampai habis, ya!

Manfaat Campaign Ramadhan

Sebelum memulai campaign ramadhan Anda, Anda tentunya perlu mengetahui Manfaat apa saja yang bisa diberikan ketika Anda memulai campaign. Semuanya harus Anda ketahui mulai dari A sampai Z. Untuk itu, langsung aja simak dampak dari diadakannya campaign ramadhan!

1. Meningkatkan Penjualan di Platform Online

Antusiasme masyarakat dalam menyambut bulan suci tentu saja sudah bukan menjadi rahasia lagi. Pasalnya, selama menjalankan puasa, masyarakat berbondong-bondong untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Di masa pandemi seperti ini, banyak banget orang yang lebih memilih untuk belanja kebutuhannya secara online, lho. Dengan begitu, bagi Anda yang punya toko online, penjualan Anda bisa meningkat kalau Anda mengadakan campaign ramadhan.

2. Meningkatkan Traffic dan Leads

Fakta lainnya yang mungkin Anda belum ketahui adalah meningkatnya pencarian topik-topik seputar ramadhan di mesin pencari. Tingginya angka pencarian ini bisa Anda jadikan peluang untuk membuat campaign ramadhan. Anda bisa mempromosikan brand atau produk Anda melalui iklan dengan tema ramadhan.

Campaign yang menarik bisa membuat orang penasaran sehingga semakin mencari-cari seluk beluk tentang bisnis Anda dengan mengunjungi website atau medsos Anda. Dengan demikian, jumlah traffic dan leads perusahaan pun bakal melonjak naik, deh!

3. Peningkatan Brand Awareness

Dampak lainnya yang bisa diberikan oleh pengadaan campaign ramadhan adalah meningkatnya brand awareness. Campaign lucu dan unik yang mampu merepresentasikan identitas bisnis Anda, terbukti bisa membuat brand Anda semakin terkenal, lho. Cobalah untuk menuangkan ciri khas tersendiri ke dalam konten campaign, sehingga masyarakat pun akan terus mengingat brand Anda.

Baca Juga : 4 IDE CAMPAIGN DI BULAN RAMADHAN

Contoh Campaign Ramadhan

Setelah mengetahui dampak apa saja yang bisa diberikan oleh campaign ramadhan, Anda pasti sudah gak sabar, dong, ingin membuat campaign Anda sendiri. Biar campaign yang Anda buat bisa berhasil mendongkrak angka penjualan, jadikan ide campaign ramadhan di bawah ini sebagai referensi, yuk!

1. Campaign Ramadhan SiCepat (Ketupat)

ide-campaign-ramadhan-sicepat-dipstrategy-digital-agency-jakarta
Instagram: sicepat_ekspres

Salah satu contoh campaign ramadhan yang bisa Anda ikuti jejaknya adalah campaign SiCepat yang diberi nama Ketupat (Kejutan Tunai SiCepat). Campaign ini merupakan bentuk campaign kolaborasi antara SiCepat dengan platform jual beli online Tokopedia.

Campaign ini ditujukan untuk para Tokopedia Seller yang mengaktifkan layanan SiCepat Halu di tokonya. Dengan mengikuti campaign ini, seller akan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah dengan total miliaran rupiah.

 

2. Blibli Cerita Hikmah Ramadhan

ide-campaign-ramadhan-blibli-dipstrategy-digital-agency-jakarta
Instagram: Bliblidotcom

Mirip dengan SiCepat, campaign Blibli juga merupakan campaign yang memberikan calon pelanggannya hadiah dengan total voucher hingga Rp 15 juta. Campaign ramadhan dari Blibli yang berjudul Cerita Hikmah Ramadhan ini mengajak audiens untuk membagikan ceritanya selama bulan ramadhan. Cerita yang paling menarik akan dipilih untuk dijadikan pemenang.

 

3. Campaign Ramadhan Gojek

ide-campaign-ramadhan-gojek-dipstrategy-digital-agency-jakarta
Instagram: Gojek Indonesia

Gak mau kalah sama SiCepat dan Blibli, Gojek juga membuat campaign untuk ikut berpartisipasi dalam menyambut bulan suci ramadhan. Tapi, campaign Gojek agak berbeda, nih, dengan campaign ramadhan pada umumnya. Pasalnya, bukannya menampilkan kehangatan bulan ramadhan, Gojek justru menawarkan kebalikannya.

Campaign Gojek di bulan ramadhan tahun lalu dibuat seakan-akan “mencemooh” iklan ramadhan lainnya yang biasanya memiliki nuansa nostalgia atau kebahagiaan. Meskipun demikian, dengan menyisipkan jokes receh ke dalam iklannya, Gojek berhasil meningkatkan leads karena iklannya yang unik dan menghibur.

Baca Juga : 9 STRATEGI & CARA MENDAPATKAN LEADS GENERATION

4. Campaign Ramadhan Kopi Kenangan

ide-campaign-ramadhan-kopi-kenangan-dipstrategy-digital-agency-jakarta
Instagram: kopikenangan.id

Sama seperti brand lainnya, Kopi Kenangan juga ikutan, nih, berpartisipasi untuk memeriahkan bulan ramadhan. Di campaign Kopi Kenangan yang bertajuk Kenangan Kareem ini, audiens dan calon pelanggan Kopi Kenangan diajak untuk membeli beberapa menu pilihan saat sahur.

Nah, itu dia beberapa contoh campaign ramadhan yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuat campaign. Media pembuatan campaign, ide kreatif dan konten campaign ramadhan tidak terbatas selama campaign yang Anda buat tidak menyalahi norma-norma yang berlaku. Kalau Anda ingin campaign manjur bikin penjualan meningkat, pastikan Anda sudah menentukan target pasar yang dituju serta apa tujuan dari dibuatnya campaign.

Jangan lupa juga untuk menuangkan ide-ide unik biar campaign ramadhan Anda bisa dinikmati oleh masyarakat luas dan brand Anda pun akan semakin mudah untuk diingat.

Tingkatkan Penjualan Anda Melalui Campaign bersama DiPStrategy!

Udah bikin campaign ramadhan tapi penjualan masih segitu-gitu aja? Tenang! DiPStrategy bisa membantu Anda untuk membuat campaign dengan content marketing yang berkualitas. Selain itu, Anda juga bisa menyerahkan social media management kepada DiPStrategy biar jangkauan target audiens untuk campaign Anda jadi makin luas! Yuk, hubungi DiPStrategy sekarang biar bisnis makin efisien!

Konsultasi Gratis

 

Recent Post

Virky Realdy Written by:

Sebagai pria tangguh dengan rute harian Antar Kota Antar Propinsi, drama kehidupan perkotaan menjadi santapan sehari-harinya. Virky memegang posisi Head of Digital Support di Dipstrategy dan Product Owner dari Deepmail.