Top 15 Website Builder (CMS) Lengkap dengan Review!

Bingung sama cara membuat website dan pusing mencari-cari CMS yang cocok? Tenang! Anda sudah datang ke tempat yang tepat. Di sini, DiPStrategy akan membahas top 15 website builder alias CMS lengkap sama reviewnya!

Apa Itu CMS?

CMS atau Content Management System adalah sebuah software yang memungkinkan Anda untuk membuat website hingga mengelola konten untuk website itu sendiri. Jika Anda sudah menelusuri cara membuat website, pasti Anda tahu, dong kalau dalam membuat situs web secara manual membutuhkan keahlian programming seperti harus menguasai HTML atau JavaScript.

Nah, lain halnya kalau Anda menggunakan CMS. Dengan platform CMS, Anda gak perlu lagi melakukan coding atau mempelajari programming. Cukup dengan satu software saja, Anda sudah bisa membuat website sendiri.

Baca Juga: Pilih Website Developer Freelance atau Perusahaan?

 

CMS Terbaik untuk Website Anda

Bagi Anda yang gak mau ribet membuat website dari 0, ada banyak website builder yang bisa Anda gunakan gratis, lho. Yuk, intip CMS apa saja yang punya keunggulan untuk bikin website makin menarik!

Baca Juga: 7 Referensi Design Website Top Di Indonesia

1. WordPress.org

CMS yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya. 43% website yang ada di internet menggunakan WordPress.org sebagai CMS-nya. Mau tahu kenapa? WordPress memiliki banyak fitur bermanfaat yang berguna untuk membuat bermacam-macam jenis laman web seperti web untuk online shop, situs penggalangan dana, website untuk membership merek, dan lain sebagainya. Website developer Jakarta sering menggunakan wordpress untuk pembuatan website.

2. HubSpot CMS Hub

Mirip dengan WordPress, HubSpot memiliki fitur-fitur website builder yang cukup memadai. Bedanya, HubSpot memiliki target pasar yang lebih spesifik, yaitu didesain khusus untuk para marketer dan pemilik bisnis.

3. Joomla

Joomla juga menjadi salah satu CMS paling terkenal, nih setelah WordPress. Fitur Joomla bisa Anda gunakan secara cuma-cuma alias gratis! Tapi, untuk bisa pakai Joomla, Anda mungkin akan membutuhkan web hosting dan domain name.

Baca Juga: Perbedaan Website E-commerce dengan Website Company

4. WooCommerce

Seperti namanya, WooCommerce didedikasikan untuk para pemilik bisnis yang ingin terjun ke dunia digital dengan membuka e-commerce. WooCommerce hadir dengan fitur-fitur khusus bisnis dan semuanya bisa Anda akses secara gratis atau berlangganan untuk beberapa bulan.

5. Drupal

Open-source CMS yang satu ini kerap digunakan oleh website-website formal seperti The Economist dan beberapa website universitas. Drupal cocok banget untuk para developer yang memang memiliki tujuan pembuatan website sebagai tempat mengelola data-data perusahaan.

Baca Juga: 10 Tools untuk Membuat Website Menjadi Lebih Responsive

6. Wix

Buat pemula yang baru ingin punya website, cara bikin website yang paling mudah adalah menggunakan CMS Wix. Kenapa? Karena Wix punya fitur-fitur simpel yang mudah dimengerti dan dioperasikan.

7. BigCommerce

Platform BigCommerce menyediakan jasa membuat website bisnis yang dilengkapi dengan full hosting dan CMS. BigCommerce juga menyediakan metode pembayaran yang beragam banget seperti PayPal, Apple Pay, Amazon Pay, dan masih banyak lagi.

8. Shopify

Kalau Anda punya offline store dan ingin buka online store dalam bentuk website, Shopify cocok banget untuk Anda. Gak perlu install ini itu, cukup dengan satu web hosting saja, Anda sudah bisa punya online store sendiri di Shopify!

Baca Juga: Website Developer Jakarta dan Jasa yang Disediakan

9. Ghost

Hobi menulis dan ingin punya web sendiri? Salurkan semuanya via Ghost. CMS yang satu ini memang dikhususkan untuk Anda yang suka blogging. Kalau ingin tulisan Anda masuk ranking Google, Ghost juga hadir dengan fitur SEO yang bisa Anda manfaatkan.

Baca Juga: OPTIMASI WEBSITE: CARA BUAT WEBSITE HALAMAN PERTAMA GOOGLE DENGAN METODE EAT YANG DISUKAI GOOGLE

10. Magento

Magento adalah platform e-commerce yang akan memudahkan Anda meng-upload produk hingga menangani konsumen bisnis Anda. Nilai plusnya, Magento punya free version yang bisa Anda nikmati.

11. Textpattern

Textpattern adalah salah satu CMS yang punya UI/UX dengan tampilan super simple. Meskipun simple, tapi fiturnya bisa membuat blog Anda punya tampilan yang menarik, karena Textpattern punya banyak free template dan plugin.

12. Blogger

Siapa, sih yang gak tahu platform CMS ini? Yap. Ketenaran Blogger di jagad internet sudah bukan rahasia lagi. Blogger digemari para penggunanya bukan tanpa alasan, tapi karena blogger hadir dengan berbagai macam kelebihan seperti gadget, blocks, space yang luas, static pages yang banyak, dan lain sebagainya.

13. Bitrix24

Bitrix24 adalah CMS yang memiliki banyak manfaat buat pegiat bisnis, karena Bitrix24 disertai fitur pengelolaan bisnis, seperti fitur-fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat project, berkomunikasi dengan konsumen, hingga CRM.

Baca Juga MANFAAT TRANSFORMASI DIGITAL BAGI PERUSAHAAN & PELAKU BISNIS

14. TYPO3

Siapa sangka CMS yang satu ini umurnya lebih tua dari pada blogger? Hadir sejak 1999, TYPO3 sudah menjadi CMS langganan para pebisnis untuk website internal perusahaan. TYPO3 juga cocok untuk website yang punya berbagai laman dengan bahasa yang berbeda-beda.

15. WordPress.com

WordPress.com dan WordPress.org sebenarnya punya banyak perbedaan, lho. WordPress.org didesain khusus untuk blogging, tapi seiring berjalannya waktu, WordPress.org digunakan berbagai macam website hingga online store. Nah, kalau WordPress.com platform hosting blog all-in-one yang membebaskan Anda memiliki domain sendiri.

Baca Juga: 7 Referensi Design Website Top Di Indonesia

DiPStrategy: CMS Developer Jakarta Terbaik

Sudah nonton tutorial bikin website, tapi masih belum paham juga? Masih banyak cara lain, kok. Anda bisa bekerja sama dengan web agency Jakarta seperti DiPStrategy untuk membuat website atau mengembangkan website yang sudah Anda punya.

Menggunakan jasa dari web design agency atau website developer Jakarta bisa menaikkan traffic hingga leads, lho. Gak percaya? Yuk, coba hubungi DiPStrategy sekarang!

Recent Post

Virky Realdy Written by:

Sebagai pria tangguh dengan rute harian Antar Kota Antar Propinsi, drama kehidupan perkotaan menjadi santapan sehari-harinya. Virky memegang posisi Head of Digital Support di Dipstrategy dan Product Owner dari Deepmail.