5 Tips Ampuh untuk Membuat Iklan Ramadhan yang Menarik

Last updated on September 20

Tahu gak kalau di Asia Tenggara ada sebanyak 240 juta muslim yang merayakan bulan ramadhan? Nah, karena jumlah masyarakat muslim yang banyak ini, Ramadhan menjadi salah satu momen periklanan terbesar di setiap tahunnya.

Kalau gitu, kira-kira apa, ya, cara terbaik untuk para pelaku bisnis biar bisa menjangkau konsumen di bulan suci? Pada artikel ini akan dibahas tips apa saja yang perlu Anda ikuti untuk membuat iklan ramadhan yang menarik. Tapi, sebelumnya kita bahas dulu, yuk, apa saja langkah membuat iklan ramadhan yang mampu menarik perhatian calon pelanggan. Check this out!

Langkah Membuat Iklan Ramadhan

Ramadhan merupakan bulan pada kalender hijriah yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Selama bulan ramadhan, kebiasaan rata-rata umat muslim berubah 85 derajat dikarenakan adanya kewajiban untuk menahan lapar dan haus. Selain itu, beberapa orang juga menyambut ramadhan dengan membeli kebutuhannya hingga hari raya. Nah, dengan ada fakta ini, sebagai pegiat bisnis yang cerdas, Anda harus bisa memanfaatkan momen ramadhan.

Iklan ramadhan menjadi salah satu sarana komunikasi antara penjual dan pembeli yang terpercaya ampuh untuk bikin brand Anda semakin dikenal khalayak luas. Lalu, bagaimana cara untuk membuat iklan ramadhan yang menarik? Yuk, simak langkahnya!

Manfaatkan 5 Detik Pertama untuk Memperkenalkan Merek

Salah satu tujuan beriklan adalah meningkatkan brand awareness. Tak kenal maka tak sayang, bukan? Nah, sebelum Anda meningkatkan penjualan, Anda perlu memperkenalkan brand Anda terlebih dahulu di iklan yang Anda buat. Manfaatkan 5 detik pertama untuk menunjukkan merek Anda agar audiens yang menonton iklan bisa langsung mengidentifikasi dan mengingat brand Anda.

Gunakan 10 Detik Pertama untuk Menunjukkan Produk

Kemudian, Anda bisa menampilkan produk Anda di 5 detik selanjutnya. Jadi, setelah brand diperkenalkan, silakan Anda masukkan produk ke dalam frame iklan. Jangan lupa untuk memberikan visual yang menarik, ya!

Ada Storytelling

Ciri khas dari iklan ramadhan adalah adanya storytelling. Menjual produk melalui cerita bisa menjadi salah satu metode ampuh bagi penjual untuk menyampaikan pesan lebih dalam kepada calon pelanggan, lho.

Itu dia beberapa langkah membuat iklan ramadhan yang bisa Anda jadikan patokan untuk memulai campaign. Kalau sudah tahu cara membuat iklan ramadhan yang baik dan benar, sekarang ikuti, yuk, tips membuat iklan ramadhan yang jitu menarik perhatian pembeli dan meningkatkan penjualan!

Baca Juga : 10 JENIS COPYWRITING KREATIF NAN EFEKTIF

Tips Membuat Iklan Ramadhan, Wajib Coba!

Membuat iklan ramadhan memang tidak semudah kedengarannya. Tapi, dengan tips-tips berikut, Anda bisa memiliki iklan ramadhan yang mampu menarik perhatian target pasar. Simak ulasannya berikut ini.

Gunakan Tren Emosional

Iklan ramadhan identik dengan iklan yang sangat emosional dibandingkan dengan iklan pada umumnya. Contohnya pada tahun 2020, konten iklan ramadhan terasa lebih mengharukan dibandingkan iklan-iklan lainnya di Asia Tenggara.

Dari grafik di atas, 3 emosi teratas yang sering muncul pada iklan ramadhan adalah kebahagiaan, nostalgia, ran kehangatan. 3 emosi ini sering banget muncul berulang-ulang di iklan ramadhan. Namun, kehadiran 3 emosi tersebut di dalam iklan berhasil meningkatkan ingatan brand, keinginan konsumen untuk membeli, dan kesadaran merek.

Nah, sebagai tipsnya, nih, bagi Anda yang mau bikin iklan ramadhan yang lebih efektif, coba, deh buat iklan dengan tambahan emosi lain seperti kekaguman atau kegembiraan. Dengan meningkatkan kreatifitas dan menjadi berbeda daripada yang lain, bisa membuat brand Anda semakin dikenal, lho.

Sampaikan Pesan Melalui Cerita Ramadhan yang Menarik

Karena iklan ramadhan identik dengan cerita, maka Anda harus bisa membuat iklan yang mampu merepresentasikan bulan suci. Apalagi di masa pandemi seperti ini, maka Anda harus memperhatikan dampaknya terhadap perayaan ramadhan.

Banyak brand yang sudah menemukan cara-cara kreatif untuk mendorong audiens agar selalu menjaga kesehatan selama bulan ramadhan. Nah, kini saatnya Anda juga melakukannya.

Baca Juga : 4 CONTOH IDE CAMPAIGN RAMADHAN YANG UNIK DAN LUCU DARI BRAND TERNAMA DI INDONESIA

Pastikan Brand Anda Menjadi yang Paling Menonjol

Meskipun bermain dengan emosi konsumen terbukti ampuh meningkatkan brand awareness, tapi beberapa brand justru melupakan untuk memperkenalkan brandnya, sehingga brand recall pun menjadi turun.

Untuk mengatasi hal ini dan membuat brand Anda semakin diingat calon konsumen, pastikan logo brand Anda terpampang dengan jelas di awal iklan. Dengan begitu, audiens akan langsung mengenali brand Anda.

Kaitkan Brand Anda dengan Perayaan Ramadhan

Cobalah untuk memberikan audiens Anda kejutan dan informasi menarik dengan cara yang unik. Contoh, kalau Anda menjual produk kecantikan, Anda bisa memberikan konten iklan berupa tips menjaga kesehatan kulit selama bulan ramadhan. Atau misalkan bisnis Anda bergerak di industri teknologi, maka cobalah untuk membuat iklan yang memungkinkan orang-orang tetap terhubung selama bulan ramadhan menggunakan produk Anda.

Pastikan Anda Berada di Jalur yang Tepat

Sudah tahu apa saja yang harus ditampilkan di iklan ramadhan Anda? Kini saatnya Anda menyatukan semuanya. Kalau masih belum yakin dengan iklan yang Anda buat, Anda bisa melakukan percobaan terlebih dahulu. Lakukan evaluasi setelah hasil iklan sudah muncul, kemudian perbaiki hal-hal yang sekiranya perlu untuk diperbaiki agar performa iklan semakin mantap.

Gimana? Sudah siap untuk mendobrak pasaran dengan ikut bersaing menggunakan iklan ramadhan? Jadikan bulan suci sebagai kesempatan Anda untuk menghasilkan cuan yang lebih banyak, yuk!

Iklan Ramadhan Ampuh? DiPStrategy Solusinya!

Anda yang mau bikin iklan ramadhan tapi gak mau repot, gabung bareng DiPStrategy aja! Tim kami akan membuatkan Anda iklan ramadhan yang manjur untuk menaikkan penjualan. Mau pasang iklan di Google Ads atau Facebook Ads? Bisa! DiPStrategy juga bakal memberikan Anda pelayanan digital ads 360 derajat yang dijamin efektif untuk bisnis Anda! Yuk, gabung sekarang!

Konsultasi Gratis

Recent Post

Virky Realdy Written by:

Sebagai pria tangguh dengan rute harian Antar Kota Antar Propinsi, drama kehidupan perkotaan menjadi santapan sehari-harinya. Virky memegang posisi Head of Digital Support di Dipstrategy dan Product Owner dari Deepmail.