10 Konten Instagram yang Terbukti Bisa Menaikkan Engagement Instagram-mu

Last updated on November 7

Mensukseskan bisnis yang kamu rintis di era serba digital ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Platform digital seperti Instagram bisa kamu manfaatkan untuk menaikkan penjualan, lho. Caranya, kamu bisa menaikkan engagement Instagram kamu agar semakin banyak konsumen potensial yang tertarik untuk membeli produk yang kamu jual. Yuk, simak ide konten Instagram di artikel ini untuk terus menaikkan engagement rate mu!

Baca Juga MANFAAT TRANSFORMASI DIGITAL BAGI PERUSAHAAN & PELAKU BISNIS

Kenapa Harus Menaikkan Engagement Rate Instagram? Apa Pentingnya?

Dalam dunia digital marketing, istilah engagement rate Instagram bukanlah hal yang asing lagi. ER Instagram atau Instagram engagement adalah matriks yang digunakan para marketer untuk mengukur seberapa besar keterlibatan audiens terhadap konten-konten yang di-upload ke Instagram.

Lalu, kenapa pebisnis perlu menaikkan engagement Instagram? Secara garis besarnya, kalau konten Instagram kamu memiliki engagement yang bagus, berarti kamu sudah berhasil membuat konten yang mampu menarik perhatian audiens.

Baca Juga: 5 CARA MENAIKKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM

Nah, audiens inilah yang nantinya akan menjadi calon pelanggan kamu. Semakin menarik konten yang kamu buat, maka akan semakin besar juga peluangmu untuk mendapatkan konsumen potensial.

Pentingnya Social Media Management

Cara menaikkan engagement Instagram dan sosial media lainnya tidak lepas dari pengelolaan sosial media yang baik. Mengetahui cara menghitung engagement rate sangat diperlukan jika kamu ingin menaikkan ER.

Tapi, kalau kamu ingin mendapatkan engagement rate yang maksimal, diperlukan keahlian khusus. Di sinilah kamu akan merasakan pentingnya manajemen social media.

Social media management bukan hanya soal mengelola sosial media agar enak dipandang saja melainkan juga untuk meningkatkan penjualan melalui konten-konten yang dibuat.

Dengan social media management, kamu bisa menganalisis kekurangan dan kelebihan dari konten yang sudah diposting. Setelah itu, baru, deh kamu bisa menyusun strategi konten yang selanjutnya agar audiens bertambah dan engagement pun semakin naik.

Mau Menaikkan Engagement Rate? Jadikan Ide-ide Konten Berikut sebagai Referensi!

Konten Instagram akan sangat mempengaruhi penjualan kamu. Untuk bisa meningkatkan penjualan, kamu harus memastikan dulu, nih kalau konten Instagram kamu sudah memiliki angka engagement terbaik. Lalu, kalau mau engagement-nya naik terus gimana?

Baca Juga: DIPSTATISTIK JENIS KONTEN YANG PALING SERING DINIKMATI ORANG INDONESIA

Menaikkan engagement Instagram sebenarnya tidak sesulit itu, kok. Yang paling penting adalah kamu harus bisa membuat konten yang mampu menarik perhatian setiap audiens yang melihatnya. Konten IG apa saja yang bisa bikin audiens tertarik? Bagaimana cara membuat konten Instagram yang menarik? Gampang! Ikuti, yuk ide konten Instagram 2022 di bawah ini!

1. Quiz/Giveaway

Siapa, sih yang gak suka hadiah gratis? Mengadakan quiz atau giveaway dengan hadiah yang menarik sudah terbukti bisa menaikkan engagement. Selain memberikan hadiah menarik, jangan lupa juga berikan syarat giveaway dan quiz yang bisa menghasilkan profit untuk akun Instagram mu.

2. Q&A di Instastory

Ide konten Instagram Story yang satu ini juga bisa kamu ikuti. Buatlah pertanyaan tentang apa saja yang relate dengan produk jualanmu, lalu ajak followers untuk menjawab pertanyaan sebanyak-banyaknya. Jangan lupa juga untuk repost setiap jawaban yang sudah diberikan, ya!

3. Ikuti Trend Instastory

Di Instagram Story ada banyak fitur yang bisa kamu gunakan. Nah, yang sekarang lagi ngetren banget itu ada sticker “Add yours” di Instastory. Kamu bisa meng-upload foto/video di story kamu dan menambahkan stiker “Add yours” untuk mengajak followers kamu meng-upload story yang sama. Dengan stiker ini, Instagram kamu juga bisa mendapatkan eksposur tambahan, lho.

4. Kolaborasi dengan Influencer

Kamu juga bisa menggaet influencer untuk berkolaborasi. Bentuk kolaborasinya juga bisa bermacam-macam seperti membuat produk baru bersama, endorse, atau review produk.

Baca Juga: 5 CARA TERPRAKTIS MEMILIH INFLUENCER YANG TEPAT

5. Kolaborasi IG Live bersama Influencer

Next, kamu bisa ajak influencer untuk live IG bareng brand kamu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan audiens tambahan dari followers si influencer.

6. Membuat Konten yang sedang Viral

Inspirasi konten Instagram yang selanjutnya adalah dengan riding the wave alias membuat konten yang sedang viral. Misal, brand kamu bergerak di industri fashion, kamu bisa membuat konten seputar review produk yang bisa kamu kaitkan dengan trend fashion cowok mamba, cewek kue, cewek bumi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: TERKUAK! INI 9 RAHASIA STRATEGI TIKTOK UNTUK BISNIS DARI DIGITAL AGENCY JAKARTA

7. Membuat IG Reels

Instagram Reels juga bisa menaikkan engagement Instagram kamu, lho. Biar viewers reels kamu banyak, kamu bisa menggunakan sound yang lagi viral di IG reels. Dengan begitu, reels yang kamu buat juga lebih potensial masuk explore page.

8. Membagikan User-Generated Content

Simple-nya, kamu bisa ajak orang-orang untuk memposting brand kamu, lalu kamu repost semua postingan feed atau Instastory yang sudah diposting oleh audiens kamu ke akun Instagram bisnismu.

9. Polling di Instastory

Contoh konten Instagram yang interaktif salah satunya adalah melakukan polling di Instastory. Dengan polling, kamu bisa mengajak followers untuk berpartisipasi memberikan suara pada polling yang kamu buat.

10. Post Konten Humor/Receh

Tahu gak konten apa yang menarik perhatian audiens paling banyak? Ya! Konten yang disisipi humor receh terbukti, lho bisa menaikkan engagement. Dengan konten humor, kamu bisa menghibur audiens dan mengajak mereka tertawa bersama karena konten yang kamu post memiliki unsur jenaka.

Tingkatkan Engagement IG mu bersama DiPStrategy

Dari ide konten di atas, kamu sekarang sudah tahu, kan apa saja jenis konten IG yang bisa kamu buat untuk menaikkan engagement? Konten-konten di atas salah satunya bisa kamu jadikan ide konten Instagram 30 hari, lho biar angka engagement bisa konsisten.

Kalau kamu merasa mengelola Instagram bisnis sendiri terlalu melelahkan, kamu bisa gunakan jasa social media management dari DiPStrategy biar konten IG lebih terpantau performanya.

Digital agency Indonesia memang ada banyak, tapi yang bisa membantu kamu menaikkan engagement dengan optimal hanya DiPStrategy! Klien kami yang lain sudah membuktikannya, lho. Kamu kapan? Hubungi DiPStrategy sekarang, yuk!

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: