4 Cara Ampuh Social Media Management yang Sering Digunakkan Agency

Last updated on November 7

Strategi digital marketing menggunakan sosial media sudah terbukti sangat ampuh untuk mencapai berbagai macam tujuan pemasaran. Fitur-fitur sosial media memungkinkan Anda untuk menyebarkan informasi dan promosi hanya dalam hitungan detik. Nah, itulah mengapa banyak orang yang menggunakan social media sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan. Mau tahu rahasia social media management yang baik? Yuk, kita bahas di sini!

Apa Itu Social Media Management?

Di era yang serba modern ini, menjalankan bisnis bukanlah hal yang terlalu sulit. Pasalnya, jika Anda ingin mempromosikan produk atau jasa atau memperkenalkan brand, semuanya bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan social media terutama facebook dan instagram.

Social media management adalah sebuah analisis perilaku audiens melalui media sosial yang dilakukan oleh perusahaan. Biasanya, tim social media strategist bersama dengan timnya akan melakukan monitoring audiens melalui konten-konten sosial media yang sudah diposting.

Tercapainya tujuan dan target digital marketing akan ditentukan dari bagaimana cara Anda mengelola media sosial Anda untuk bisnis. Penyusunan dan pengembangan strategi pemasaran yang baik setelah melakukan analisis audiens tentunya akan meningkatkan potensi Anda meraih keuntungan yang lebih besar.

Baca Juga : PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI TOOLS MARKETING BAGI PELAKU USAHA

Manfaat Social Media Management bagi Bisnis

Social media bukanlah sesuatu yang asing lagi di masyarakat. Per tahun 2022 ini, pengguna sosial media sudah mencapai hingga 191,4 juta, lho! Jadi, kalau Anda memahami bagaimana cara menggunakan media sosial dengan bijak untuk bisnis, maka privilege yang Anda dapatkan bisa banyak banget. Maka dari itu, bisnis Anda membutuhkan social media management yang baik. Apa saja manfaat social media management? Simak di bawah ini, ya!

Baca Juga: [Data Statistik] Top 5 Sosial Media yang Digemari di Indonesia

Untuk mencapai tujuan marketing yang Anda inginkan, Anda perlu memiliki manajemen social media yang baik. Jadi, apakah social media management itu?

1. Memperluas Pasar Hingga ke Seluruh Dunia

Pengguna sosial media ada di berbagai negara. Jumlahnya yang gak sedikit inilah yang menjadi keuntungan tersendiri bagi para pebisnis yang memanfaatkan sosial media untuk mengenalkan brand.

2. Bisa Dimanfaatkan sebagai CRM

Sebagai platform yang interaktif, Anda bisa dengan mudah berinteraksi langsung bersama audiens. Selain itu, media sosial juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk para pelanggan yang ingin komplain atau sekedar memberi feedback kepada perusahaan.

3. Informatif

Penyebaran informasi melalui sosial media itu cepat banget. Hanya dalam hitungan detik, Anda bisa memposting informasi apapun dan akan langsung disaksikan oleh pengguna sosmed dari berbagai penjuru dunia.

4. Gratis

Ini yang paling penting! Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan social media. Untuk memantau audiens seperti di Instagram, Anda bisa menjalankannya sendiri, karena ada fitur insight yang disediakan secara cuma-cuma. Tapi, kalau mau hasil monitoring yang lebih efektif, Anda bisa bekerja sama dengan social media agency seperti DiPStrategy!

5. Bisa Meningkatkan Penjualan

Pemanfaatan medsos untuk bisnis disertai dengan social media management yang baik akan memudahkan Anda untuk meningkatkan penjualan. Untuk hasil pengelolaan sosmed yang optimal, Anda bisa menggunakan jasa social media management dari DiPStrategy, lho.

 

Bagaimana Cara Mengelola Media Sosial dengan Baik?

Nah, kalau tadi sudah membahas manfaatnya, sekarang kita bahas, yuk bagaimana cara mengelola sosial media yang baik!

1. Tentukan Objective Bersosial Media

Menggunakan sosial media untuk bisnis bisa karena beberapa tujuan tertentu. Anda mau meningkatkan traffic? Leads? Hingga penjualan? Pengelolaan sosial media akan semakin mudah kalau Anda tahu apa yang Anda tuju.

Baca Juga: 9 Strategi & Cara Mendapatkan Leads Generation

2. Set Up Bio dengan Informatif dan Lengkap

First impression itu penting banget. Kalau di sosmed, bio adalah hal pertama yang akan dilihat oleh calon pelanggan Anda. Jadi, pastikan Anda menuliskan bio di profil medsos dengan informatif dan lengkap, ya!

Baca Juga: 3 Alternatif Tools Selain Linktree Lengkap dengan Review

3. Buat Konten yang Menarik dan Relevan

Apa yang Anda posting di medsos akan mempengaruhi tingkat minat pembeli Anda. Nah, membuat konten yang menarik bisa Anda lakukan dengan cara membuat content pillar terlebih dahulu

Pastikan juga untuk tidak membuat konten yang menyimpang. Misal, target marketing Anda adalah remaja, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana penggunaan media sosial yang baik dan aman untuk remaja agar konten relevan dan tidak melanggar kebijakan privasi.

Baca Juga: DIPSTATISTIK JENIS KONTEN YANG PALING SERING DINIKMATI ORANG INDONESIA

4. Meningkatkan Engagement

Mendapatkan performa konten yang maksimal bisa Anda wujudkan melalui posting konten-konten yang bisa meningkatkan engagement rate. Tapi, untuk bisa meningkatkan penjualan, Anda juga perlu meningkatkan engagement dengan menghitung engagement rate dengan benar dan seksama. Jangan lupa juga untuk aktif berinteraksi dengan audiens melalui DM atau komentar.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari manajemen sosial media. Pemanfaatan sosial media yang baik dan benar akan memberikan Anda berbagai macam privilege jika social media management yang Anda terapkan sudah sesuai dengan tujuan pemasaran Anda. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 CARA MENAIKKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM

Bikin Sosmed Perusahaan Makin Eksis bersama DiPStragey!

Engagement rate Instagram segitu-gitu aja? Mau menarik perhatian audiens tapi bingung bikin konten apa? Serahkan semuanya kepada DiPStrategy! Sebagai digital agency Indonesia yang sudah berpengalaman bertahun-tahun, DiPStrategy punya tim profesional yang akan mengelola sosmed perusahaan Anda jadi lebih berwarna.

DiPStrategy akan melakukan pemantauan audiens dan kinerja konten dengan sistematis untuk pengembangan strategi marketing yang lebih optimal. Yuk, hubungi DiPStrategy sekarang!

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: