Stop! Jangan Lakukan Ini Saat Livestreaming TikTok! Risiko Banned PERMANEN

Last updated on January 1

Menghasilkan keuntungan untuk bisnis bisa Anda lakukan di sosial media mana saja termasuk platform berbagi video TikTok. Di TikTok, Anda bisa berjualan di TikTok Shop dan melakukan livestreaming TikTok untuk mempromosikan produk-produk Anda. Melakukan promosi melalui live streaming sudah terbukti ampuh, lho meningkatkan penjualan.

Meskipun live streaming di TikTok mudah dan dapat dilakukan oleh pebisnis manapun, namun Anda harus senantiasa berhati-hati, karena ada syarat livestreaming TikTok dan kebijakan tertentu yang perlu Anda patuhi. Kalau kebijakan privasi dari TikTok Live tidak Anda ikuti, akibatnya, akun Anda bisa terkena banned permanen, lho.

Mau tahu hal-hal apa saja yang harus Anda hindari ketika ingin melakukan livestreaming TikTok dengan aman dari bayang-bayang shadow ban TikTok? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: TERKUAK! INI 9 RAHASIA STRATEGI TIKTOK UNTUK BISNIS DARI DIGITAL AGENCY JAKARTA

Hal-Hal yang Wajib Dihindari Saat Live Streaming TikTok

TikTok memiliki berbagai fitur bisnis seperti live streaming yang bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin. Untuk bisa menikmati fitur-fitur bisnis dari TikTok, baiknya Anda mengikuti kebijakan yang telah diberikan agar akun bisnis Anda terhindar dari pemblokiran permanen.

Ada apa saja, sih hal-hal yang jangan sampai kita lakukan ketika livestreaming agar tidak terdeteksi sebagai pelanggaran aturan live streamiing TikTok? Nih, langsung kita bahas, ya!

1.   Jangan Sebut Merek Lain, kecuali Merek Sendiri

Sebenarnya, menyebut merek lain sah-sah saja jika konteksnya adalah endorsement seperti yang dilakukan beberapa affiliator TikTok.

Namun, jika Anda sedang mempromosikan produk Anda lalu menyebut brand lain, apa lagi jika Anda menjatuhkan brand tersebut, maka Anda bisa dilaporkan oleh pengguna atau TikTok akan mendeteksi dengan sendirinya.

2.   Jangan Sebut Marketplace Lain

Di TikTok Live, Anda juga tidak diperbolehkan untuk menyebut atau membandingkan TikTok Shop dengan marketplace lain. Mengingat satu marketplace dengan marketplace lainnya adalah kompetitor, jadi pastikan Anda hanya mempromosikan barang yang ada di TikTok Shop saja, ya!

Baca Juga: [DATA STATISTIK] TOP 5 MARKETPLACE YANG PALING DIGEMARI DI INDONESIA (MEI 2022)

3.   Jangan Ajak Audience Belanja di Platform Lain

Ketika Anda promosi melalui TikTok Live, penonton Anda akan dialihkan langsung ke TikTok Shop untuk membeli produk yang sedang Anda promosikan. Pastikan Anda tidak mengajak penonton untuk melakukan checkout di marketplace lain selain TikTok Shop.

Baca Juga: YUK, KETAHUI CARA BERIKLAN DI TIKTOK ADS UNTUK BISNIS YANG LEBIH CUAN!

4.   Jangan Ada Anak Kecil Saat Live

TikTok memiliki community guidelines yang melindungi anak di bawah umur. Anak-anak dengan usia di bawah 18 tahun dilarang untuk mendaftar TikTok.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka TikTok juga tidak memperkenankan adanya anak kecil ketika livestreaming berlangsung, karena platform TikTok ditujukan untuk orang-orang berusia 18 tahun ke atas.

5.   Jangan Berikan Informasi Pribadi

Cara livestreaming TikTok yang baik dan benar adalah dengan tidak memberikan informasi pribadi seperti nomor HP, nomor KTP, dan data pribadi lainnya.

Hal ini tentu saja untuk menghindari Anda dari penipuan, teror yang mengancam, atau penyalahgunaan data lainnya. Jadi, jangan sampai kecolongan dan membagikan informasi pribadi di TikTok Live, ya!

Itu dia beberapa hal yang jangan sampai Anda lakukan untuk menghindari akun TikTok ter-banned permanen. Jika Anda pebisnis pemula yang baru saja terjun ke TikTok untuk melakukan pemasaran, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan video TikTok yang disediakan oleh banyak digital agency Jakarta dan kota-kota lainnya. Biar berbisnis melalui TikTok makin asyik, berikut tips livestreaming TikTok untuk bisnis yang lebih cuan!

Tips Live Streaming di TikTok Live

Salah satu keuntungan mengadakan livestreaming di TikTok adalah Anda bisa menjangkau audiens baru jika live yang Anda lakukan menarik dan bermanfaat. Biar viewers TikTok Live Anda membludak, yuk ikuti tipsnya di bawah ini.

  • Siapkan alat-alat untuk menunjang live Anda agar video memiliki kualitas yang baik.
  • Pastikan Anda memiliki topik yang menarik untuk diperbincagkan saat live berlangsung.
  • Jadilah interaktif dengan cara membalas komentar-komentar yang dilontarkan oleh penonton Anda.
  • Ajak pengguna TikTok lainnya untuk melakukan kolaborasi melalui livestreaming.
  • Adakan giveaway agar semakin banyak penonton yang mau berpartisipasi dalam menonton live TikTok Anda.
  • Untuk menambah penghasilan, Anda bisa menautkan link afiliasi dan mengajak penonton untuk membeli produk yang Anda promosikan.

Memiliki penghasilan tambahan atau menaikkan keuntungan bisnis Anda bisa dilakukan dengan segala cara termasuk melakukan live streaming TikTok.

Dengan TikTok Live, Anda bisa mengajak audiens untuk memberikan gift yang nantinya bisa dikonversi menjadi saldo e-money atau bisa juga mempromosikan produk-produk TikTok Shop Anda dengan harga miring. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 9 Strategi & Cara Mendapatkan Leads Generation

Ramaikan TikTok Anda Bersama DiPStrategy!

Ingin penonton TikTok Live Anda seperti Bunda Corla? Gampang! Selain bisa mengikuti tips-tips di atas, Anda juga bisa menggunakan jasa TikTok agency agar pamor TikTok Anda semakin naik.

Selain itu, social media management yang baik juga Anda perlukan, lho untuk kelangsungan bisnis di TikTok yang cuan. Kalau Anda ingin punya sosmed dengan engagement yang oke, yuk kerja sama dengan DiPStrategy! Hubungi kami sekarang!

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: