6 Komponen Wajib Sebuah Website, Pastikan Website-mu Sudah Punya!

Last updated on January 1

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran website di era digital seperti ini memberikan banyak kontribusi terhadap suatu bisnis. Jadi, bukan hal yang asing lagi, kalau sekarang sudah banyak web design agency Jakarta yang kian menjamur.

Kehadiran digital agency terutama di kawasan ibukota memudahkan pemilik bisnis untuk mendapatkan website impiannya. Namun, sebelum bekerja sama dengan digital agency manapun, Anda perlu kenal dulu, nih sama komponen-komponen pembangun sebuah website yang baik. Kira-kira apa saja, ya yang harus ada di dalam sebuah website?

Baca Juga MANFAAT TRANSFORMASI DIGITAL BAGI PERUSAHAAN & PELAKU BISNIS

Apa Itu Good Website?

Website merupakan salah satu aset penting dalam sebuah bisnis. Dengan website, Anda bisa memasarkan produk dengan mudah, menyebarkan informasi, hingga meningkatkan popularitas bisnis.

Lalu, bagaimana sebuah website bisa dikategorikan sebagai situs yang bagus? “Good Website” adalah laman web yang mampu menarik perhatian audiens, menggugah emosi, dan bisa memberikan kebutuhan pengunjung dengan mudah. Yuk, kita bahas komponen-komponen apa saja yang membangun sebuah good website.

Komponen Website

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu dimiliki oleh sebuah website.

1.   Struktur Konten yang Baik

Sebuah website harus memiliki konten dengan struktur yang baik. Jika konten website terstruktur dan memiliki informasi yang jelas, maka pengunjung pun tidak akan ragu untuk kembali lagi demi mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Baca Juga: OPTIMASI WEBSITE: CARA BUAT WEBSITE HALAMAN PERTAMA GOOGLE DENGAN METODE EAT YANG DISUKAI GOOGLE

2.   Desain yang Menarik

Desain website juga penting untuk diperhatikan. Pengunjung akan lebih nyaman jika website yang dikunjunginya memiliki desain yang simple dan responsif, tapi tetap bisa memenuhi kebutuhan akan pencarian informasi yang dilakukan oleh setiap pengunjung.

Biar lebih gampang, Anda bisa menggunakan jasa dari web design agency Jakarta pilihan Anda. Anda hanya perlu memberikan brief kepada pihak agensi berupa desain seperti apa yang Anda inginkan, apa tujuan utama pembangunan website Anda, CTA apa yang perlu ditampilkan, dan lain sebagianya.

Baca Juga: 7 Referensi Design Website Top Di Indonesia

3.   Mudah Dipantau

Anda mungkin memiliki tujuan tertentu ketika membuat website. Nah, untuk bisa mencapai tujuan tersebut, diperlukan penyusunan strategi yang komprehensif. Strategi yang bisa Anda lakukan adalah dengan memantau website yang sedang Anda jalankan.

Perhatikan bagaimana perkembangan impression, traffic, atau leads dari website Anda. Website yang baik adalah website yang memiliki kapabilitas untuk memantau pengguna dan kinerja web.

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan tracking pengunjung dan kinerja web, gunakan jasa dari digital agency Indonesia terbaik agar perkembangan website Anda bisa dimonitor dengan baik.

Baca Juga: 9 Tips Website Design yang Meningkatkan Konversi

4.   Kecepatan yang Mumpuni

Ketika Anda mengunjungi sebuah laman web, pasti Anda lebih menyukai website yang cepat, bukan? Itulah mengapa Anda perlu mempertimbangkan hal ini.

Loading speed website Anda akan sangat berpengaruh bagi pengunjung. Kalau website-nya lemot, bisa-bisa pengunjung kapok, lho mengunjungi web Anda.

5.   Memiliki Tingkat Keamanan yang Terpercaya

Beberapa orang ada yang enggan mengunjungi website dengan banyak iklan. Pasalnya, mereka beranggapan bahwa jika iklan-iklan tersebut tidak sengaja ter-klik, mereka akan terkena phising.

Untuk menghindari hal ini, pastikan web Anda aman dan dapat dipercaya oleh pengunjung, ya. Jika memang ingin memasang AdSense atau iklan lainnya, pastikan Anda berhubungan langsung dengan penyedia jasa pemasangan iklan tersebut.

Mau lebih mudah? Anda bisa bekerja sama dengan web agency Jakarta seperti DiPStrategy untuk pemasangan iklan. Mau web Anda menghasilkan uang lewat Adsense atau mau mengiklankan website Anda di web lain, DiPStrategy akan dengan senang hati membantu Anda.

Baca Juga: Strategi Menjaga Keamanan Sebuah Website dengan SSL

6.   SEO Friendly

Agar website Anda memiliki banyak pengunjung, web Anda perlu masuk ke dalam kategori SEO friendly. SEO atau search engine optimization adalah sebuah upaya yang bisa dilakukan oleh pemilik website untuk membuat webnya muncul di halaman pertama mesin pencarian.

Untuk memiliki website yang SEO friendly, ada beberapa strategi yang perlu Anda terapkan, salah satunya adalah membuat konten website yang menarik.

Jika web Anda sudah SEO friendly, maka semakin mudah pula untuk Anda mencapai tujuan bisnis. Misal, Anda ingin meningkatkan leads, kalau web Anda bisa muncul di halaman pencarian, maka kemungkinan Anda mendapatkan pelanggan potensial akan semakin besar.

Itu dia beberapa komponen yang perlu dimiliki sebuah website. Website yang baik adalah website yang bisa mengutamakan kepentingan pengunjung. Jadi, jika Anda ingin punya website atau sudah memiliki website, pastikan jangan ada komponen yang terlewat, ya! Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 6 CARA JITU BUAT WEBSITE RANKING PERTAMA DI GOOGLE DENGAN TEKNIK MEMBANGUN BACKLINK (WHITE HAT SEO)

 

Rasakan Kemudahan Mengelola Website Bersama DiPStrategy!

Punya website tapi traffic-nya belum naik juga? Tenang! DiPStrategy hadir untuk menyelesaikan keluhan Anda! Sebagai website developer Jakarta, DiPStrategy akan memberikan Anda pelayanan terbaik dalam pengelolaan website.

Kami bukan hanya membantu Anda dalam menjagkau konsumen, tapi kami juga akan memastikan kalau website Anda bisa menjadi aset yang mampu mengoptimasi bisnis Anda dengan baik. Bersama DiPStrategy, tujuan bisnis apapun akan mudah dicapai. Yuk, hubungi DiPStrategy sekarang!

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: