Apa itu Super App?, Contohnya di Indonesia dan 10 Elemen yang Diperlukan

Last updated on September 20

Apa itu Super App?

Apa Itu Super App?

Super app adalah sebuah platform yang menyediakan banyak layanan namun dikemas menjadi satu aplikasi saja. Istilah Super app atau aplikasi super mungkin masih terasa asing untuk beberapa orang. Padahal tanpa disadari, kita sering menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Aplikasi ini membuat pelanggan lebih mudah untuk menemukan layanan apa yang mereka perlukan dan bisa menghemat ruang ponselnya karena tidak perlu menginstal banyak aplikasi untuk mendapat banyak layanan.

Kenapa Dikatakan Super App?

Jawabannya tentu saja karena aplikasi ini super. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini disebut Super App (aplikasi super) karena dapat memberikan banyak layanan hanya dalam satu aplikasi saja.

Istilah ini dikenalkan oleh Mike Lazaridis. Ia mendefinisikan Super app sebagai sebuah ekosistem tertutup dari berbagai macam aplikasi yang akan digunakan orang setiap harinya dan menawarkan pengalaman yang lebih efisien.

istilah super app ini diperkenalkan oleh Mike Lazaridis Founder Blackberry pada tahun 2010, dirinya mendefinisikan super app sebagai suatu ekosistem tertutup dari banyak aplikasi yang akan digunakan orang setiap hari karena menawarkan pengalaman yang terintegrasi dan efisien.

Selain itu Konsep Super app pertama kalin dipopulerkan oleh aplikasi WeChat dari China. WeChat merupakan aplikasi chatting yang dibuat oleh perusahaan Tencent Holdings.

WeChat akhirnya terus mengembangkan aplikasinya tidak hanya menjadi aplikasi penyedia layanan chatting tapi juga menambah layanan seperti :

  • Layanan pembayaran WeChat Pay.
  • Layanan pesan promosi oleh penjual Mini Program.
  • Layanan top up pulsa dan pengisian token listrik.
  • Permainan atau Game di dalam aplikasi WeChat.
  • Layanan asuransi
  • Pemesanan kendaraan transportasi umum

Saat ini WeChat memiliki sekitar 1 miliar pengguna aktif per bulan di negeri Tiongkok.

 

Pengguna menggunakan WeChat untuk mengobrol, membaca berita, membayar makanan, bermain game, berbelanja, mengunggah gambar, memesan janji dengan dokter bahkan mengajukan slot untuk mengurus perceraian di pengadilan. Meskipun begitu di Indonesia sendiri pengguna WeChat masih belum sebanyak di Tiongkok.

Super App di Indonesia

Super app Indonesia sudah banyak digunakan dimana-mana bahkan sangat erat dengan kegiatan sehari-hari kita. Salah satu contoh super app yaitu :

  1. Gojek

    Beberapa layanan tersebut seperti jasa pesan-antar makanan, jasa angkut barang, jasa konsultasi kesehatan, hingga belanja obat. Beberapa layanan yang dikemas dalam satu aplikasi ini tentu lebih memudahkan  pengguna dalam menggunakannya.

  1. AliPay

    Pada awalnya AliPay tidak dapat digunakan di Indonesia. Seperti yang di lansir Kompas Alipay belum mendapat izin dari pemerintah Indonesia. Namun saat ini Alipay sudah dipastikan bisa digunakan di Indonesia (Sumber : Nextren).

    Tak hanya sebagai dompet digital, Alipay menjadi salah satu super app. Selain sebagai dompet digital Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Alipay adalah pembayaran produk atau layanan di restoran, toko, kupon dan voucher diskon elektronik, pemesanan layanan transportasi dan masih banyak lagi.

  1. Grab

    Grab menjadi contoh super app. Kompetitor Gojek yang berasal dari Malaysia ini sudah tersedia beragam layanan dan sudah beroperasi di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

    Sama seperti Gojek Selain sebagai perusahaan pemesanan transportasi, Grab juga melayani pengiriman makanan, barang, pembelian pulsa, pengecekan kesehatan, belanja, pemesanan hotel, asuransi, tagihan, jasa rumah dan sebagainya.

    Layanan aplikasi ini bisa anda temukan di Google Play dan App Store. Cara mendapatkannya pun mudah. Anda tinggal cari di penyedia aplikasi sesuai smartphone anda dan klik download. Setelah mendownload anda bisa langsung mencoba dan menggunakan aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa Saja yang Diperlukan untuk Menjadi Super App? Berikut 10 Elemennya

  1. Social

    Bentuk nyata dari elemen ini yaitu aplikasi WeChat. Aplikasi ini pada mulanya merupakan sebuah aplikasi chatting dari China yang berfungsi untuk menjalin komunikasi, kolaborasi dan berbagi.

  1. Ecommerce

    Kini orang-orang lebih suka untuk berbelanja secara online baik itu belanja pakaian, aksesoris, bahkan barang elektronik. Selain lebih praktis karena tinggal membuka ponsel pintar saja, pilihannya juga cenderung lebih banyak.

  1. Food Delivery

    Bukan hanya pakaian saja, saat ini untuk pesan makanan juga dilakukan melalui aplikasi. Tinggal pilih makanan apa yang diinginkan, klik pesan, dan makanan Anda akan diantar ke tempat Anda.

  1. Transportation Services

    Seperti pesan baju online dan pesan makanan online, kini kita juga memesan tranportasi secara online. Pemesanan dilakukan dengan menentukan titik jemput dimana, kemudian tentukan tujuannya. Nanti dengan otomatis transportasi tersebut akan datang.

  1. Personal Finances

    Mengelola keuangan pribadi merupakan hal yang sangat penting. Anda harus mengelola mulai dari pengeluaran, hingga anggaran untuk masa tua. Dengan aplikasi personal finances, Anda dapat mengelolanya dengan lebih praktis dan mudah.

  1. Travel Services

    Dalam Super app biasanya juga dilengkapi dengan elemen ini. Sehingga kini untuk pergi jalan-jalan kemana saja menjadi lebih mudah. Di dalamnya biasanya terdapat paket wisata dengan berbagai kemudahan dan fasilitas yang menarik wisatawan.

  1. Billpay

    Billpay digunakan untuk membayar tagihan, seperti tagihan pulsa, tagihan listrik, atau tagihan lainnya. Elemen ini bisa digunakan untuk memancing pengguna agar lebih sering membuka aplikasi.

  1. Health Services

    Layanan kesehatan juga tidak ketinggalan. Dalam layanan ini, pengguna dapat berkonsultasi mengenai kesehatannya, gejala yang sedang dialami, dan terapi atau obat apa yang diperlukan untuk mengatasinya.

  2. Insurance

    Hampir mirip dengan layanan kesehatan, layanan asuransi juga hadir dan menjadi elemen penting dalam aplikasi super. Elemen ini biasanya menawarkan kartu asuransi, informasi kontak dan riwayat pembayaran asuransi.

  1. Government and public services

    Ranah digital juga sampai pada layanan pemerintah dan publik. Aplikasi super dapat menampung kartu dan informasi jaminan sosial, pilihan pembayaran transportasi umum, hingga informasi kartu perpustakaan.

Kelebihan Super App

Setelah kita membahas contoh dan elemen pada supper app, super app tentunya memiliki Kelebihan. Kelebihan super app ini diantaranya adalah :

  1. Data pelanggan yang sangat besar
  2. Satu aplikasi memiliki berbagai macam layanan
  3. Hanya memerlukan satu aplikasi, jadi anda bisa mengehemat memory smartphone anda
  4. Adanya pihak ke-3 yang bisa bergabung dalam satu ekosistem.

Nah, itulah informasi seputar super app. Jika Anda ingin mulai membuat aplikasi ataupun software development lain sesuai kebutuhan bisnis atau perusahaan Anda, Anda bisa konsultasi langsung dengan Dipstrategy. Dipstrategy merupakan salah satu digital agency jakarta yang sudah berpengalaman membangun banyak aplikasi ternama di Indonesia. Dipstrategy Study Case

Nama       : Dipstrategy – Digital Agency Jakarta

No. Telp  : (021) 8583944

Alamat    : No, Slamet Riyadi No.7, RT.1/RW.4, Kb. Manggis, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13150

Website : dipstrategy.co.id

Recent Post

Armand Surya Written by:

A super saiyan in disguise. Secretly study humanity as part of his counter intelligence work at Dipstrategy