Konsekuensi Mengubah Domain Website Dengan Perubahan Besar Lainnya

Last updated on April 5

Pernah gak website Anda mengalami jumlah traffic yang menurun cukup drastis? Tahukah Anda kenapa traffic SEO bisa turun? Nah, itu adalah salah satu konsekuensi dari mengubah domain website. Selain menurunkan traffic SEO, ada pula beberapa dampak yang bisa Anda rasakan jika mengubah domain website secara besar-besaran. Yuk, simak bahasannya di bawah ini.

Dampak Mengubah Domain Website terhadap Traffic SEO

Mengganti domain website bisa disebabkan karena hal tertentu. Namun, jika tidak terlalu penting, sebaiknya Anda jangan pernah mengubah domain website. Pengaruh dari mengganti domain website bisa sangat signifikan, lho terhadap traffic SEO. Hal ini dikarenakan search engine telah meng-index website Anda dengan domain lama yang memiliki jumlah traffic yang baik.

Selain itu, jika website Anda menggunakan domain baru, maka kemungkinan besar search engine akan memandang website Anda sebagai situs baru yang belum terverifikasi. Dengan kata lain, search engine akan mendeteksi situs Anda sebagai laman dengan jejak digital yang lemah. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi visibilitas web Anda di halaman search engine.

Ganti domain website juga berarti membangun website dari nol. Meskipun secara harfiah Anda hanya mengubah domain dan isi website masih sama, mesin pencari menganggap bahwa situs Anda merupakan web yang baru saja terjun ke jagad internet. Nah, hal ini akan menyebabkan Anda harus membangun ulang reputasi website serta backlink agar visibilitas website Anda bisa kembali meningkat di laman mesin pencari.

Baca Juga: 10 TIPS CERDAS WEBSITE EFEKTIF: DIJAMIN RAMAI PENGUNJUNG!

Dampak Mengubah Struktur URL

Mengubah struktur URL sama risikonya dengan mengganti domain. Jika Anda ingin melakukan keduanya, Google menyarankan Anda untuk menerapkannya secara bertahap dan jangan berbarengan. Kenapa? Karena jika perubahan tidak dicicil secara bertahap, maka bukan hanya traffic saja yang bisa turun, tapi otoritas website Anda pun juga akan terancam.

Ditambah lagi usaha Anda yang sudah membangun backlink mati-matian bisa jadi runtuh dengan drastis. Pasalnya, audiens justru akan dialihkan ke broken link sehingga mereka kesulitan untuk menemukan konten yang dicari bahkan menemukan website Anda.

Hilangnya Kesempatan Bisnis

Dampak yang secara tidak langsung bisa Anda rasakan jika mengubah domain dan melakukan perubahan besar lainnya secara bersamaan adalah hilangnya kesempatan bisnis Anda. Jika Anda mengganti domain, potensi Anda kehilangan pelanggan menjadi semakin besar karena audiens cenderung kesulitan untuk menemukan website Anda. Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Mengganti domain atau struktur URL website juga bisa menyebabkan Anda kehilangan traffic yang selama ini Anda sudah bangun. Semakin turun traffic Anda, semakin menurun pula reputasi website Anda di mata mesin pencari. Jika mesin pencari mendeteksi web Anda sebagai situs yang bereputasi jelek, maka kemungkinan website Anda muncul di halaman pencarian pun akan semakin kecil.

Solusi: Lakukan Perombakan Website secara Berkala

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika tidak ada urgensi untuk merubah domain, struktur URL, atau perubahan lainnya, sebaiknya hindari untuk merombak website Anda karena akan berdampak sangat besar pada nasib website di mesin pencari. Namun, jika memang Anda merasa perlu untuk meng-upgrade domain atau harus mengubah struktur URL, maka solusinya adalah melakukan perubahan secara berkala.

Artinya, jangan melakukan perubahan secara bersamaan. Berikan jeda waktu dari perubahan satu ke perubahan lainnya. Tindakan perubahan yang terlalu banyak di waktu yang bersamaan akan memberikan penurunan traffic SEO yang bisa dibilang cukup drastis.

Di luar sana sudah banyak pemilik website yang merasakan dampak tersebut dan mereka beranggapan bahwa perlu satu tahun untuk memulihkan traffic seperti sediakala. Namun kenyataannya, tidak ada waktu pasti kapan traffic SEO bisa pulih kembali.

Anda tidak akan mengalami penurunan traffic besar-besaran jika pergantian domain dan perubahan lainnya dilakukan dengan benar dan teratur. Jadi, lebih baik setiap perubahan yang Anda lakukan diterapkan secara bertahap, ya!

Jalan mudahnya, Anda bisa menggunakan jasa web development dari digital agency Indonesia terpercaya seperti DiPStrategy agar perubahan domain menjadi lebih aman dan terhindar dari risiko penurunan traffic.

Mengganti domain atau bahkan mengedit website Anda secara besar-besaran memberikan konsekuensi yang sangat signifikan terhadap traffic website Anda. Jika traffic terganggu, maka peluang bisnis yang Anda miliki pun akan terancam.

Sebelum melakukan perubahan terhadap website, pastikan Anda melakukan evaluasi yang cermat dan pastikan semua persiapan sudah matang agar perubahan domain atau struktur URL tidak mengganggu kelangsungan traffic website Anda.

Baca Juga: 6 KOMPONEN WAJIB SEBUAH WEBSITE, PASTIKAN WEBSITE-MU SUDAH PUNYA!

DiPStrategy: Web Developer Profesional dan Terpercaya

Mau ganti struktur URL website Anda tapi takut traffic turun? Gak perlu khawatir! Minta bantuan sama DiPStrategy aja! Bersama digital agency Jakarta DiPStrategy, perubahan website apapun akan jadi lebih aman. Jumlah traffic akan terjaga dan website pun bisa tetap berjalan seperti biasa. Selain itu, dengan jasa web development dari DiPStrategy, Anda juga bisa bikin web jadi makin kenceng, aman, UI/UX friendly, bahkan SEO friendly! Yuk, tunggu apa lagi? Hubungi DiPStrategy sekarang!

Recent Post

Virky Realdy Written by:

Sebagai pria tangguh dengan rute harian Antar Kota Antar Propinsi, drama kehidupan perkotaan menjadi santapan sehari-harinya. Virky memegang posisi Head of Digital Support di Dipstrategy dan Product Owner dari Deepmail.