10 Tips Cerdas Website Efektif: Dijamin Ramai Pengunjung!

Last updated on March 14

Website menjadi salah satu media penunjang bisnis yang paling bermanfaat. Mengenalkan brand kepada masyarakat luas akan terasa sangat efektif dengan menggunakan website. Selain itu, kegiatan pemasaran dan transaksi jual beli juga bisa dilakukan dengan mudah melalui website.

Sekedar memiliki website saja tidak cukup. Jika Anda ingin membangun website yang bisa menyebarkan brand awareness hingga meningkatkan keuntungan, maka Anda perlu memiliki website yang efektif, menarik, dan user-friendly agar bisa bikin setiap pengunjungnya betah. Jalan paling mudahnya adalah dengan bekerja sama dengan website developer Jakarta seperti DiPStrategy.

Anda tidak perlu memikirkan membangun website dari nol, karena tim programmer hingga website design kami akan membantu Anda membuat atau mengembangkan website yang Anda miliki. Berikut adalah tips untuk menjadikan website bisnis Anda menjadi lebih efektif.

Baca Juga: Pilih Website Developer Freelance atau Perusahaan?

1. Memberikan Konten Website yang Menarik

Konten merupakan pondasi dari strategi marketing digital yang tidak bisa kita abaikan. Ketika membuat konten untuk website, pastikan konten memiliki niche yang sesuai dengan website Anda. Selain itu, tentukan juga tujuan apa yang ingin Anda capai dengan pembuatan konten-konten website tersebut.

Baca Juga: OPTIMASI WEBSITE: CARA BUAT WEBSITE HALAMAN PERTAMA GOOGLE DENGAN METODE EAT YANG DISUKAI GOOGLE

2. Menjaga Konsistensi Konten

Konten yang baik adalah konten yang bisa dipahami dengan mudah oleh target reader Anda. Usahakan konten berisi informasi bermanfaat dengan struktur yang singkat, padat, dan jelas. Tentukan juga mau bagaimana aya penulisan konten di laman web Anda. Setelah itu, Anda bisa menjaga konsistensi penulisan konten agar pembaca lebih nyaman berlama-lama di web Anda.

3. Membuat Konten Visual

Semua akan lebih menarik jika disertai dengan gambar. Perpaduan warna dari sebuah gambar akan lebih menarik perhatian audiens. Konten sejenis infographic, video, foto, atau gambar lebih engaging, lho daripada konten yang hanya memuat tulisan saja.

4. Mencantumkan Kata Kunci pada Heading

Keywords atau kata kunci akan memudahkan website Anda terdeteksi oleh mesin pencari seperti Google. Menggunakan keywords pada heading konten Anda juga akan memudahkan pembaca langsung menemukan informasi yang dicari. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan SEO Optimization di website

Baca Juga: 6 CARA JITU BUAT WEBSITE RANKING PERTAMA DI GOOGLE DENGAN TEKNIK MEMBANGUN BACKLINK (WHITE HAT SEO)

 

5. Memiliki Tampilan Desain yang Eye-catching

Website adalah aspek yang akan memberikan first impression terhadap pengunjung dan hal pertama yang akan di-notice oleh pengunjung adalah layout desain web Anda. Buatlah website dengan desain yang menarik seperti mengambil pilihan warna yang sesuai dengan brand identity Anda dan menggunakan typography yang mudah dibaca.

Baca Juga: 7 Referensi Design Website Top Di Indonesia

6. Membuat Navigasi yang Lebih Praktis

Buatlah tombol dan menu website sejelas mungkin. Jika memang ingin mengalihkan pengunjung ke menu “Blog” pastikan tombol juga memberikan keterangan “Blog”. Jangan sampai pengunjung tersesat di web Anda. Pastikan web Anda memiliki navigasi yang sederhana dan mudah dipahami.

Baca Juga: 9 Tips Website Design yang Meningkatkan Konversi

7. Mempererat Hubungan dengan Pengunjung

Pengunjung yang datang ke laman web Anda memiliki kemungkinan sangat besar untuk tidak kembali. Maka dari itu, Anda perlu mempererat hubungan Anda dengan pengunjung yang sudah pernah datang. Caranya? Berikan CTA yang memuat tawaran-tawaran menarik seperti untuk gabung melalui email, atau catch up dengan brand Anda via social media.

8. Memastikan Website Bekerja dengan Lancar

Jalannya website Anda akan sangat menentukan kenyamanan pengunjung. Siapa, sih yang betah berlama-lama di website yang lemot? Kalau klik sana sini lancar di website Anda, pengunjung pun akan lebih betah. Jadi, pastikan Anda melakukan pengecekan secara berkala terkait kelancaran website Anda.

Baca Juga: Strategi Menjaga Keamanan Sebuah Website dengan SSL

9. Membuat Website yang Responsif dan Adaptif

Website yang baik bukan hanya bisa diakses di personal computer (PC), tapi bisa juga diakses di ponsel mengingat di zaman sekarang lebih banyak orang yang menggunakan ponsel untuk mengakses internet. Itulah mengapa website Anda harus selalu responsif dan adaptif terhadap interface jenis apapun.

Baca Juga: 10 Tools untuk Membuat Website Menjadi Lebih Responsive

10. Cantumkan Call to Action yang Jelas dan Engaging

Seperti namanya, Call to Action alias CTA berfungsi untuk menuntun pengunjung melakukan aksi di website Anda. Entah itu mengklik artikel lain, membeli, berlangganan, atau menghubungi customer service. Contoh call to action yang baik adalah yang pemilihan katanya jelas dan engaging. Selain itu, tampilan pop up atau tombol CTA yang Anda berikan juga harus bisa menarik perhatian pengunjung.

Itu dia 10 tips yang bisa Anda jadikan referensi dalam membuat website. Dengan menerapkan tips tersebut, tujuan marketing Anda akan lebih mudah untuk tercapai. Selain itu, dengan pemanfaatan fitur-fitur yang tepat, potensi bisnis Anda untuk kian berkembang akan semakin besar.

Baca Juga: Cara Mengukur Keberhasilan Website secara Efektif

Kembangkan Website Anda bersama DiPStrategy

Mau punya website yang bisa mewakilkan identitas brand Anda sepenuhnya? DiPStrategy siap membantu Anda kapanpun! Sebagai web developer Jakarta, kami berkomitmen untuk memberikan Anda pelayanan terbaik dalam mengembangkan website Anda, membuat kinerjanya lebih cepat, aman, user-friendly, SEO-friendly dan juga memiliki CTA yang engaging. Yuk, hubungi DiPStrategy sekarang juga!

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: