Jangan Sampai Terlewat! Perhatikan 8 Hal Ini Saat Mobile App Development!

Ponsel pintar atau yang biasa kita kenal sebagai smartphone, kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian masyarakat Indonesia. Banyaknya pengguna smartphone menjadi sebuah kesempatan bagi para pemilik bisnis untuk mengembangkan usahanya melalui mobile app. Untuk itulah sebuah perusahaan membutuhkan mobile app development guna meningkatkan kualitas bisnis baik dari segi operasional maupun pelayanan untuk konsumen.

Sudah pernah dengar istilah mobile app development? Pengembangan aplikasi ponsel atau mobile app development adalah sebuah upaya yang mencakup proses dari ide pembuatan aplikasi hingga pengawasan atau pemantauan jalannya aplikasi setelah launching. Nah, dalam pengaplikasiannya, program ini membutuhkan pihak mobile app developer yang bisa menangani segala kebutuhan pengembangan aplikasi seluler.

Baca Juga: APA ITU SUPER APP?, CONTOHNYA DI INDONESIA DAN 10 ELEMEN YANG DIPERLUKAN

Fungsi Mobile App

Meningkatkan nilai tambah untuk bisnis Anda memanglah bukan perkara yang mudah. Tapi, dengan memanfaatkan teknologi yang ada, bisnis Anda bisa, lho, dengan mudah meraih kesuksesan.

Salah satu langkah yang bisa Anda tempuh jika ingin meningkatkan kualitas bisnis Anda adalah dengan memaksimalkan penggunaan mobile app. Sebenarnya, mobile app itu buat apa, sih? Apakah memiliki pengaruh yang besar bagi perkembangan bisnis? Simak, yuk, fungsi dari mobile app.

  1. Memiliki mobile app bagi bisnis Anda merupakan sebuah peluang pemasaran yang sangat besar, karena hampir seluruh masyarakat menggunakan smartphone dan menggunakan aplikasi seluler untuk kebutuhan berkomunikasi.
  2. Mobile app bisa digunakan untuk memperluas kesadaran merek, yang artinya, Anda bisa membuat mobile app dengan fitur-fitur kegemaran target konsumen agar brand Anda lebih mudah untuk dikenal.
  3. Interaksi antara perusahaan dengan konsumen juga akan terjalin dengan baik, karena mobile app bisa menghubungi konsumen dengan cara memberikan informasi atau promosi mengenai produk yang Anda tawarkan.
  4. Mobile app juga merupakan tools marketing yang efektif, karena beberapa perusahaan Android developer atau iOS developer memberikan fitur-fitur tambahan yang memungkinkan pebisnis bisa mengetahui informasi mendalam tentang pelanggannya, seperti demografi pelanggan, total visitor, dan lain sebagainya.

Gimana? Bermanfaat banget, kan, kalau bisnis Anda pakai mobile app? Jika sudah terpikirkan oleh Anda untuk menggunakan mobile app sebagai sarana mensukseskan bisnis, jangan gegabah dulu. Sebelum Anda mencari mobile app developer untuk diajak kerja sama, perhatikan dulu, yuk, kriteria mobile app untuk perusahaan Anda.

Baca Juga: Mobile App Developer Jakarta dan Jasa yang Disediakan

Kriteria Good Mobile App

Berikut adalah kriteria mobile app yang perlu Anda penuhi ketika ingin melakukan mobile app development.

1. Great UI (User Interface)

Mobile app tidak lepas dari yang namanya tampilan antarmuka atau user interface, Memberikan first impression yang baik bagi pengguna mobile app, tentu saja sangat penting. Kalau mobile app yang Anda kembangkan memiliki UI menarik, fungsional, dan mudah digunakan, pengguna tentu saja bakal makin betah berlama-lama di aplikasi bisnis Anda.

2. Solve A Problem

Mobile app dibuat bukan tanpa tujuan, tetapi harus bisa menyelesaikan masalah-masalah perbisnisan yang ada. Pastikan mobile app bisa memenuhi kebutuhan pelanggan Anda dan mengatasi permasalahan lainnya.

3. Deliver Real Value

Memiliki mobile app untuk pengembangan bisnis juga tidak bisa sembarangan, lho. Mobile app harus mampu memberikan nilai-nilai yang bermanfaat bagi konsumen bisa dengan cara menambahkan fitur, memberikan promosi melalui mobile app, dan lain sebagainya.

4. Fast Loading Time and High Performance

Gak cuma kita aja, kok, yang suka dongkol kalau mobile app lemot, konsumen juga bisa kehilangan minatnya untuk menggunakan mobile app kalau aplikasinya membutuhkan waktu yang lama untuk loading. Mobile app yang baik, gak ada yang mengalami masalah seperti ini, ya!

5. Compatible with a Mobile Platform

Nah, ini juga penting banget. Mobile app tentu saja harus kompatibel dengan segala tipe smartphone biar pelanggan manapun bisa menggunakannya.

6. Extremely Helpful Customer Support

Untuk apa mobile app dibuat kalau bukan untuk membantu konsumen? Baik Android development atau iOS development, ketika melakukan pengembangan aplikasi, tentu saja harus senantiasa memberikan fitur yang bisa memudahkan pengguna.

7. Quick Adaptation to Users’ Needs

Memperhatikan feedback konsumen juga penting banget untuk pengembangan mobile app, karena dengan memberikan update, memperbaiki bug, atau menambah fitur baru, mobile app akan menjadi lebih fungsional dan penggunanya pun bisa semakin bertambah.

8. Security

Sebuah mobile app yang baik juga harus mencapai tingkat keamanan bagi penggunanya. Data pribadi pengguna, dan segala aspek privasi lainnya harus bisa terlindungi dengan baik.

Itu dia 8 kriteria yang perlu dimiliki sebuah mobile app. Jika bisnis Anda ingin mulai untuk menggunakan mobile app, jangan lupa untuk memastikan kalau app yang akan dikembangkan memiliki kriteria di atas, ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Apa itu Progressive Web Apps (PWA) – Blog DiPStrategy

Develop Your Mobile App with DiPStrategy!

Mobile app sudah menjadi kebutuhan yang sangat lumrah bagi pemilik bisnis, instansi, atau organisasi. Pasalnya, kehadiran mobile app ini memang sangat banyak manfaatnya. Mau kebutuhan marketing atau operasional perusahaan/organisasi Anda terpenuhi? Sebagai mobile app developer Jakarta profesional, DiPStrategy bisa bantu Anda! INASGOC aja sudah pakai jasa mobile app development dari DiPStrategy, lho, untuk aplikasi SICS.

Study Case Dipstrategy

Anda gak perlu jauh-jauh mencari digital agency Jakarta untuk mobile app development atau kebutuhan digital marketing lainnya, karena DiPStrategy hadir untuk memberikan Anda pelayanan terbaik agar bisnis Anda sukses melalui pemanfaatan teknologi digital yang maksimal. Hubungi DiPStrategy sekarang juga!

Hubungi Kami

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: