DiPStatistik Aplikasi Paling Sering Digunakan di Indonesia

Last updated on September 20

Memasang iklan digital dengan performa yang baik mengharuskan pemilik bisnis mengetahui apa saja yang diselami target konsumen di internet. Nah, kalau Anda salah satu pemilik bisnis yang ingin iklannya manjur menaikkan penjualan dan menyebarluaskan brand awareness, ketahui, yuk aplikasi paling sering digunakan di Indonesia.

Segmen Data Statistik Lengkap? Hanya di DiPStatistik!

Menerapkan strategi digital marketing berarti Anda harus memahami perilaku konsumen Anda baik calon pelanggan potensial atau pelanggan lama. Nah, untuk mengenal target pasar lebih dalam, Anda memerlukan data statistik mengenai bagaimana perilakunya di internet, karena dengan begitu, apa yang mereka akses, aplikasi apa yang sering digunakan, berapa lama mereka menghabiskan waktu di internet akan diketahui.

Mendapatkan data-data tersebut gak susah, kok, karena DiPStatistik hadir untuk Anda. DiPStatistik adalah segmen khusus dari blog DiPStrategy yang menyajikan data-data statistik seputar internet dan topik lainnya. Jadi, bagi Anda yang butuh data statistik untuk memantau konsumen potensial, pantengin terus DiPStatistik, ya!

Baca Juga DATA PROFIL KONSUMEN INDONESIA 2022 TERBARU DAN LENGKAP

Baca Juga: [DATA STATISTIK] TOP 5 MARKETPLACE YANG PALING DIGEMARI DI INDONESIA (MEI 2022)

Baca Juga: DATA STATISTIK JUMLAH PENGGUNA TIKTOK [APRIL 2022], LENGKAP!

Baca Juga: DIPSTATISTIK APLIKASI PALING SERING DIGUNAKAN DI INDONESIA

 

Perilaku Penggunaan Internet di Indonesia

Perilaku konsumen bisa dipahami melalui bagaimana kebiasaan masyarakat Indonesia menggunakan internet. Kali ini, DiPStatistik akan mengupas tuntas perilaku pengguna internet di Indonesia.

Konten Internet yang Sering Diakses

konten-internet-yang-sering-diakses-dipstrategy-digital-agency-indonesia

Dari data di atas yang diambil dari responden APJII 2022, dapat terlihat bahwa media sosial menjadi konten internet yang paling sering diakses di Indonesia, yaitu dengan persentase 89,15%. Media sosial menjadi salah satu platform beriklan yang sudah terbukti kemanjurannya, lho. Beriklan di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya bisa membantu Anda lebih mudah untuk menjangkau audiens. Social media management membantu Anda mempermudah mengelola bisnis.

Kemudian, di posisi kedua ada aplikasi chatting online dengan persentase 73,86%. WhatsApp, Line, Telegram, dan aplikasi chatting online lainnya gak mau kalah, nih sama media sosial. Berkomunikasi melalui aplikasi chatting online tentu saja lebih efisien.

Pengguna bisa melakukan obrolan online, video dan voice call, hingga saling bertukar pesan suara melalui fitur voice note. Jadi, gak heran lagi, ya kalau ada banyak orang yang mengakses konten chatting online.

Konten selanjutnya ada shopping online dengan persentase 21,26%. Agak jauh dengan media sosial dan chatting online. Tapi, memang tidak dapat dipungkiri juga kalau sekarang banyak marketplace dan e-commerce yang menjamur di Indonesia. Biasanya platform shopping online menyediakan banyak promo menarik, sehingga masyarakat pun jadi banyak yang lebih memilih untuk belanja online daripada belanja langsung ke toko yang dituju.

Untuk konten-konten selanjutnya ada game online, portal berita, transportasi online, platform musik online, email, aplikasi video/raio online, meeting online, belajar online, dan e-wallet. Dengan persentase yang beragam, konten-konten ini juga sering, lho diakses masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Tips Menentukan Media Promosi Campaign yang Tepat

Top 2 Aplikasi yang Paling Sering Digunakan

dua-aplikasi-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia-dipstrategy-digital-agency-indonesia

Dari konten-konten di atas, Anda pasti penasaran, dong sama apa saja, sih dua aplikasi teratas yang paling sering digunakan? Dirangkum dari hasil survey APJII 2022, berikut adalah top 2 aplikasi yang paling sering digunakan di Indonesia berdasarkan konten internet yang diakses.

Aplikasi Browsing

Aplikasi browsing yang paling sering digunakan adalah Google Chrome (76,95%) dan UC browser (4,95%). Kalau Anda ingin menerapkan strategi SEO untuk bisnis Anda, salah satu contoh SEO adalah cara buat website Anda masuk ke halaman pertama Google pastikan UI UX website Anda kompatibel dengan kedua browser ini, ya. Jangan lupa juga untuk bekerja sama dengan website developer Jakarta seperti DiPStrategy biar traffic hingga leads bisa naik terus.

Baca Juga: 9 Strategi & Cara Mendapatkan Leads Generation

Media Sosial

Untuk aplikasi media sosial, ternyata Facebook menjadi medsos yang paling digandrungi responden APJII 2022 dengan persentase 68,36% dan disusul oleh YouTube dengan persentase 63,02%.

Baca Juga: [Data Statistik] Top 5 Sosial Media yang Digemari di Indonesia

Media Chat

Aplikasi chatting online dengan pengguna terbanyak adalah WhatsApp (98,07%) dan Facebook Messenger (47,12%).

Meeting Platform

Siapa sangka pamor Zoom Meeting ternyata kalah dengan WhatsApp Video Conference? Untuk aplikasi meeting platform yang sering digunakan, Zoom memiliki persentase pengguna sebanyak 42,02%, sementara WA Video Conference memiliki persentase sebesar 69,55%.

Streaming Platform

Netflix dan We TV menjadi dua streaming platform yang paling sering digunakan di Indonesia dengan persentase berturut-turut 11,10% dan 7,84%.

Marketplace

Top 2 aplikasi marketplace dipegang oleh Shopee dan Lazada. Dengan persentase pengguna Shopee 55,08% dan Lazada sebanyak 33,79%.

Baca Juga: [DATA STATISTIK] TOP 5 MARKETPLACE YANG PALING DIGEMARI DI INDONESIA (MEI 2022)

Transportasi Online

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau kedua transportasi online terbesar di Indonesia, yaitu Gojek dan Grab saling bersaing di pasaran. Meskipun begitu, Gojek memegang persentase pengguna lebih besar, yaitu 40, 65%, sementara grab jauh di bawahnya dengan jumlah 36,32%.

Music Streaming Platform

Aplikasi musik yang paling sering diakses di Indonesia ternyata ada YouTube Music dengan persentase 38,51% dan Google Play Music dengan persentase 20,94%.

E-Wallet

GoPay dan ShopeePay ternyata menjadi e-wallet yang paling sering digunakan untuk transaksi online. Dari responden APJII 2022, 20,68% di antaranya menggunakan GoPay dan sisanya, yaitu 16,61% menggunakan ShopeePay.

Optimalkan Strategi Digital Marketing Anda bersama DiPStrategy!

Gimana? Dari data di atas, sudah tahu, kan harus pasang iklan digital di mana saja?

Dengan data di atas, Anda jadi lebih mudah untuk memantau di mana saja Anda bisa mendapatkan konsumen potensial.

Selain bisa memberikan Anda data-data bermanfaat, DiPStrategy juga hadir sebagai mobile app developer Jakarta, yang akan bantu Anda membuat aplikasi untuk bisnis. Bersama DiPStrategy, Anda juga bisa menikmati layanan digital marketing lainnya! Gak usah tunggu lama-lama. Hubungi DiPStrategy sekarang, yuk!

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by:

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.