Apa Itu Awareness? Bagaimana Cara Meningkatkan Awareness dalam Digital Marketing?

Last updated on December 27

Apa Itu Awareness? Bagaimana Cara Meningkatkan Awareness dalam Digital Marketing?

Dalam melakukan praktik digital marketing, ada banyak istilah yang perlu kita pahami. Salah satunya adalah awareness. Kalau bisnis Anda sudah menggunakan jasa social media management, pasti Anda sudah sering dengar, ya apa itu awareness. Tapi, tahu gak kalau awareness itu merupakan langkah awal bisnis sukses yang perlu terus ditingkatkan? Untuk penjelasan lebih lanjut, simak di artikel ini, ya!

Platform untuk Meningkatkan Awareness Terbaik di Indonesia

Secara harfiah, kata “awareness” berarti kesadaran. Dalam dunia marketing, awareness adalah sebuah kondisi di mana individu menyadari atau mengetahui apa yang sedang terjadi. Nah, kalau konteksnya digital marketing, kata awareness biasanya berdampingan dengan kata “brand”, sehingga “brand awareness” terdengar lebih umum.

Brand awareness adalah kapabilitas atau kemampuan audiens untuk mengenali dan mengingat suatu brand melalui visual-visual tertentu seperti foto, warna, teks, logo dan lain sebagainya yang bisa merepresentasikan identitas dari brand tersebut. Agar masyarakat bisa mengenali brand Anda dengan baik, aspek visual tersebut harus tersebar dengan baik. Caranya? Lewat platform-platform berikut ini.

1.   Meta (Facebook dan Instagram)

Media sosial keluaran Meta menjadi platform penyebaran brand awareness terbaik di Indonesia. Pasalnya, menurut data pengguna Facebook dan data pengguna Instagram tahun 2023, kedua platform ini memiliki pengguna hingga miliaran pengguna, sehingga jika Anda membuat konten di Facebook atau Instagram, potensi audiens mengenali brand Anda akan semakin besar.

Baca Juga: [Data Statistik] Top 5 Sosial Media yang Digemari di Indonesia

2.   TikTok

Pengguna di platform ini juga gak kalah banyak. Dirangkum dari data pengguna TikTok, jumlah user TikTok sampai saat ini adalah sebanyak 1,05 miliar. Angka yang fantastis, bukan? Belum lagi orang-orang zaman sekarang banyak yang mengakses TikTok setiap harinya. Nah, sebagai pebisnis yang cerdas, Anda harus bisa memanfaatkan momen tersebut dengan membuat campaign di TikTok agar brand awareness bisa terus meningkat.

Baca Juga: TERKUAK! INI 9 RAHASIA STRATEGI TIKTOK UNTUK BISNIS DARI DIGITAL AGENCY JAKARTA

 

Metric yang Perlu Diukur Saat Menjalankan Campaign Awareness

Dalam proses meningkatkan brand awareness, Anda harus membuat campaign yang bisa menarik perhatian banyak audiens, sehingga citra brand Anda bisa terus melekat di ingatan. Kalau konten sudah dibuat, Anda hanya perlu memantau kinerja campaign yang telah diposting. Berikut adalah metric yang perlu diukur ketika campaign awareness Anda sedang berjalan.

1.   Impression

Impression adalah metrik yang digunakan sebagai pengukur dari berapa kali munculnya dan seberapa banyak audiens yang terlibat pada sebuah konten digital.

2.   Reach

Reach punya pengertian yang mirip dengan impression. Bedanya, reach adalah jumlah audiens yang melihat konten digital Anda di berbagai platform.

3.   Views

Kalau jumlah pengunjung yang melihat adanya di metrik “reach”, views adalah variabel yang digunakan untuk mengukur atau mengetahui berapa kali audiens mengunjungi situs yang ada pada campaign digital.

4.   Profile Visit

Jika Anda bikin konten di Instagram, ada fitur “Profile Visit” yang akan membantu Anda mengetahui berapa banyak audiens yang mengunjungi profil melalui konten yang Anda buat. Dengan kata lain, profile visit adalah metrik yang mengukur seberapa banyak orang yang mengunjungi halaman profil Anda.

5.   Engagement

Engagement adalah sebuah metrik yang digunakan untuk mengukur seberapa sering konsumen berinteraksi dengan brand atau sebaliknya. Dalam awareness, engagement perlu banget untuk ditingkatkan, karena dengan semakin banyak interaksi antara brand dan konsumen, maka brand bisa mengkonversi audiens menjadi pelanggan serta meningkatkan loyalitas pelanggan lama.

Cara Meningkatkan Awareness

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan awareness bagi brand Anda.

1.   Upload Konten Setiap Hari

Mau di media sosial atau di website, upload konten setiap hari menjadi salah satu cara yang ampuh meningkatkan awareness, karena kalau kuantitas kontennya banyak, maka kesempatan brand Anda menjadi lebih dikenali banyak orang akan semakin besar.

2.   Buat Konten Plan/Editorial Plan

Kelola semua konten dengan cara buat editorial plan agar jadwal hingga isi konten bisa diterbitkan secara teratur.

3.   Buat Konten yang Interaktif

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, engagement akan sangat mempengaruhi keberhasilan awareness. Misal, Anda ingin menaikkan awareness melalui Instagram, Anda bisa mulai dari meningkatkan engagement.

Nah, salah satu cara meningkatkan engagement Instagram yang bisa dilakukan adalah dengan membuat konten interaktif seperti mengadakan giveaway, posting story dengan stiker Add Yours, Polling, Quiz, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 10 KONTEN INSTAGRAM YANG TERBUKTI BISA MENAIKKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM-MU

4.   Aktif Membalas Komen dan DM di Media Sosial

Lagi-lagi, interaksi Anda dengan konsumen memiliki peran penting dalam meningkatkan awareness. Jika Anda bisa membangun kedekatan dengan konsumen, maka konsumen tidak akan ragu untuk terus menerus menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

5.   Beriklan Menggunakan Paid Ads

Memasang iklan digital berbayar di medsos atau platform lainnya bisa membuat brand awareness tersebar lebih luas kepada target audiens yang lebih tepat. Hal ini dikarenakan paid ads menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan Anda untuk mengukur kesuksesan iklan.

Baca Juga: Pilihan Pemasangan Iklan di Media Digital

Tingkatkan Brand Awareness Melalui Paid Ads bersama DiPStrategy!

Lagi cari advertising agency Jakarta untuk pasang Paid Ads? Sama DiPStrategy aja! Memasang iklan digital di Google, Facebook, Instagram, TikTok dan platform lainnya akan lebih mudah dan efektif bersama DiPStrategy, karena kami akan membantu pembuatan campaign dari nol, penyusunan strategi pemasaran pada campaign, hingga memantau jalannya campaign. Tunggu apa lagi? Yuk, hubungi DiPStrategy sekarang!

 

Recent Post

Arif WIcaksono Written by: