6 Cara Jitu Buat Website Ranking Pertama di Google dengan Teknik Membangun Backlink (White Hat SEO)

Last updated on January 10

Dibutuhkan banyak jenis strategi untuk membuat website ranking pertama di Google. Hal ini disebabkan oleh adanya banyak faktor yang akan berpengaruh pada penentuan posisi website oleh mesin pencari. Contohnya adalah off page optimization dimana di dalamnya ada banyak jenis dan salah satunya yakni white hat. Kali ini akan dibahas lebih lengkap seperti apa cara membangun Backlink dengan Teknik white hat SEO.

Tentang White Hat SEO

Mari berkenalan dulu dengan white hat dalam dunia SEO. White hat merupakan strategi yang digunakan untuk membuat website ranking pertama di Google atau mesin pencari tanpa melanggar peraturan apapun. Jadi strategi yang diterapkan untuk membuat website ranking pertama di Google adalah strategi yang aman dan tidak curang.

White hat ini merupakan kebalikan dari black hat dimana black hat menerapkan cara-cara curang untuk mendapatkan posisi peringkat website yang tinggi. Tentunya white hat menjadi jenis strategi yang lebih direkomendasikan. Cara ini lebih aman dan memang sesuai dengan aturan Google.

Membangun Backlink dengan Strategi White Hat

Lalu, strategi apa saja yang bisa dilakukan dalam white hat ini? Ada banyak pilihan cara untuk meningkatkan performa website tanpa kecurangan. Berikut ini adalah 6 strategi yang bisa Anda coba:

  1. Gunakan Media Sosial

    Langkah pertama dan paling mudah dilakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial. Buatlah akun di beberapa jenis media sosial kemudian masukkan link website anda di bio atau deskripsi profil anda. Anda juga bias membagikan link website melalui akun-akun tersebut. Semakin banyak link tersebar maka semakin besar juga peluang traffic meningkat.

  1. Manfaatkan Blog Comment

    Cara sehat meningkatkan performa website lainnya adalah dengan memanfaatkan fitur blog comment. Cobalah untuk meninggalkan komentar yang relevan dengan website Anda di blog milik orang lain. Sertakan juga link ke blog atau website Anda namun jangan membuat komentar yang terindikasi spam dan mengarah ke hal negatif.

  1. Guest Posting

    Anda juga bisa melakukan guest posting untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencarian. Guest posting artinya Anda mengunggah tulisan atau konten di blog lain. Manfaatkan fasilitas website seperti  Kompasiana, Quora, dan Medium. Website-website seperti ini terbuka bagi siapa saja untuk menuliskan konten dengan topik beragam. Tentunya Anda juga harus menyertakan link menuju website Anda sendiri agar traffic tinggi dan website ranking pertama di google

  1. Gabung dengan Online Forum

    Strategi berikutnya yang bisa dilakukan adalah bergabung dengan online forum yang banyak beredar saat ini. Pilihlah forum yang sesuai dengan niche website Anda. Lewat forum tersebut Anda bisa membangun relasi sekaligus mencari peluang meningkatkan performa website.

  1. Jadilah Expert

    Anda juga bisa menjadi expert dan melakukan wawancara sebagai narasumber. Cobalah untuk menjadi face of your own business. Langkah ini akan meningkatkan citra Anda dan secara otomatis ikut mendongkrak popularitas website sehingga meningkatkan peluang website ranking pertama di google

  1. Dapatkan Publikasi Positif

    Strategi white hat juga bisa diterapkan dengan cara mendapatkan publikasi yang positif. Gunakan public relation Anda untuk mempublikasikan website dengan cara yang positif. Publikasi di media ternama seperti kompas, detik, jelas akan sangat efektif meningkatkan performa website.

Itulah strategi yang bisa dilakukan untuk membuat website ranking pertama di google. Agar proses optimasi ini dapat berjalan lebih lancar, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan DiPStrategy. DiPStrategy siap membantu Anda menjalankan strategi white hat untuk meningkatkan performa website.

Baca juga : Alasan Kenapa Pelaku Usaha Harus Punya Website

Recent Post

Krisno Wisnuadi Written by:

A seasoned digital practitioner with more than 12 years of progressive experiences in the Creative and Digital industry, serving as Designer, Game Designer /Programmer, Web Analyst, Project Manager, Creative Development Manager, Head of Online Services, and Managing Director.

One Comment

Comments are closed.