Pahami Apa Itu Digital Activation dan Manfaatnya

Last updated on March 24

Digital activation adalah salah satu strategi pemasaran yang kini sedang gencar diterapkan oleh para pegiat bisnis. Di era gempuran pasar yang kian kompetitif, menerapkan digital activation dirasa sangat diperlukan bagi perusahaan. Apa itu digital activation? Dan apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengalihkan bisnis ke platform digital? Selengkapnya, kita bahas di bawah ini, ya!

Apa Itu Digital Activation?

Digital activation adalah sebuah strategi marketing yang cara kerjanya dengan menargetkan audiens mikro dengan dasar membangun komunikasi yang interaktif antara konsumen dengan brand melalui platform digital. Tujuannya adalah agar perusahaan bisa meningkatkan brand awarenesss dan mendorong angka penjualan dengan memanfaatkan media digital.

Kalau secara konvensional melakukan promosi dan pemasaran produk biasa dilakukan melalui billboard atau media cetak lainnya, sekarang Anda bisa melakukannya melalui platform digital. Selain itu, melalui platform digital seperti sosmed, Anda bisa menciptakan interaksi dengan pelanggan, sehingga kedekatan Anda sebagai pemilik brand dengan pelanggan akan semakin lekat.

Itulah mengapa Anda perlu mengaktifkan digitalisasi atau menerapkan brand activation. Brand activation yang sukses adalah yang mampu menciptakan hingga meningkatkan engagement dengan audiens. Jadi, user exprience (UX) menjadi salah satu fokus utama dari brand activation.

Baca Juga: IDE LOMBA 17 AGUSTUS ONLINE UNTUK CAMPAIGN DIGITAL MARKETINGMU!

Manfaat Brand Activation untuk Bisnis Anda

Mau di industri manapun bisnis Anda bergerak, brand activation bisa membawa brand Anda ke arah yang lebih baik. Mulai dari menjangkau target audiens yang lebih luas hingga meningkatkan penjualan, apapun target bisnis Anda, semuanya akan mudah Anda wujudkan jika Anda melakukan brand activation. Selain itu, ada pula beberapa manfaat lainnya yang bisa     Anda rasakan dari aktivasi merek. Yuk, simak di bawah ini, ya.

1. Memberikan Hasil Langsung

Kinerja penyebaran informasi melalui platform digital yang hanya sepersekian detik, membuat Anda bisa dengan instan merasakan hasilnya. Misal, Anda membuat konten di Instagram, dengan fitur Engagement, Anda bisa melihat berapa banyak audiens yang menjangkau konten Anda. Nah, grafik demografi dan info lainnya yang terdapat pada menu engagement akan bermanfaat untuk Anda menyusun strategi pemasaran yang selanjutnya.

Baca Juga: 10 KONTEN INSTAGRAM YANG TERBUKTI BISA MENAIKKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM-MU

2. Optimasi Campaign Jangka Panjang

Aktivasi brand memungkinkan Anda untuk membuat campaign digital di berbagai platform. Media digital pun kini menyediakan banyak fitur bermanfaat yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan campaign Anda. Dampak yang Anda dapatkan pun berkelanjutan.

Contohnya adalah fitur AB Testing di Facebook Ads. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mengetahui dari sekian banyak campaign yang Anda buat, campaign mana yang efektif dalam meningkatkan awareness. Dengan begitu, penyusunan strategi marketing jadi semakin mudah, bukan?

Baca Juga: KENAPA PERLU MEMASANG IKLAN DI GOOGLE ADS? APAKAH PENTING?

3. Keuntungan Bisnis yang Lebih Terukur

Mengalihkan bisnis Anda ke platform digital akan membuat brand lebih dikenal oleh khalayak ramai. Semakin brand Anda terkenal, semakin besar juga peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan bisnis yang lebih cuan! Profit Anda pun akan lebih terukur jika Anda memasang iklan digital.

Baca Juga MANFAAT TRANSFORMASI DIGITAL BAGI PERUSAHAAN & PELAKU BISNIS

4. Persiapan hingga Peluncuran yang Mudah dan Cepat

Aktivasi digital berarti mengalihkan semua sistem konvensional ke sistem online. Artinya, semua serba sat set sat set! Mempublikasikan konten promosi akan jadi lebih mudah dan penyebarannya pun lebih luas dan cepat. Katakanlah brand Anda sedang mengadakan promo beli 1 gratis 1, yang perlu Anda lakukan adalah buat konten, dan mempostingnya di seluruh platform digital. Mudah dan cepat, bukan?

5. Feedback dari Customer

Brand activation disebut juga sebagai salah satu upaya untuk brand lebih terhubung dengan pelanggan. Melakukan brand activation untuk perusahaan Anda akan membuka kesempatan bagi Anda untuk lebih sering berinteraksi dengan konsumen.

Dari sini Anda bisa menganalisis perilaku konsumen yang nantinya analisa tersebut akan berguna untuk mengembangkan brand Anda. Nah, kalau sudah interaktif dengan konsumen, konsumen pun tidak akan ragu untuk memberikan feedback yang bagus untuk brand Anda. Yang terpenting, tingkatkan terus pelayanan perusahaan Anda, ya!

Brand activation merupakan strategi marketing yang penting untuk Anda terapkan. Kenapa? Di era yang serba digital ini, masyarakat cenderung mengenali dan mencari tahu informasi tentang brand Anda melalui platform digital. Manfaat yang diberikan brand activation juga gak kalah menguntungkan, lho. Pasalnya, Anda bisa meraup profit bisnis yang lebih terjamin kalau perusahaan bisa maju dan merambah ke dunia digital. Semoga bermanfaat!

Mau Brand Activation Bisnismu Dibantu? Yuk, Kerjasama Bareng DiPStrategy!

Buat Anda yang baru ingin memulai transformasi digital dengan menerapkan brand activation, yuk kerja sama bareng DiPStrategy! Kenapa harus sama DiPS? DiPStrategy merupakan digital agency Jakarta yang akan melayani Anda untuk melakukan transformasi digital dengan menawarkan beberapa jasa seperti website developing, social media management, email marketing, optimasi SEO/SEM, dan lain sebagainya.

Kami akan membuatkan Anda berbagai macam aset digital yang pastinya dengan kinerja dan performa yang terjamin. Yuk, tunggu apa lagi? Hubungi DiPStrategy sekarang!

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: