[Data Statistik] Top 5 Sosial Media yang Digemari di Indonesia

Last updated on November 22

Peran sosial media di zaman yang serba modern ini sudah tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Selain penyebaran informasi yang cepat, sosial media juga memungkinkan semua orang dari berbagai belahan dunia saling terhubung satu sama lain. Ada banyak sosial media dengan berbagai macam fitur menarik yang bisa Anda gunakan, tapi, kira-kira sosial media mana, ya, yang menjadi primadona di Indonesia?

Dilansir dari We Are Social, pada Januari 2022 Data pengguna sosial media terhitung sebanyak 191 juta di Indonesia. Di tahun sebelumnya, Indonesia memiliki 170 juta pengguna, sehingga dapat dikatakan bahwa jumlah social media user di tanah air meningkat hingga 12,35%. Mau tahu data statistik sosial media Indonesia selengkapnya? Berikut survei organic search dan authority score SEMRush yang dilakukan tim DiPStrategy pada bulan Mei 2022.

Baca Juga MANFAAT TRANSFORMASI DIGITAL BAGI PERUSAHAAN & PELAKU BISNIS

Top 5 Sosial Media Terbaik Bulan Mei 2022

Memiliki aplikasi sosial media di smartphone kini sudah menjadi hal yang sangat lumrah di kalangan masyarakat.  Sosial media memberikan para penggunanya kesempatan untuk saling berbagi segala hal tentang aspek kehidupan melalui tulisan, foto, video, dan berbagai macam konten lainnya.

Nah, saking banyaknya sosial media yang tersedia di Google Play ataupun App Store, Anda tahu gak aplikasi sosmed mana yang paling digemari masyarakat Indonesia? Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Baca Juga: MENGENAL PROGRAMMATIC ADS: PENGERTIAN, MANFAAT, CONTOH, DAN CARA MENGGUNAKANNYA

1. Facebook

Sosial media yang menempati posisi teratas melalui organic search melalui mesin pencari adalah Facebook. Data pengguna facebook di Indonesia menunjukkan jumlah pengguna-nya sebanyak 129,85 juta per Januari 2022, peningkatan organic search Facebook kini juga sudah mencapai hingga 178.700.000.

Authority score yang didapatkan Facebook juga gak kalah banyak, lho, yaitu sebanyak 98/100. Sosial media unggulan milik Mark Zuckerberg ini sudah berhasil mencuri perhatian masyarakat dunia termasuk Indonesia dengan segala fiturnya.

2. YouTube

YouTube merupakan platform berbagi video terbesar di dunia. YouTube bisa dikatakan sebagai sumber utama penyebaran informasi melalui video dengan jutaan pengguna. YouTube memungkinkan penggunanya untuk berbagi video dan saling bertukar pesan melalui fitur comment di video yang diunggah para kreator.

Berdasarkan survei SEMRush bulan Mei 2022, data pengguna Youtube berikisar sebanyak 78.900.000 organic search YouTube yang dilakukan warga Indonesia melalui search engine Google. Untuk authority score-nya YouTube berhasil mendapatkan nilai sebanyak 92.

3. Instagram

Sosial media yang selanjutnya adalah Instagram. Siapa, sih, yang hari gini gak tahu Instagram? Instagram merupakan aplikasi sosial media yang berada di bawah naungan Meta sama seperti Facebook. Di Instagram, selain Anda bisa berbagi foto dan video, Anda juga bisa, lho, saling bertukar pesan melalui Direct Message, mengedit video, membagikan video pendek berbentuk InstaStory dan masih banyak lagi.

Fiturnya yang bejibun membuat IG menjadi salah satu aplikasi kegemaran warga Indonesia. Hal ini dibuktikan dari jumlah data pengguna Instagram yang mencapai hingga 78 juta dan authority score dengan angka 91 pada bulan Mei 2022.

Baca Juga : PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI TOOLS MARKETING BAGI PELAKU USAHA

4. TikTok

TikTok adalah medsos keluaran ByteDance yang memfasilitasi penggunanya dengan berbagai macam fitur untuk mengedit, membuat, atau berbagi video berdurasi 15 detik hingga 3 menit. Meskipun durasi video di TikTok tidak sepanjang YouTube, tapi pengguna TikTok juga gak kalah banyak, lho. Jumlah organic search yang didapatkan data pengguna TikTok berdasarkan survei SEMRush Mei 2022 adalah 7,2 juta dengan authority score sebanyak 92. Keren banget, ya?

5. Twitter

Aplikasi burung biru yang satu ini sudah melanglang buana di dunia internet sejak tahun 2006. Kehadirannya membuat masyarakat Indonesia gempar, karena di Twitter Anda bisa berbagi cuitan kapan saja dan di mana saja.

Meskipun Twitter memiliki jumlah organic search yang paling sedikit dibandingkan medsos-medsos di atas, yaitu sebanyak 30 juta, tapi Twitter memiliki authority score tertinggi, yaitu 100! Fakta ini tentu saja membuktikan meskipun Twitter tidak banyak dicari orang-orang melalui search engine, tapi penggemar dan penggunanya tidak sedikit, lho!

Nah, gimana? Sudah tahu, kan, 5 sosmed teratas yang digemari warga +62? Apakah Anda pengguna salah satu aplikasinya? Atau justru Anda pemilik akun dari semua sosial media di atas? Jika Anda adalah pengguna aktif sosial media, pastikan Anda bermedsos dengan bijak, ya! Semoga artikel di atas bermanfaat!

Tabel Statistik Top 5 Sosial Media Terbaik Bulan Mei 2022

Social Media Statistic
No Nama Authority Score Organic Search
1 Facebook 98 178.7M
2 Youtube 92 78.9M
3 Instagram 91 78M
4 Twitter 100 30M
5 Tiktok 92 7.2M

Sumber: SEMRush

Social Media Management Bersama DiPStrategy: Kunci Sukses Bisnis melalui Sosmed!

Ingin mengembangkan bisnis melalui sosial media? Gunakan jasa social media management dari DiPStrategy! Social Media Management DiPStrategy akan mengembangkan brand awareness dengan baik, memperkenalkan nilai dan budaya perusahaan Anda kepada masyarakat, serta meningkatkan penjualan dengan promosi penawaran melalui sosial media.

Mau itu Facebook, Instagram, TikTok, atau Twitter sekalipun, DiPStrategy bisa handle semuanya! Yuk, jangkau konsumen potensial Anda melalui sosmed bersama DiPStrategy!

Free Consultation

Recent Post

Krisno Wisnuadi Written by:

A seasoned digital practitioner with more than 12 years of progressive experiences in the Creative and Digital industry, serving as Designer, Game Designer /Programmer, Web Analyst, Project Manager, Creative Development Manager, Head of Online Services, and Managing Director.