Pentingnya Social Media Management untuk Bisnis Anda

Last updated on March 14

Media sosial menjadi salah satu platform digital yang memiliki banyak pengguna. Banyaknya pengguna sosmed merupakan sebuah peluang bagi para pegiat bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang lebih cuan. Mau tahu seberapa pentingnya social media management untuk bisnis? Simak ulasannya di sini, yuk.

Apa Itu Social Media Management?

Banyak hal yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya sebuah bisnis, salah satunya adalah pengelolaan strategi bisnis yang baik. Memanfaatkan platform digital seperti media sosial adalah salah satu langkah yang Anda bisa tempuh untuk memajukan bisnis. Social media management adalah sebuah metode pengelolaan sosial media yang mencakup analisis audiens di media sosial

Analisis ini kemudian dikembangkan menjadi sebuah strategi pemasaran yang nantinya akan berguna untuk meraup keuntungan. Umumnya, analisis audiens sosial media dilakukan dengan cara menganalisis perilaku audiens seperti memantau berapa banyak audiens yang melihat campaign Anda, menganalisis demografi audiens yang mengklik konten, dan lain sebagainya.

Baca Juga MANFAAT TRANSFORMASI DIGITAL BAGI PERUSAHAAN & PELAKU BISNIS

Cakupan Social Media Management

Untuk memahami social media management lebih dalam, berikut adalah objektif yang termasuk ke dalam pengelolaan media sosial.

  1. Mengelola konten mulai dari membuat hingga mendistribusikannya.
  2. Memonitor interaksi online yang terjadi di tengah pasar serta memahami keinginan dan kebutuhan khalayak ramai.
  3. Melakukan kolaborasi dengan tokoh masyarakat atau influencer.
  4. Menjadikan media sosial sebagai sarana komunitas.
  5. Memantau keberhasilan konten.
  6. Membuat schedule terkait pendistribusian konten.
  7. Menyusun laporan performa atau kinerja dari media sosial bisnis yang aktif seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya.

Kenapa Bisnis Harus Menggunakan Social Media Management?

Dengan manajemen media sosial, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Selain itu, masih banyak lagi manfaat social media management yang bisa Anda dapatkan. Berikut adalah alasan kenapa Anda perlu menerapkan social media management untuk bisnis.

1.    Pemahaman Audiens yang Lebih Dalam

Seperti yang sudah disebutkan di atas, socmed management merupakan upaya dalam menganalisis audiens melalui perilakunya. Artinya, jika analisis audiens medsos Anda dilakukan dengan baik, maka Anda akan bisa lebih memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh audiens.

Baca Juga: 10 KONTEN INSTAGRAM YANG TERBUKTI BISA MENAIKKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM-MU

2.    Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Social media management akan membantu Anda dalam optimasi strategi pemasaran digital. Dengan media sosial, konten Anda dapat dilihat oleh audiens dari berbagai belahan dunia.

Untuk menjangkau target pasar yang lebih akurat, Anda bisa memasang iklan digital dengan bantuan digital agency Jakarta terpercaya seperti DiPStrategy. Mau di Facebook, Instagram, atau social media lainnya, jasa iklan digital DiPStrategy akan memastikan iklan Anda terukur dan menjangkau target pasar yang tepat.

3.     Mampu Meningkatkan Pelayanan Konsumen

Social media memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens baik via komentar di konten Anda, atau melalui fitur message. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat memberikan respon terhadap pertanyaan atau komplain dari pelanggan, lho. Jadi, menggunakan social media management juga akan memberikan manfaat berupa pengelolaan customer relationship yang baik.

4.    Manajemen Konten yang Lebih Efisien

Membuat konten untuk social media bukanlah hal yang mudah mengingat beberapa orang mengalami kesulitan dalam memikirkan ide konten. Dengan social media management, pengelolaan konten bisa menjadi lebih efisien. Anda bisa menyusun perencanaan konten hingga penjadwalan distribusi konten.

Baca Juga: CARA MEMBUAT CONTENT PILLAR LENGKAP DENGAN STEP BY STEP

5.    Efisiensi dalam Mengontrol Campaign

Selain melalui iklan di Google, campaign iklan di sosial media tidak kalah menguntungkan, lho. Nah, kalau Anda menerapkan social media management sendiri atau menggunakan jasa social media management, kontrol campaign akan lebih efisien dan terukur. Pastikan Anda mengetahui cara menentukan media promosi campaign yang tepat.

Baca Juga: 4 CONTOH IDE CAMPAIGN RAMADHAN YANG UNIK DAN LUCU DARI BRAND TERNAMA DI INDONESIA

 

Skill yang Perlu Dimiliki oleh Seorang Social Media Manager

Sampai sini, sudah kepikiran belum untuk menggunakan social media management? Kalau sudah, pastikan Anda memiliki social media manager yang setidaknya sudah menguasai keahlian-keahlian berikut ini.

  1. Memiliki skill analisis yang baik.
  2. Komunikatif.
  3. Memahami perkembangan teknologi.
  4. Uptodate mengenai tren terkini.
  5. Mampu membuat konten tulisan yang menarik.
  6. Memiliki kemampuan mengelola project yang baik.
  7. Menguasai public speaking.
  8. Mampu melayani konsumen atau audiens.
  9. Dapat menyusun strategi yang efektif.
  10. Menguasai skill desain untuk konten.
  11. Kreatif.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda pahami mengenai social media management. Siapa sangka kalau social media management sangat krusial terutama di era digital seperti ini yang di mana banyak pegiat bisnis menggunakan medsos menjadi media pemasaran.

Optimalkan Sosmed Bisnis Anda bersama DiPStrategy

Pusing mikirin ide konten sekaligus menyusun strategi pemasarannya? Gunakan jasa social media management dari DiPStrategy aja! Tim kami akan dengan senang hati membantu Anda membuat rancangan konten hingga memantau performa konten sosial media Anda. Mau pasang iklan juga? Bisa! DiPStrategy akan memastikan Anda memiliki iklan dengan kinerja yang baik dan mampu meningkatkan keuntungan bisnis. Yuk, hubungi DiPStrategy sekarang!

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: