Cara Membuat Brief Untuk KOL & Templatenya Biar Terlihat Semakin Professional

Sering dengar istilah KOL? Tahu gak, apa itu KOL? Dalam dunia pemasaran digital, marketer pasti sudah tidak asing lagi dengan KOL alias Key Opinion Leader. KOL ini seringkali dikaitkan dengan influencer. Nah, sebagai marketer yang professional, Anda harus bisa membujuk influencer untuk bekerja sama dengan perusahaan Anda. Yuk, kita kupas tuntas segala tentang KOL beserta template brief influencer biar mereka minat jadi KOL untuk Anda.

Apa Itu KOL (Key Opinion Leader)

KOL adalah seseorang dengan sebuah keahlian tertentu yang biasanya sudah dikenal oleh banyak orang. Key Opinion Leader biasanya memiliki pengaruh yang besar terhadap masyarakat, sehingga opininya pun seringkali didengarkan.

Alasan KOL bisa mendapatkan respect yang besar dari masyarakat adalah karena KOL sudah ahli dalam bidangnya baik dari segi pengetahuan ataupun kemampuan.

Pengaruh KOL yang besar, menjadi sebuah potensi yang harus dimanfaatkan oleh digital marketer. Menggunakan KOL untuk mengenalkan brand Anda kepada masyarakat luas akan sangat menguntungkan, lho.

Nah, untuk mencari KOL yang tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan seperti menyusun brief untuk “melobi” KOL agar mau bekerja sama dengan Anda.

Baca Juga: 5 CARA TERPRAKTIS MEMILIH INFLUENCER YANG TEPAT

Manfaat Membuat KOL Brief

Untuk bisa menggandeng KOL yang sesuai dengan bidang bisnis Anda, membuat brief tentu sangat diperlukan karena brief yang terinci adalah salah satu indikator yang akan menentukan keberhasilan campaign Anda bersama KOL terkait. Berikut adalah manfaat membuat brief KOL yang bisa Anda dapatkan jika membuat KOL brief dengan baik dan benar.

1. Membuat Bisnis Terlihat Lebih Profesional

Brief yang baik akan menaikkan citra bisnis Anda. Jika tim digital marketing memiliki brief yang jelas, KOL pun tidak akan ragu untuk bekerja sama dengan Anda. Dengan begitu, profesionalitas dari tim juga akan lebih terlihat.

2. Membuat Komunikasi Semakin Efektif dan Efisien

Brief influencer biasanya terdiri dari tujuan apa yang Anda ingin capai serta strategi apa yang akan diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan mencantumkan semuanya dengan jelas, maka komunikasi Anda dengan KOL pun akan semakin mudah dan efektif, karena semuanya sudah tercatat dengan jelas.

3. Menghindari Risiko Perubahan Rencana

Misal, Anda ingin menggandeng influencer untuk menjadi KOL. Nah, cara membuat brief influencer yang dianjurkan adalah dengan memaparkan semua rencana kerja sama yang akan Anda ajukan kepada KOL pilihan Anda dengan jelas.

Pembuatan rancangan ini bukan semata-semata tanpa tujuan, lho. Jika sudah dirancang dengan baik, maka Anda akan terhindar dari risiko perubahan rencana di last minute, terhindar dari salah paham, dan tujuan-tujuan yang bertabrakan dengan pihak tertentu.

4. Output Berkualitas

Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Jika creative brief untuk KOL dibuat dengan rapi dan sesuai ketentuan, maka proyek akhir yang rinci akan menghasilkan output yang berkualitas tinggi.

5. Menjaga Hubungan Baik dengan KOL

Terakhir, creative brief akan memudahkan Anda untuk menjaga hubungan baik dengan KOL yang bersangkutan. Komunikasi yang baik tentu saja sangat dibutuhkan saat Anda bekerja sama dengan KOL. Jadi, pastikan Anda membuat brief yang jelas memaparkan harapan dan goal bisnis Anda.

Baca Juga: 5 CARA MENAIKKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM

Cara Menyusun Brief KOL

Berikut adalah beberapa cara menyusun brief KOL yang bisa Anda lakukan agar KOL mau bekerja sama dengan brand Anda.

1. Cantumkan USP Product

Unique Selling Point adalah aspek yang perlu diketahui oleh KOL, karena nantinya, KOL inilah yang akan mempromosikan produk Anda kepada khalayak luas.

2. Tentukan Gaya Bahasa

Gaya bahasa untuk brief KOL bisa Anda buat dengan cara menyesuaikan target audience. Misal, target audiens Anda adalah remaja usia 16-19 tahun, untuk gaya bahasanya, Anda bisa menggunakan tone yang fun tapi tetap profesional.

3. Tentukan Guideline Lokasi yang Sesuai

Membuat brief juga akan menghindari Anda dari miskomunikasi. Ketika membuat brief, pastikan Anda menentukan guideline lokasi yang sesuai dengan campaign. Misal, produk yang Anda ingin pasarkan adalah sunscreen, Anda bisa mengajak KOL untuk membuat campaign di pantai. Jangan lupa juga untuk memastikan KOL mengetahui seputar informasi lokasi campaign, ya.

Baca Juga Tips Menentukan Media Promosi Campaign yang Tepat

4. Tentukan Warna Baju yang Perlu Dipakai KOL

Identitas brand biasanya direpresentasikan melalui warna. Di bagian ini, pastikan KOL mengenakan pakaian sesuai dengan warna yang merepresentasikan citra brand Anda.

5.Tentukan Jadwal Jam Tayang

Untuk menentukan jadwal jam tayang campaign yang tepat, Anda bisa memantau insight sosial media bisnis Anda. Perhatikan di jam berapa saja audiens berinteraksi dengan konten Anda. Di jam-jam itulah Anda bisa menentukan jadwal tayang campaign.

6. Tentukan Format Campaign

Apakah Anda ingin membuat campaign di Instastory? Atau Feeds? Pastikan format campaign tertulis jelas di dalam brief, ya agar KOL tidak bingung memilih jenis campaign apa yang harus mereka buat.

Itu dia beberapa langkah dalam membuat creative brief untuk mengajak KOL atau influencer untuk bekerja sama. Ingat, KOL memiliki pengaruh besar bagi pengambilan keputusan target marketing Anda. Jadi, pastikan Anda membuat brief dengan benar, ya, agar Anda bisa menggaet pelanggan baru melalui kerja sama dengan KOL.

Kalau Anda sudah seliweran mencari contoh briefing KOL tapi belum merasa terbantu juga, DiPStrategy punya template briefing KOL yang bisa Anda gunakan. Bisa langsung download di sini!

Kelola Sosmed Bisnismu Bersama DiPStrategy

Punya banyak akun medsos bisnis tapi pusing mengelolanya? Daripada hire admin, serahkan semuanya sama DiPStrategy aja! Dengan jasa social media management dari DiPStrategy, kami akan memastikan Instagram, Facebook, hingga TikTok bisnis Anda memiliki performa dan insight yang baik. Yuk, hubungi DiPStrategy sekarang!

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: