Bikin Engagement Naik! Ini Dia Ide Campaign Natal dan Tahun Baru untuk Bisnismu

Hari-hari besar seperti natal dan tahun baru memang selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Kenapa? Karena pemilik bisnis bisa memanfaatkannya untuk mencapai target penjualan. Kamu mau ikut berpartisipasi juga memeriahkan natal dan tahun baru? Yuk, intip ide campaign natal dan tahun baru yang bisa meningkatkan engagement hingga penjualan produk yang kamu jual!

Strategi Meningkatkan Penjualan Saat Natal dan Tahun Baru

Tibanya perayaan hari besar tidak dapat diabaikan. Sebagai pegiat bisnis yang cerdas, kamu harus bisa memanfaatkan setiap momen hari besar sebagai peluang untuk memajukan bisnis. Berikut adalah strategi meningkatkan penjualan saat natal dan tahun baru.

1.   Atur Stok Stok Dagangan

Hal pertama yang harus kamu siapkan saat menyambut natal dan tahun baru adalah mengelola stok produk yang tersedia, baik di gudang maupun di toko. Ketahui berapa banyak produk yang kamu ingin keluarkan ketika hendak mengadakan promosi natal dan tahun baru. Hal ini sangat penting untuk kamu lakukan agar selama event berlangsung, tidak ada produk yang terbengkalai.

2.   Berikan Promo Bundling dan Penawaran Spesial Lainnya

Selanjutnya, kamu juga bisa mengadakan promo berupa penjualan produk satu paket dengan harga yang lebih murah. Ide promo natal yang bisa kamu terapkan adalah dengan menggabungkan dua produk sekaligus dan menjualnya dengan promosi seperti Buy 1 Get 1, +1000 Get 2, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa mengadakan diskon besar-besaran di hari-hari tertentu. Misalnya seperti promo tahun baru Buy 1 Get 1 untuk semua produk yang hanya berlaku di malam tahun baru.

3.   Mempercantik Website dan Social Media dengan Pernak-Pernik Natal

Biar vibe natal dan tahun barunya lebih terasa, kamu bisa merubah tampilan website dan social media bisnismu dengan tema natal yang menarik. Kamu bisa menampilkan produk-produk yang bisa dijadikan hadiah natal di halaman utama, membuat countdown tahun baru, membuat konten blog bertemakan liburan dengan tambahan desain christmas-themed baik di website maupun social media.

Baca Juga: Pentingnya Mengelola Social Media Marketing untuk Brand

4.   Optimalkan Email Marketing dengan Tema Natal dan Tahun Baru

Tahu, kan customer paling suka kalau di-approach dari hati ke hati? Nah, kamu bisa menunjukkan rasa syukur kamu kepada para konsumen dengan mengucapkan selamat natal dan tahun baru melalui email marketing. Sebagai bentuk terima kasih kamu terhadap konsumen, kamu bisa memberikan promo natal dan tahun baru juga via email biar lebih intimate.

Baca Juga: KUMPULAN TEMPLATE EMAIL MARKETING UNTUK NATAL

5.   Mengadakan Campaign Bertemakan Natal dan Tahun Baru di Social Media

Ide promo tahun baru dan natal bisa kamu terapkan juga di akun bisnis Instagram, Facebook, Twitter, dan sosmed lainnya. Kamu bisa mengajak followers untuk upload foto dengan konsep natal yang menarik dan berikan promo untuk produk tertentu bagi yang berpartisipasi. Atau, bisa juga, nih kamu mengadakan campaign-campaign berikut ini.

a.    Playlist Khusus Natal

Kamu bisa share playlist Spotify yang berisikan lagu-lagu spesial natal atau mengajak audiens kamu untuk kolaborasi membuat playlist natal.

b.    Membuat Video Spesial Natal dan Tahun Baru

Lakukan promosi produk melalui video dengan tema natal dan tahun baru. Jangan lupa terapkan storytelling yang menarik dan sertakan CTA agar banyak yang tertarik dengan produk kamu.

c.    Buatlah Konten Interaktif

Konten interaktif bisa kamu buat di sosmed seperti Instagram dengan memanfaatkan fitur polling, this or that, QnA box, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 4 CONTOH IDE CAMPAIGN RAMADHAN YANG UNIK DAN LUCU DARI BRAND TERNAMA DI INDONESIA

d.    Perbarui Tampilan Feed Sosmed

Menyambut natal dan tahun baru juga bisa kamu lakukan dengan meng-update tampilan feed sosmed bisnis. Kamu bisa membuat infografis atau foto produk dengan pernak-pernik dan kombinasi warna bertemakan natal dan tahun baru.

e.    Giveaway dan Lomba Online

Ajak followers kamu untuk ikut giveaway dengan syarat dan ketentuan yang bisa menguntungkan brand kamu seperti tag teman sebanyak-banyaknya atau posting di Instastory.

Dengan begitu, potensi kamu mendapatkan pelanggan baru akan semakin besar, lho. Jangan lupa juga untuk menyiapkan hadiah yang menarik untuk pemenangnya, ya.

Baca Juga: 10 KONTEN INSTAGRAM YANG TERBUKTI BISA MENAIKKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM-MU

f.     Membuat Konten Tips dan Trik atau Do-It-Yourself (DIY)

Natal dan tahun baru identik dengan pemberian hadiah. Jadi, ketika momen natal dan tahun baru tiba, kamu bisa memberikan ide-ide hadiah yang cocok untuk diberikan saat natal dan tahun baru. Berikan konten tips dan trik atau cara membuat hadiah natal yang mudah dan bisa dilakukan sendiri alias DIY.

Itu dia beberapa tips dan ide seputar campaign natal dan tahun baru. Yuk, jadikan momen liburan panjang jadi peluang bisnis untuk kamu.

Buat Campaign Natal dan Tahun Baru bersama DiPStrategy

Perayaan natal dan tahun baru tinggal sebentar lagi, tapi masih bingung mau buat campaign apa? Tenang. DiPStrategy bisa membantu kamu!

Sebagai salah satu digital agency Indonesia terbaik, DiPStrategy gak akan membuatkan kamu campaign yang biasa aja, tapi tim kami juga akan membuat campaign dengan penyampaian brand identity yang pas dan promosi ke target audiens yang tepat biar tujuan bisnis kamu bisa dengan mudah tercapai. Yuk, hubungi DiPStrategy sekarang!

Recent Post

Rifaldi Hanif Written by: