Belajar Digital Marketing: Pengertian, Jenis, dan Contoh Digital Marketing

Last updated on April 5

Di tengah gempuran persaingan dagang yang semakin ketat, pemasaran digital menjadi salah satu aspek yang bisa menyelamatkan bisnis Anda agar tetap kompetitif. Itulah mengapa pegiat bisnis perlu belajar digital marketing. Dengan memahami digital marketing dari A sampai Z, maka Anda bisa membawa bisnis yang Anda tekuni ke arah yang lebih baik.

Anda mau memperdalam ilmu digital marketing Anda? Simak terus artikel ini, ya! Pada bahasan kali ini, kita akan mengupas tuntas semua tentang digital marketing!

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah strategi marketing atau pemasaran sebuah brand, produk, atau jasa melalui media digital dan platform online seperti website, Facebook, Instagram, Google, dan lain sebagainya. Penerapan digital marketing pada sebuah perusahaan biasanya bertujuan untuk mendongkrak angka penjualan, meningkatkan brand awareness, atau menyampaikan informasi lainnya.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Sebelum terjun lebih dalam ke dunia digital marketing, ada beberapa jenis digital marketing yang perlu Anda kenali agar Anda tahu mana yang cocok untuk diterapkan bagi bisnis Anda. Berikut ulasannya.

Website

Dalam digital marketing, website bukan hanya sekedar platform untuk memasarkan produk saja, tapi website juga bisa digunakan untuk memuat informasi seputar bisnis Anda dan juga sebagai media promosi.

Search Engine Marketing

Agar web Anda bisa ditemui dengan mudah, maka Anda bisa menerapkan strategi search engine marketing. Bisa melalui SEO atau SEM. SEO memungkinkan Anda untuk mengoptimasi website dengan murah dan relatif lama, tapi kalau SEM, bisa lebih cepat tapi dengan biaya yang relatif mahal.

Social Media Marketing

Memasarkan bisnis Anda juga bisa melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan berbagai platform medsos lainnya juga bisa meningkatkan brand awareness hingga penjualan.

Online Advertising

Strategi yang satu ini dilakukan dengan cara memasangkan iklan di platform online seperti di website atau bahkan di YouTube.

Email Marketing

Ingin menggaet pelanggan baru atau meningkatkan loyalitas pelanggan lama? Email marketing kuncinya! Anda bisa memberikan promosi dan menyebarkan informasi seputar produk Anda melalui email para pelanggan Anda.

Video Marketing

Video marketing ditujukan bagi Anda yang ingin mengenalkan bisnis atau melakukan promosi produk menggunakan visual dalam bentuk video yang disebarluaskan melalui jaringan internet.

Langkah-langkah Belajar Digital Marketing

Contoh digital marketing yang baik adalah menerapkan langkah-langkah komprehensif secara berkala. Sudah tahu mau menerapkan jenis pemasaran digital yang seperti apa? Nah, sekarang ikuti, yuk langkah-langkah untuk memulai belajar digital marketing.


  1. Menentukan target pasar dan minat serta kebutuhan dari target Anda.

  2. Mempelajari marketing funnel

  3. Menyusun planning pemasaran digital

  4. Mempelajari marketing campaign

  5. Memanfaatkan platform digital untuk media pemasaran

  6. Menerapkan strategi copywriting yang engaging

  7. Menganalisis performa pemasaran digital yang berjalan

  8. Mempelajari metrik pemasaran digital

  9. Melakukan evaluasi

  10. Memanfaatkan tools digital marketing

Mengikuti langkah-langkah di atas memanglah bukan perkara yang mudah terutama bagi pemula. Namun, bukan berarti tidak mungkin untuk memulai digital marketing dari 0. Jika Anda ingin menguasai ilmu digital marketing lebih cepat, Anda bisa mengikuti digital marketing course baik online maupun offline yang tersedia di internet secara gratis ataupun berbayar.

Contoh Strategi Digital Marketing yang Efektif

Berikut adalah contoh strategi digital marketing yang paling sering digunakan oleh para pebisnis yang bisa Anda terapkan juga untuk perusahaan Anda:

Menggunakan Call To Action Marketing yang Menarik

Call To Action (CTA) adalah strategi digital marketing yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan respon dari audiens. CTA yang baik adalah CTA yang mampu menarik perhatian siapapun yang mellihat atau mendengarnya. Tujuan dibuatnya CTA bisa berupa untukn menaikkan impresi, traffic, hingga penjualan.

Mengoptimalkan Email Marketing

Penawaran produk dan promosi email marketing juga dianggap efektif karena pendekatan melalui email bisa dibilang lebih intim dibandingkan dengan strategi lainnya. Mau email marketing Anda efektif menarik perhatian pelanggan? Gunakan jasa DeepMail dari DiPStrategy! Sebagai digital agency Jakarta terpercaya, kami akan mengurus email marketing untuk perusahaan Anda mulai dari desain, CTA, dan konten email lainnya.

Optimasi SEO dan SEM

Anda juga bisa mengoptimalkan kinerja website Anda dengan menggunakan strategi SEO dan SEM. Dengan optimasi kedua strategi tersebut, Anda bisa mendapatkan visibilitas website yang lebih tinggi karena kemungkinan web Anda muncul di page pertama laman mesin pencari akan semakin besar.

Tools Digital Marketing

Menerapkan digital marketing untuk bisnis tentu akan memerlukan banyak tools. Beberapa tools yang dapat menunjang kelangsungan strategi digital marketing Anda perlu dipelajari secara mendalam agar tujuan pemasaran Anda bisa tercapai dengan mudah. Berikut adalah tools digital marketing yang wajib Anda pelajari.


  1. Trello
  2. Canva

  3. Google Trend

  4. Mailchimp

  5. Yoast SEO

  6. SEMRush

  7. Populix

  8. CRM Hubspot

  9. Buzzsumo

  10. Ahrefs

  11. Google Data Studio

  12. Google Search Console

  13. Google Analytic

  14. Hootsuite

  15. Ads Library Facebook

Sebagai pegiat bisnis yang cerdas, Anda harus senantiasa menggali ilmu baru setiap harinya agar terus bisa bersaing di pasaran. Dengan mempelajari digital marketing, potensi bisnis Anda semakin maju akan semakin besar mengingat di era modern ini teknologi digital adalah aspek yang diandalkan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, terus tingkatkan kemampuan Anda dalam memanfaatkan strategi digital marketing untuk bisnis yang lebih baik!

DiPStrategy: Digital Marketing Jakarta Paling Kredibel

Siapkan perusahaan Anda untuk lebih maju di era digital bersama DiPStrategy, yuk! Mau menerapkan jenis digital marketing apapun, DiPStrategy akan dengan senang hati membantu Anda! Mulai dari email marketing hingga social media management, tim ahli DiPStrategy bisa handle semuanya. Yuk, tunggu apa lagi? Hubungi DiPStrategy sekarang juga!

Recent Post

Virky Realdy Written by:

Sebagai pria tangguh dengan rute harian Antar Kota Antar Propinsi, drama kehidupan perkotaan menjadi santapan sehari-harinya. Virky memegang posisi Head of Digital Support di Dipstrategy dan Product Owner dari Deepmail.