Digital Agency Jakarta : Mengenal Pentingnya Favicons untuk Keperluan SEO

Last updated on August 5

Penggunaan Favicons dalam SEO oleh Jasa Digital Agency Jakarta

Pengelolaan website untuk kepentingan bisnis harus dilakukan secara detail dan memperhatikan beragam aspek. Salah satunya adalah penggunaan detail kecil seperti favicons pada website. Ini menjadi salah satu strategi yang sering diterapkan oleh jasa digital agency Jakarta untuk meningkatkan reputasi suatu website. Mari kita cari tahu lebih jauh mengenai favicons ini.

Pengertian Favicons

Kamu mungkin masih bingung dengan apa yang disebut favicons. Favicons merupakan ikon kecil yang berukuran 16 x 16 piksel dan biasanya memuat logo dari suatu brand. Ikon ini bisa saja memuat huruf pertama dari nama brand atau gambar tertentu yang merepresentasikan brand tersebut. Sebutan favicons itu sendiri berasal dari kata favorite icons.

Favicons diketahui juga sebagai shortcut icon dan mulai muncul pada Maret 1999 silam dengan dukungan Microsoft’s Internet Explorer. Pada bulan Desember di tahun yang sama, favicons distandardisasi oleh World Wide Web Consortium atau W3C berdasarkan rekomendasi HTML. Kita bisa menemui favicons ini di bagian tab browser dengan ukuran yang mungil.

Fungsi Favicons

Lalu apa fungsi dari ikon berukuran mungil ini? Bukan hanya sekadar hiasan, favicons ternyata memiliki fungsi yang penting. Berikut adalah beberapa kegunaan dari favicons:

  1. Memperlihatkan Identitas Brand

    Favicons akan menjadi ikon kecil yang mampu memperlihatkan identitas dari suatu brand. Meskipun berukuran kecil namun ikon ini bisa membawa nama dan identitas brand. Ikon ini akan muncul dalam tab browser juga history. Dalam sekejap memandang biasanya sudah bisa dikenali bahwa favicons tersebut membawa nama suatu brand.

  1. Memunculkan Kredibilitas

    Adanya favicons akan meningkatkan kredibilitas dari suatu brand. Kepercayaan konsumen juga akan semakin bertambah berkat kredibilitas tersebut. Bandingkan saja dengan laman website tanpa favicons. Saat kamu melihat deretan tab di browser dan ada laman yang tidak punya favicons, tentu kepercayaanmu terhadap website tersebut akan menurun bukan?

  1. Meningkatkan Kunjungan Berulang

    Favicons juga bisa meningkatkan peluang kunjungan berulang pada suatu website. Misalnya, kamu sedang terburu-buru dan harus mencari ulang informasi dari situs yang sebelumnya kamu buka. Begitu membuka history, maka kamu akan lebih mudah menemukan website tersebut lewat favicons dan melakukan kunjungan ulang. Lain halnya jika tidak ada favicons, kamu mungkin akan memilih ke situs lain.

  1. Menghemat Waktu Pengguna

    Favicons akan membantu menghemat waktu pengguna. Seperti pembahasan di poin sebelumhya, favicons akan mempermudah pengguna menemukan laman yang ingin dicari. Begitu melihat ikon tersebut, pengguna secara otomatis akan melakukan klik tanpa perlu mencari lebih lama lagi.

Peran Favicons dalam SEO

Apakah favicons ini memiliki peran dalam dunia SEO? Ya, favicons ternyata punya fungsi penting dalam penerapan strategi SEO. Pertama, adanya favicons akan meningkatkan penggunaan atau kunjungan dari suatu situs. Berkat adanya favicons, pengguna akan lebih tertarik untuk masuk ke situs tersebut. Kemudahan menemukan situs ini juga meningkatkan kunjungan yang artinya menaikkan reputasi website.

Selain itu, favicons juga akan memperbesar peluang website untuk masuk ke laman bookmarks. Google misalnya dengan Chrome browser bisa membaca sinyal peringkat suatu website lewat bookmarks. Website dengan favicons akan punya peluang besar untuk tersimpan dalam bookmarks. Bayangkan jika tidak ada favicons, maka mudah saja laman website ini untuk dihapus dari bookmarks.

Jelas sekali bahwa favicons memegang peran penting bagi reputasi website. Bagi para pelaku bisnis yang ingin memiliki aset website, maka penting sekali untuk punya favicons. Kamu bisa membuat logo dan favicons untuk merepresentasikan bisnismu di jasa digital agency Jakarta. Pastikan favicons ini bisa menunjukkan identitas bisnis kepada banyak orang.

Baca juga : 10 TREN SEO PALING PENTING YANG WAJIB DIIKUTI DI TAHUN 2021

Recent Post

Frinaldy Wibianto Written by:

No one is perfect. That’s why pencils have erasers.

One Comment

  1. […] Perusahaan Anda berpotensi menempati peringkat pertama di mesin pencari. Terutama jika menggunakan layanan digital agency Jakarta yang dapat mengoptimalkan SEO. Dengan begitu, Anda bisa berpotensi mendapatkan customer baru setiap hari. Baca : MENGENAL PENTINGNYA FAVICONS UNTUK KEPERLUAN SEO […]

Comments are closed.