Istilah yang Sering Digunakan Digital Agency

Last updated on December 8

Kalo kamu bekerja di digital agency pasti akan menemui istilah-istilah teknikal yang kadang membingungkan.
Dont worry, jangan kuatir, berikut adalah sebagian istilah yang bisa kamu pelajari.

 

.NET (baca: dotnet), adalah salah satu bahasa pemrograman web berbasis Windows

Bandwidth, adalah besaran konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu

Baper, adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada kelakuan yang terlalu emosionil

Bootstrap, adalah metode standarisasi foldering dan stylesheet yg digunakan untuk membuat tampilan frontend yang responsive

Bounce Rate, adalah ratio pengunjung website yang tidak melakukan klik kedua pada website tersebut. Hal ini dimaknai sebagai sebagai ‘bounce’ yang bisa berarti kunjungan palsu, atau pengunjung tidak tertarik pada isi website

Buzzer, adalah istilah yang disematkan pada akun-akun media sosial yang memiliki follower/fans besar sehingga memiliki kapasitas untuk menyebarkan informasi secara masif

CAN SPAM (Controlling Assault of Non Solicited Pornography and Marketing), adalah undang-undang yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat dan berlaku di beberapa negara yang mengatur tata cara pengiriman email marketing. Pengirim email dapat dikenai sanksi jika tidak mematuhi ketentuan yang ada dalam undang-undang ini. Lebih lengkapnya dapat dilihat di video ini atau versi text-nya disini

CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengenali apakah sebuah action pada halaman web dilakukan olah manusia atau bot.

CMS (Content Management System), adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola content/isi dari sebuah website

CPA (Cost per Action) adalah biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan satu ‘action’. ‘Action’ dapat berupa membeli atau mendaftar, tergantung setup awal. Umumnya digunakan untuk menentukan efektifitas banner

CPC (Cost  per Click) adalah biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan satu ‘click’. Umumnya digunakan sebagai istilah dalam metode pembayaran banner

CPM (Cost per Mile-impression) adalah biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan 1000 impresi. Umumnya digunakan sebagai istilah dalam metode pembayaran banner

CSS (Cascading Style Sheet) adalah bahasa pemrograman yang menginduk pada HTML,  yang secara spesifik digunakan untuk menentukan tata letak tampilan pada website

CTR (Click Through Rate) adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan rasio klik dari setiap view yang terjadi. Umumnya digunakan untuk menentukan efektifitas banner. Satuannya %

DeepMail, adalah system yang dimiliki oleh Dipstrategy untuk melakukan pengiriman email blast. Secara standard, DeepMail memiliki kapasitas pengiriman sebanyak 50,000 email dalam satu hari.

DMZ (De-Militerized Zone), adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada suatu area pada skema security server yang.. Ah rada ribet njelasinnya. Email aja ke Netadmin@profescipta.co.id

Domain Name, adalah nama yang digunakan untuk merujuk ke salah satu alamat website (mis: www.namadomain.com). Awalnya yang digunakan adalah nomor IP Address (mis: 192.128.10.10), namun karena IP Address sangat sulit diingat maka dibuatlah nama domain agar lebih mudah bagi kita untuk mengingat.

DDOS (Distributed Denial of Service), adalah sebuah metode hacking yang menggunakan brute force (cara kasar) untuk melumpuhkan sebuah server/jaringan. Hal ini dilakukan dengan membanjiri server/jaringan dengan traffic dari berbagai sumber dalam satu kurun waktu tertentu.

Display Planner, adalah suatu fitur di Google Adword yang digunakan untuk mencari tahu besarnya trafik  di website-website yang tergabung dalam program AdSense dari Google

DNS (Domain Name Servers) adalah server-server yang ada di seluruh dunia yang memetakan nama domain (mis: www.namadomain.com) dan IP Address yang dituju. Server-server ini saling melakukan sinkronisasi secara berkala untuk menjaga kekinian datanya.

Editorial Plan, adalah rencana konten media sosial selama 1 minggu ke depan yang sudah dipetakan hari dan jam tayangnya.

Email Client, adalah aplikasi-aplikasi yg kita gunakan untuk membuka dan mengelola email, seperti Outlook, Entourage,  Mail, dll.

Facebook Insight, adalah fitur pada Facebook yang digunakan untuk memantau kinerja sebuah Fanpage

GDN (Google Display Network),  adalah jaringan iklan digital dari Google

GA (Google Analytic), adalah aplikasi monitoring dari Google yang dapat digunakan untuk membaca statistik kinerja sebuah website

Green Bar SSL, adalah kasta tertinggi dalam sertifikat SSL dimana dalam pengajuannya diharuskan menyertakan informasi legal dari perusahaan. Secara visual, browser akan menampilkan garis hijau berisi info perusahaan saat membuka website yg memiliki Greenbar SSL.

GTM (Google Tag Manager), adalah aplikasi dari Google yang digunakan untuk merangkum berbagai tagging code dari berbagai monitoring tools

HTML, adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language, sebuah format bahasa pemrograman yang digunakan untuk menampilkan website pada browser

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) adalah dasar protokol komunikasi di web

HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) adalah versi terenkripsi dari HTTP

Jaminan Penawaran adalah sebuah surat dari lembaga keuangan yang intinya menjamin bahwa peserta tender memang serius dalam mengajukan nilai penawaran

Jaminan Pelaksanaan adalah sebuah surat dari lembaga keuangan yang intinya menjamin bahwa peserta tender memiliki kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tender yang telah dimenangkannya

Keyword Planner, adalah suatu fitur dari Google Adword untuk mengetahui seberapa besar volume pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu di mesin pencari Google pada kurun waktu tertentu

KOL (Key Opinion Leader) adalah public figure yang dipercaya mampu melakukan penggiringan opini publik, umumnya dilakukan melalui sarana media sosial

LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) adalah aplikasi web dari pemerintah yang berisi semua informasi lelang pengadaan dari instansi pemerintah. Perusahaan mitra kemudian dapat mengajukan penawaran melalui aplikasi tersebut.

Managed Service, adalah metode billing ke klien dimana klien membayar untuk total service yang kita berikan, bukan produk. Secara hasil kerja dapat juga disamakan dengan metode outsourcing

Media Buying adalah upaya membeli slot iklan di berbagai media dan waktu, yang diupayakan sesuai dengan target market dari sebuah produk.

Mock up design, adalah tampilan desain dari website/aplikasi yang akan dibangun

MySQL, adalah database berbasis Linux yang paling populer untuk digunakan dg bahasa pemrograman PHP

Native Ads, adalah iklan berbayar yang berbentuk artikel dan seringkali diselipkan diantara artikel-artikel dengan tema yang senada, pada suatu portal berita

Paid Promote, adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jasa yang diberikan oleh para buzzer dalam mempromosikan suatu produk/jasa/akun medsos dengan imbalan tertentu. Walau menggunakan istilah ‘paid’ namun umumnya mekanisme ini tidak melibatkan transaksi finansial, melainkan lebih kepada pemberian produk/jasa secara cuma-cuma kepada buzzer yang bersangkutan

Penetration Test, adalah sebuah upaya mencari tahu kelemahan sebuah website dengan melakukan White Hat hacking

PHP,  singkatan dari Personal Home Page bukan Pemberi Harapan Palsu,  adalah salah satu bahasa pemrograman web berbasis Linux

Pixel Tracking, adalah metode yang digunakan untuk melakukan tracking pada suatu halaman website/email. Metode ini menggunakan image sebesar 1px yang disisipkan pada design website/email. Ketika suatu halaman website/email dibuka, image ini mengirimkan data yang diperlukan ke server yang melakukan monitoring

Programatic Buying, adalah sebuah metode Media Buying yang hanya menyasar netizen yang sesuai dengan demografi, SES, atau minat dari target market sebuah produk.

Proof of Concept, adalah tampilan dummy dari sebuah website/aplikasi yang dibuat untuk membantu menjelaskan alur kerja dan tampilan desain yang direncanakan.

Remarketing, adalah sebuah istilah dalam Media Placement yang mengacu pada upaya menyasar target market yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan kita.

Responsive design / fluid design, adalah istilah dalam design web dimana tampilan website mampu menyesuaikan diri dengan resolusi layar. Hasilnya adalah website yang memiliki layout design berbeda saat dilihat menggunakan desktop, mobile, atau tablet.

SEM (Search Engine Marketing) / Adword adalah metode berbayar dari Google untuk menampilkan iklan dalam format text saat user menggunakan Google untuk mencari  kata kunci tertentu.

SEO (Search Engine Optimization),  adalah upaya untuk meningkatkan posisi suatu website di mata mesin pencari.

SERP (Search Engine Result Page) adalah nilai yang diberikan pada website sesuai dengan posisinya saat tampil di mesin pencari Google

SIT (System Integration Test) adalah test yg dilakukan oleh pihak IT dari sisi klien untuk memastikan bahwa website/aplikasi yang dibuat vendor sudah sesuai dengan standarisasi teknis mereka.

Site Map adalah Peta Situs, – ya iyalah -, adalah gambaran besar dari struktur informasi yang ada pada sebuah website.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), adalah protokol yang digunakan untuk mengirimkan email. Umumnya menggunakan port 25

SMTP Server, adalah server yang digunakan untuk melakukan pengiriman email

SQL Injection, adalah sebuah metode hacking yang memanfaatkan celah entry pada website dengan memasukkan code SQL

XSS (Cross Site Scripting) adalah celah keamanan yang menyebabkan hacker dapat melakukan entry data dari halaman/site yang berbeda. Jika ini dapat dilakukan, maka semua protokol sekuriti yang ada dapat di-bypass

SQL Server, adalah database keluaran Microsoft yg lazim digunakan dalam pemrograman web berbasis Window

SSL (Secure Socket Layer), adalah standar keamanan yang menghasilkan komunikasi ter-enkripsi antara server dengan browser

SSL Certificate, adalah sertifikat digital yang berisi data perusahaan dan kunci enkripsi komunikasi antara server dengan browser. Tergantung jenisnya, SSL Certificate memiliki jaminan keamanan yang berbeda-beda.

Topic Plan, adalah versi lebih sederhana dari editorial plan, bertujuan untuk melakukan pemetaan topik pembahasan dari suatu akun media sosial

UAT (User Acceptance Test), adalah test yg dilakukan oleh user (klien) untuk memastikan bahwa website/aplikasi yang dibuat vendor sudah sesuai dengan kebutuhan.

Web Traffic, adalah besarnya kunjungan pada suatu website dalam satu kurun waktu tertentu

White Hat Hacking, adalah upaya hacking yang terkendali, bertujuan untuk mencari celah sekuriti pada sebuah website dan memberikan rekomendasi cara penutupan celah tersebut.

Wireframe, adalah draft perencanaan  layout yang dibuat untuk memetakan penempatan fitur-fitur dan alur kerja dari sebuah website/aplikasi.

XML (eXtensible Markup Language)  adalah format bahasa pemrograman yang digunakan untuk melakukan pertukaran data secara universal dari-ke berbagai bahasa pemrograman lainnya

 

Ya pastinya masih banyak istilah lain, karena digital agency pasti erat kaitannya dengan teknologi yang  berubah terus. Tapi yaa cukuplah untuk awal

 

 

Recent Post

Krisno Wisnuadi Written by:

A seasoned digital practitioner with more than 12 years of progressive experiences in the Creative and Digital industry, serving as Designer, Game Designer /Programmer, Web Analyst, Project Manager, Creative Development Manager, Head of Online Services, and Managing Director.