Last updated on February 22
Ketika kita pasang Adword, mo itu GDN, SEM, atau Video Ads (Yotube Ads), maka mengalirlah data-data kinerja dari Ad yg kita pasang. Karena sejatinya kerjaan Digital Agency adalah mengolah data. Salah satunya adalah Click Through Rate (CTR), yaitu perbandingan antara user yang melihat iklan kita dengan yang melakukan click terhadap iklan tersebut, atau dengan kata lain berapa banyakkah pemirsa yang tertarik dengan produk/jasa yang kita iklankan.
Ketika data CTR mulai masuk, dan menunjukkan angka 2%, misalnya, maka kita jadi bertanya-tanya. Sebenarnya CTR 2% itu bagus gak sih? Apa kita sudah bisa menepuk dada, atau malah menepuk jidat?
Seperti biasa, pihak Google tidak akan pernah mengeluarkan release resmi yang bisa kita jadikan benchmark. Google akan selalu membiarkan kita bertanya-tanya, yang dalam kebingungan itu kebutuhan akan search engine mereka menjadi hakiki.
Dari pengalaman, maka CTR SEM berkisar antara 1 – 2.5%, lebih dari itu dapat dianggap luar biasa. CTR GDN ada di kisaran 0.001 – 0.01%. Sementara CTR Youtube ada di 1-2%.
Tapi siapalah gua, yang pengalaman media placementnya hanya seujung kuku kuda. Karena itu, berikut data yang bisa didapatkan dari Strikesocial.
Baca juga: Meningkatkan Traffic dengan Kinerja Website
Lanjut dengan data dari WordStream untuk SEM dan GDN :
Kecil ya? iya, emang kecil
Salam ngenes anak digital agency jakarta